25 BEST FILMS OF 2016

3/13/2017 02:45:00 PM



Berikut daftar 25 film terbaik tahun 2016 versi A Cinephile's Diary. Percaya atau tidak, 20 dari 25 film yang ada di list ini pernah tayang di bioskop Indonesia. Bisa tebak yang mana saja? ;)




25.
The Nice Guys
US / Crime / Directed by: Shane Black

The Nice Guys is a retro noir black comedy from the 70s that only Shane Black can do. It’s hilarious, powerfully acted, and thrilling without sacrificing the plot. Ryan Gosling and Russell Crowe were amazing!


24.
The Girl with all the Gifts
UK / Horror / Directed by: Colm McCarthy

The Girl with all the Gifts adalah satu dari segelintir film zombie yang inovatif, berbeda, dan dengan hebatnya menggunakan tema zombie sebagai analogi untuk menyampaikan pesan kemanusiaannya. It’s like Planet of the Apes meets 28 Days Later


23.
Dear Zindagi
India / Drama / Directed by: Gauri Shinde
Bombastis, baik secara visual maupun emosi, Dear Zindagi adalah film tentang emansipasi, filosofi kehidupan, dan cinta yang dengan hebatnya diramu menjadi sebuah tontonan ringan yang mudah untuk dicerna. This movie will stay with you for a very long time. 


22.
The Wailing
Korea / Horror / Directed by: Na Hong-jin

The Wailing adalah film horror 2,5 jam yang penuh terror dan misteri berlapis-lapis yang tidak akan pernah berhenti mengejutkanmu hingga klimaks filmnya yang sangat gila itu. Banyaknya adegan-adegan ganjil dan petunjuk penting yang diceritakan dalam medium visual saja mungkin membuat film ini sulit untuk dipahami hanya dalam sekali tonton, tapi percayalah, The Wailing adalah masterpiece yang sayang sekali untuk dilewatkan. Oh ya, persiapkan mentalmu untuk menyaksikan salah satu adegan pengusiran setan tergila yang pernah dibuat.


21.
Deadpool
US / Action / Directed by: Tim Miller

Dikucuri budget yang “hanya” sebesar $58 juta, sutradara Tim Miller beserta tim marketing-nya menggunakan Ryan Reynolds dan segala resource yang ada sebaik-baiknya untuk mengangkat pamor proyek film Deadpool dari hanya sekedar “mimpi basah” para fans-nya hingga menjadi sebuah global phenomenon. Hasilnya? Film ini sukses membuktikan bahwa ia tidak butuh budget raksasa untuk membuat one-of-a-kind superhero movie yang luar biasa seru, penuh kejutan, dan membuat penontonnya terpingkal-pingkal dari awal film sampai akhir.


20.
Captain America: Civil War
US / Action / Directed by: Russo Brothers

Sutradara Russo Brothers mengambil jalan yang jauh berbeda dalam bertutur dan menyajikan konflik internal antar anggota Avengers dibandingkan film-film MCU sebelumnya. Tidak ada super villain maupun alien penghancur kota di film ini, yang ada hanya para superhero kita berperang dengan diri mereka sendiri dan masyarakat yang mereka lindungi selama ini. They successfully turns Captain America: Civil War into the greatest, darkest, and most heartbreaking installment in MCU yet.


19.
Lion
Australia / Biography / Directed by: Garth Davis

Kalau kalian sering menonton film-film tear-jerker ala Asia tentang seorang anak yang mencari orang tua aslinya, Lion memang tidak ada bedanya dengan film-film tersebut. Tetapi bagaimana Garth Davis menceritakan kisah nyata ini dengan formula klasik yang tidak cengeng dengan dukungan penampilan cemerlang dari Dev Patel dan Sunny Panwar, Lion berhasil menjadi film formulaic yang bekerja secara maksimal di segala aspeknya. it’s almost impossible to not cry and falling in love with Lion.


18.
Swiss Army Man
US / Adventure / Directed by: Dan Kwan & Daniel Scheinert

The weirdest movie of 2016 ends up to be one of the best films of 2016. Bisa bayangkan, kisah petualangan tentang seorang penyendiri bersama mayat (Daniel Radcliffe!) yang punya kentut berkekuatan super dan bisa menunjuk arah dengan ereksi penisnya untuk keluar dari pulau terpencil tempat mereka terdampar, tetapi bisa berhasil menjadi tontonan yang sangat menawan dan menguras habis emosi penontonnya? It took courages and hefty ammounts of creativities to make it work wonderfully and magically. We absolutely need more original movies like this in the future.


17. 
The Witch
UK / Horror / Directed by: Robert Eggers

The Witch adalah salah satu film horror supernatural bagus yang tidak ingin kamu tonton lagi. Bukan, bukan karena membosankan, tetapi saking disturbing dan memilukannya film ini. Sutradara Robert Eggers meningkatkan intensitas terornya perlahan-lahan dalam setiap guliran durasinya, baik lewat adegan-adegan mengerikan maupun cara berpikir karakter-karakter utamanya yang tak akan kalian duga. The Witch is the truest form of horror movie that should be experienced in cinema.


16.
Zootopia
US / Animation / Directed by: Byron Howard & Rich Moore

Jujur, dari seluruh nominee Best Picture dan Best Animated Feature di ajang Oscar tahun 2017, hanya Zootopia yang tampil paling kuat dan blak-blakan dalam menyampaikan pesan kemanusiaan dan sindiran keras terhadap pemerintahan Donald Trump. Film ini jelas bukan film animasi hewan berbicara sembarangan yang bisa kalian lewatkan begitu saja. It pushes the boundaries of what animated films can do.


15.
Don’t Breathe
US / Horror / Directed by: Fede Alvarez

Sederhana namun begitu efektif, Don’t Breathe adalah inovasi dalam genre horror / home invasion terhebat di sepanjang tahun 2016 kemarin. Fede Alvarez is a real talent in horror filmmaking.


14.
Jackie
US / Drama / Directed by: Pablo Larrain

Aspek terbaik dalam film Jackie adalah cinematography brilian arahan Stephane Fontaine yang di-ignore dengan tak terhormat oleh Oscar. Dalam aspect ratio yang tidak lazim digunakan lagi yaitu 1.66:1 dan tone warna sendu yang hanya bisa dihasilkan oleh kamera seluloid, Jackie terasa seperti sebuah dokumenter kisah hidup yang sangat personal, surreal, dan intimate dari seorang first lady Jackie Kennedy ketika JFK dibunuh dan bagaimana dia mempersiapkan pemakaman presiden Amerika itu. Musik gubahan Mica Levi dan performa Natalie Portman yang menakjubkan berhasil menyempurnakan Jackie menjadi salah satu film biografi terbaik dan paling menantang tahun 2016 kemarin.


13.
Kubo and the Two Strings
US / Fantasy / Directed by: Travis Knight

Imajinatif, seru, dan revolusioner secara visual, Kubo and the Two Strings adalah film animasi yang paham betul bagaimana cara menuturkan dongeng fantasi yang bisa tampil mengesankan sekaligus tetap bersama penontonnya jauh setelah credits title-nya bergulir, yaitu dengan hati dan ketulusan.


12.
Elle
France / Erotic Thriller / Directed by: Paul Verhoeven

Sejak menit pertama hingga akhir, Elle sudah tahu betul bagaimana menggiring penontonnya untuk langsung terhisap ke dalam cerita: tegas, genius, dan tanpa basa-basi seperti karakter Michelle yang diperankan dengan sempurna oleh Isabelle Huppert. Elle is definitely a must see for anyone who called themselves ‘movie fans’.


11.
10 Cloverfield Lane
US / Thriller / Directed by: Dan Trachtenberg

Sudah cukup lama kita tidak disuguhi film thriller satu tempat yang bisa tampil serapi dan sehebat 10 Cloverfield Lane dalam membuka lapisan misterinya perlahan-lahan hingga third act-nya yang mengejutkan itu. All the main cast and character developments were really amazing, especially John Goodman. He should have been nominated for Oscar for his outstanding performance in this movie.


10.
Dangal
India / Biography / Directed by: Nitesh Tiwari

Mengkritik namun tidak sok pintar. Inspiratif namun tidak preachy. Kolaborasi maut antara Aamir Khan Productions dan Walt Disney Pictures ini berhasil menyuguhkan sebuah film drama olahraga paling powerful dan paling menarik dalam beberapa tahun terakhir ini. Tidak heran kalau film ini sempat menjadi film India terbaik sepanjang masa di situs IMDB.


9.
Hidden Figures
US / Drama / Directed by: Theodore Melfi

Dengan performa akting yang luar biasa dari ensemble cast-nya serta gaya bertutur yang ringan namun tegas dan blak-blakan, Hidden Figures adalah film biografi yang luar biasa powerful tentang women’s empowerment dan ras kulit hitam, tanpa pernah sekalipun bersikap ‘minta dikasihani’ ataupun mengorbankan alur plot-nya demi mencekok sindiran-sindiran sosialnya ke penonton. Film ini lebih condong kepada pesan ‘lihat, betapa kuat dan hebatnya mereka! Perempuan dan orang kulit hitam sama derajatnya dengan kita!’ daripada ‘kasihan ya mereka yang berkulit hitam derajatnya selalu ada di bawah orang berkulit putih.’ Apabila Oscar memang ingin memenangkan film tentang #BlackLivesMatter di kategori Best Picture-nya tahun ini sebagai bentuk protes dan human equality, seharusnya mereka memilih Hidden Figures daripada Moonlight. Karena “At NASA, we all pee the same color” jauh lebih mengena daripada “who is you?”


8.
Hacksaw Ridge
US / Action / Directed by: Mel Gibson

Luar biasa mencekam tanpa kehilangan daya tariknya sedikitpun dari awal sampai akhir, tak ada yang menyangka bahwa film religi dengan premise konyol ‘seorang tentara perang dunia yang tidak mau membunuh musuhnya’ seperti itu bisa menjadi salah satu film perang terbaik sejak Saving Private Ryan. Sungguh sebuah ajang comeback Mel Gibson yang fantastis.


7.
Eye in the Sky
UK / Thriller / Directed by: Gavin Hood

Eye in the Sky adalah sebuah film thriller politik yang luar biasa menegangkan tentang seorang gadis cilik yang menghalangi misi tentara Amerika gara-gara dia berjualan roti di depan rumah seorang teroris. Bukan, ini bukan bercandaan. Kalian harus menyaksikan sendiri kehebatan Gavin Hood merangkai Eye in the Sky menjadi salah satu film penuh dialog yang akan membuatmu ingin loncat-loncat di atas kursi dan menjambak-jambak rambutmu saking serunya.


6.
Train to Busan 
Korea / Action / Directed by: Yeon Sang-ho

Train to Busan berhasil menggabungkan kritik sosial, hubungan ayah-anak, dan adegan aksi berdarah-darah tanpa henti yang luar biasa serunya itu dalam satu paket film thriller zombie yang tidak hanya membuatmu tak berkedip di kursi, namun juga mengajakmu untuk berpikir dalam-dalam bahwa di tengah bencana terdahsyat sekalipun, manusia tetaplah menjadi musuh terbesarmu untuk bertahan hidup.


5.
The Handmaiden
Korea / Erotic Thriller / Directed by: Park Chan-wook

Seksi, mengejutkan, dan juga luar biasa cantik baik dari segi teknis maupun artistiknya, The Handmaiden adalah sebuah pengalaman sinematis yang tak terlupakan dan kembali membuktikan bahwa Park Chan-Wook (Oldboy) adalah salah seorang sineas terhebat yang kita miliki saat ini. Sayang sekali, Korea tidak mengirim film ini ke Academy Awards 2017.


4.
A Monster Calls
UK / Fantasy / Directed by: J.A. Bayona

Di tangan sutradara J.A. Bayona, A Monster Calls berhasil menjadi sebuah film drama keluarga yang sangat sensitif dan menyentuh, namun tak serta merta terjerumus ke dalam drama tear jerker yang eksploitatif. Bersiaplah untuk banjir air mata sekaligus tersenyum lebar ketika menyaksikan twist besarnya di akhir film. This is one the most underrated films of 2016 that’s completely ignored by the award season, but you shouldn’t.


3. 
Your Name
Japan / Romance / Directed by: Makoto Shinkai

Your Name is everything you won’t expect to work so well, let alone, being one of the greatest animated films ever made. Premise-nya sendiri, tentang laki-laki dan perempuan yang bertukar tubuh, juga sudah bukan hal yang baru lagi apabila kalian pernah menonton drama panggung anak SMA dan tidak asing dengan manga / anime Jepang. Tetapi di tangan sutradara / penulis Makoto Shinkai, premise klise seperti itu pun bisa disulapnya menjadi sebuah tontonan fantasy yang terasa baru, sangat emosional, dan penuh dengan kejutan yang totally unforgettable. Meskipun kalian termasuk dalam segelintir orang yang tidak cocok dengan anime, berilah Your Name kesempatan untuk menyihirmu dengan kecantikan animasinya dan kepiawaian Makoto Shinkai dalam bertutur. Trust me, you won’t regret it.


2.
La La Land
US / Musical / Directed by: Damien Chazelle

La La Land is a visual and musical wonder, told in the story of everybody who dare to dream. The chemistry, the songs, the visuals, the performances are blending perfectly into an unforgettable, one-of-a-kind cinematic experience. I fell in love instantly by how director / writer Damien Chazelle use the eye popping colors and murals to set the mood and tone for the chapters in La La Land. Or how he captured the hearts, passion, and the power of music in a gorgeous 2.55:1 photography. Or how he wrapped the story of Sebastian and Mia in a powerful, incredibly beautiful musical presentation unlike anything you’ve ever seen.

I could go on and on, but that would be a waste of time, because everything in La La Land is beyond magical. It’s a tribute, a love letter to Hollywood golden ages and the power of cinema that’s so beautiful it’s indescribable. So go, experience it immediately in cinema, this is probably your only chance because Hollywood absolutely don’t make films like this anymore.


1.
Arrival
US / Sci-fi / Directed by: Dennis Villeneuve


Thought-provoking, beautifully filmed, and expertly paced, Arrival is truly one of the greatest, most important science fiction films ever made. Film ini tidak hanya sekedar kisah alien invasion yang menegangkan, tetapi juga sebuah fiksi ilmiah yang memuat pesan-pesan besar tentang moralitas, kehidupan, dan cinta yang dituturkan dengan begitu tegas dan luar biasa oleh sutradara Denis Villeneuve. Amy Adams menampilkan performa terbaiknya di film ini.


You Might Also Like

2 comments

  1. Nggak nyangka Arrival jadi nomor 1

    ReplyDelete
  2. Arrival memang layak no 1 IMO, pling hebat d bagian ending sama plot twistny

    ReplyDelete

Just do it.