EVIL DEAD : PARENT'S GUIDE

5/09/2013 08:42:00 PM

Setelah mendengar kabar di Twitter bahwa beberapa orang tua telah membuat anak-anaknya sakit jiwa karena mengajak mereka menonton Evil Dead di bioskop, hati gw tergerak untuk membuat parent's guide khusus untuk film-film dewasa seperti ini yang sekiranya dapat menjelaskan konten-konten yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Bahkan remaja pun gw rasa juga perlu baca untuk mempersiapkan diri mereka. 




Situs IMDB telah memulainya dahulu sejak lama (gw juga sering cek secara TV gw hanya ada di kamar ortu dan di ruang keluarga), tetapi kebanyakan sangat bertele-tele, spoiler sana-sini atau bahkan dapat dikatakan tidak penting. Jadi, gw berusaha untuk tidak mengikuti jejak situs IMDB dan membuat Parent's Guide ini jauh lebih akurat dan sederhana. Keuntungan lainnya, guide ini menggunakan bahasa Indonesia.


EVIL DEAD (US, 2013)
Genre : Horror, Thriller
MPAA RATING : R for strong bloody violence and gore, some sexual content and language. 


SEXUAL CONTENTS : 1/5
Evil dead tidak menyuguhkan adegan seks ataupun kissing. Namun ada dua adegan yang menunjukkan perilaku seksual tetapi tidak terlalu frontal karena adegan tersebut lebih mengarah ke terror daripada rangsangan.


NUDITY : 1/5
Jika anda tipe penonton dengan mata elang yang sangat jeli, maka di penghujung film anda dapat melihat beberapa bagian terlarang dari tubuh wanita. 


VIOLENCE AND GORE : 5/5
Violence and gore adalah jualan utama film ini. 90% dari Evil Dead penuh dengan adegan sadis yang penuh darah di mana-mana. Beragam bentuk siksaan dan trik pembunuhan dalam film ini akan sangat menguji mental anda. Bahkan versi asli film ini diberi rating NC-17 oleh MPAA yang mana menandakan bahwa Evil Dead telah dinilai terlalu sadis dan brutal. So, jika anda sudah tidak tahan ketika menyaksikan red band trailer Evil Dead, maka sebaiknya anda tidak menyaksikan film ini. 


SCARE : 2.5/5
Selain make-up yang seram, atmosfir film yang mencekik dan adegan-adegan sadis yang mungkin dapat dikategorikan mengerikan, Evil Dead bukan tipe film horror yang mengobral jump scares pendebar jantung seperti Insidious, Sinister, dsb.


LANGUAGE & BEHAVIOR  : 2/5
Bahasa yang digunakan standard film berating R dan pihak penterjemah hanya menggunakan bahasa umpatan halus seperti "Sial", "Brengsek", "Diperkosa". 
Ada scene merokok.


CENSORSHIP : yes.
3 Adegan telah dipotong oleh LSF, satu adegan digelapkan untuk menutupi bagian yang dianggap terlalu menakutkan. Total adegan yang dipotong tidak sampai 10 detik. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.


VERDICT : 11.5/25

Evil Dead hanya dianjurkan untuk penonton yang tidak memiliki rasa takut terhadap darah dan sudah terbiasa menyaksikan adegan-adegan sadis. Usia yang dianjurkan minimal 14-15 tahun dan tidak mengidap penyakit jantung / asma. 


You Might Also Like

2 comments

  1. You know, I'm 20 years old and still can't tolerate this kind of gore. LOL. I was in the queue that Saturday (and hell, the cinema was so crowded with high-schoolers--because of that Cinta Dinosaurus-whatever-the-name-is) and it was the last minute when I decided, "okay, I challenge myself. LETS WATCH THIS BLOODY MOVIE!" because I know, I have a kind of phobia with blood and gore (LOL).

    And I got the row H. Very close to the screen.

    I watched it through my fingers.

    Dan makin mengherankan setelah film habis ternyata ada lho beberapa anak bocah yang ikutan keluar dari teater. JADI ITU ANAK IKUT2AN NONTON FILM BERDARAH-DARAH INI? Please God, save their future.

    Dan gw juga ga lihat mereka ditemani orangtua. Entah, apa mereka nonton dengan kakaknya atau gimana. Kenapa mbak2 penyobek tiket ga ngelarang? Kenapa waktu beli tiket ga dilarang (atau ditanyain atau diberitahu)?

    Man, sampe sekarang masih kepikiran tentang anak-anak itu.


    Btw you have a really great blog there. I backlink your blog on my blog (and it's very kind of you to backlink to my blog, too :D it's meonthemovie.blogspot.com)

    ReplyDelete

Just do it.