SUSAH SINYAL (2017) REVIEW

12/28/2017 03:55:00 PM



Mengawali karir di dunia hiburan tanah air sebagai stand-up comedian, tak ada yang menyangka Ernest Prakasa bisa menjadi salah satu sineas Indonesia yang tak hanya bankable tetapi juga bisa menghasilkan karya-karya berkualitas. Mengawali debut penyutradaraannya di Ngenest yang diadaptasi langsung dari seri buku tentang kisah hidupnya sendiri, kemudian Cek Toko Sebelah yang begitu emosional dan relatable dengan kehidupan sehari-hari, tentu antisipasi terhadap film ketiganya, Susah Sinyal, sangat tinggi, terlebih Ernest menjanjikan sesuatu yang berbeda dari film-film dia sebelumnya.




Susah Sinyal berkisah tentang Ellen (Adinia Wirasti), seorang ibu muda yang merangkap peran sebagai kepala keluarga, pencari nafkah dan juga ibu sekaligus di kehidupannya sehari-hari. Namun ambisi besarnya di perusahaan lawfirm baru yang ia dirikan bersama Iwan (Ernest Prakasa) jauh melebihi keinginannya untuk membangun kembali hubungan dengan keluarganya yang berantakan setelah ditinggal sang suami pergi. Alhasil, Kiara (Aurora Ribero) jauh lebih dekat dengan neneknya (Niniek L. Karim).

Suatu hari, sang nenek tiba-tiba meninggal akibat serang jantung, meninggalkan Ellen dan Kiara berdua saja. Kiara hancur berkeping-keping karena sang nenek adalah satu-satunya orang di dunia yang paling mengerti dan mendukung mimpinya sebagai penyanyi. Sedangkan Ellen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk me-reboot kembali hubungan mereka dengan pergi berlibur ke Sumba, sesuai dengan permintaan terakhir sang Nenek.

Satu ciri khas film Ernest yang terasa menghilang dari Susah Sinyal adalah sentuhan orisinalitasannya. Dua film Ernest sebelumnya, Ngenest dan Cek Toko Sebelah, mengedepankan unsur rasial sebagai nilai keunikan di dalam jalinan plot-nya, seperti tentang perkawinan antar dua budaya yang berbeda atau tentang bagaimana kehidupan penduduk chinese sebenarnya di Indonesia, yang berhasil membuat dua film tersebut terasa begitu fresh dan stand-out-from-the-crowd meski di sisi lain kita sudah tahu di mana alur ceritanya akan berakhir. Susah Sinyal tak memiliki keunikan itu. Sure, Ernest’s signature racist jokes are still here to stay, but they’re so watered down until they don’t matter anymore. And we’re not talking about our wishes for another racial themed Ernest Prakasa film, but how he loses his signature originality on his third movie. So yes, it’s quite disappointing that Susah Sinyal ends up to be just as cliche and as predictable as any other similarly themed family films you see every year.

Justru di film Susah Sinyal penyutradaraan Ernest Prakasa-lah yang kini lebih menonjol dibanding penulisan naskahnya. Directing-nya terasa semakin matang dengan timing komedi yang lebih baik dan tidak berlebihan seperti dua film terdahulunya meski secara konten masih hit and miss. The cast ensemble are also amazing, as always. Adinia Wirasti, once again, gives her best in a subtle, but powerful performance as a single mother who finds that reconnecting with her family is far harder than building a successful career. Kemudian aktris pendatang baru Aurora Ribero sebagai karakter anak yang terlihat tangguh dan dingin, namun rapuh di dalam. Di departemen peran pendukung, kita punya Asri Wellas yang mencuri perhatian seperti biasa, kemudian Refal hady yang berperan banyak di kisah cinta pertama si Kiara. Cameo-cameo para komika pun tak lagi dipaksakan dan terasa out of place seperti di Cek Toko Sebelah. Mereka kini juga menjadi bagian dari cerita.



VERDICT: Susah Sinyal masih mengusung tema kekeluargaan yang kuat dan gaya bertutur yang menyenangkan khas Ernest Prakasa dengan penyutradaraan serta timing komedi yang semakin matang. Namun sayang, plot besutannya kini cenderung klise dan kurang sentuhan orisinalitas seperti yang sempat dia hadirkan di dua film sebelumnya, Ngenest dan Cek Toko Sebelah. 



Rating: ★★★½  



You Might Also Like

3 comments

  1. Yep, kualitas naskahnya emang rada menurun dibanding Cek Toko Sebelah. Tapi tetep menghibur khas film Ernest..

    ReplyDelete
  2. penguat Sinyal Bersertifkat resmi dari postel gan...!! Dengan adanya peraturan dari DEPKOMINFO, tentang larangan pemasangan unit penguat sinyal ilegal (tanpa izin resmi dari postel) maka kami menjual unit penguat sinyal yang telah terdaftar dari depkominfo ( bersertifikat postel)
    Penguat Signal tipe ini cocok di gunakan di :
    Basemant / lantai dasar / lantai satu bagunan ruko,rumah,gedung,pabrik,stand toko,gedung parkir ataupun gedung perkantoran). Pabrik/pertambangan/perkebunan dan tempat-tempat lain yang kekurangan signal atau tidak ada signal sama sekali di DALAM ruangan sehingga anda wajib menggunakan alat ini Repeater Booster & Antenna.
    ARDYGSM
    Hp : 085224873514
    line / whassap .085224873514
    Id telegram : @penguatsinyal
    Email :ardygsm@yahoo.co.id / ardygsm1@yahoo.co.id / sales@penguatsinyal.net

    RIZKY SINYAL Hp : 083 148 261 072
    line / whassap . 083 148 261 072
    Email : rizkysinyal@yahoo.com
    www.penguatsinyal.net

    Repeater Rf 980 coverage area 1000m2 solusi ideal untuk semua kartu gsm anda dari as, xl, simpati, mentari, im3, halo dll, dan
    Sangat cocok di gunakan di areal perumahan, perkantoran, ruko, basemant, villa, gedung bertingkat, apartemant, pertambangan, perkebunan, dan areal yang belum terjangkau signal HP / tidak ada sinyal sama sekali di DALAM ruangan, sehingga anda wajib menggunakan Repeater Penguat Sinyal HP / Modem ini.
    Cara Pemasangan sangatlah mudah anda cukup berpengalaman memasang antena TV saja, letakan antenna luar di luar ruangan dan tarik kabel ke Maint unit / Booster dan pasang antenna dalam ke main unit dan colokan power adaptor ke maint unit dan sekarang unit sudah terpasang secara Wireless, dan sekarang anda lihat hasilnya sinyal di HP anda.
    Catatan:
    Satu antena dalam ruangan hanya menggunakan sekitar 300 meter persegi. Jika Anda ingin membuat semua menggunakan 1000 meter persegi yang host mendukung, Anda perlu menambahkan lebih antena dalam ruangan (sekitar 3-4) dan pembagi daya/splitter. Menyambut pertanyaan Anda jika Anda membutuhkan.
    ARDYGSM
    Hp : 085224873514
    line / whassap .085224873514
    Id telegram : @penguatsinyal
    Email :ardygsm@yahoo.co.id / ardygsm1@yahoo.co.id / sales@penguatsinyal.net

    RIZKY SINYAL Hp : 083 148 261 072
    line / whassap . 083 148 261 072
    Email : rizkysinyal@yahoo.com
    www.penguatsinyal.net

    https://bit.ly/2RcUqdm
    https://bit.ly/2DHwaxg
    https://bit.ly/2NTDT08

    ReplyDelete

Just do it.