2015 MOVIE GUIDE

1/08/2015 08:08:00 PM



Tahun 2015 kembali mengulang success pattern yang sama seperti tahun 2004, 2007, dan 2012, di mana banyak sekali installment terbaru dari franchise unggulan studio-studio besar Hollywood dirilis berbondongan di bioskop dan mencetak rekor-rekor baru di box office seluruh dunia. Jika kalian tumbuh bersama film-film ikonik seperti Jurassic Park, Terminator, Star Wars, dan film-film superhero Marvel, maka tahun ini akan menjadi tahun penuh memori yang sangat berkesan.



JANUARY 2015

January 2


THE WOMAN IN BLACK 2: ANGEL OF DEATH
Horror / PG-13
Directed by: Tom Harper
Indonesia Release Date: January 2015 (exclusive to Cinema 21/XXI)

Mengambil setting 40 tahun setelah akhir film pertamanya, sekelompok anak-anak diungsikan ke Eel Marsh House untuk berlindung dari kekacauan Perang Dunia II. Tetapi, terror yang menunggu mereka di rumah itu justru jauh lebih mengerikan.

The Hype: Installment pertamanya sendiri tidak bisa dibilang sebagai franchise starter yang cukup kuat dan memorable untuk mempersuasi penonton ke bioskop untuk menyaksikan sekuelnya, terlebih lagi, tidak ada dukungan star power dari Daniel Radcliffe di sekuelnya kali ini. 

January 9


TAKEN 3
Action, Thriller / PG-13 
Directed by: Olivier Megaton
Indonesia Release Date: January 7 (wide)

Bryan Mills (Liam Neeson) kembali beraksi melawan organisasi teroris yang menjebaknya sebagai pembunuh istrinya dalam installment terakhir dari seri film Taken. 

The Hype: Liam Neeson kini sudah menjadi ikon film aksi dan tidak ada lagi yang bisa menghentikan para penonton untuk berdatangan ke bioskop menyaksikan aksi terakhirnya (selama penghasilan box office-nya memuaskan, the sequel is inevitable) sebagai Bryan Mills dalam film yang telah melambungkan namanya.

January 16


BLACKHAT
Action / R
Directed by: Michael Mann
Indonesia Release Date: January 2015 (wide)

Sutradara legendaris Michael Mann kembali ke dunia layar lebar setelah hiatus selama hampir enam tahun lewat film Blackhat, sebuah cyber crime thriller yang dibintangi oleh Chris Hemsworth. 

The Hype: Jika kalian belum pernah mendengar kalau ada film besar produksi Legendary Pictures yang syuting di kota Jakarta dan fenomena Chris Hemsworth yang berjalan-jalan santai di Plaza Indonesia dengan memakai kaos kutang, this is the movie we are talking about.

January 23

THE BOY NEXT DOOR
Thriller, Romance / R
Directed by: Rob Cohen
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Sebuah romance thriller yang berkisah tentang seorang janda bernama Claire (Jennifer Lopez) yang jatuh cinta dengan Noah (Ryan Guzman), seorang remaja misterius yang tinggal di sebelah rumahnya.

The Hype: Premise klise, ditambah dengan aktor-aktris yang hanya menjual tampang, jangan terkejut apabila The Boy Next Door akan berakhir sekonyol film The Girl Next Door.


MORTDECAI
Comedy, Crime / PG-13
Directed by: David Koepp
Indonesia Release Date: January 2015 (exclusive to Cinema 21/XXI)

Masih tidak jauh-jauh dari karakter comfort zone-nya, Johnny Depp memerankan Charles Mortdecai, seorang kurator seni dengan moustache ikoniknya yang terlibat dalam perburuan harta karun kuno milik Nazi. 

The Hype: From David Koepp, the writer of Mission Impossible, Jurassic Park, Spider-Man, and director of cult-hit Premium Rush, Mortdecai has no chance to sucks.

January 30


PROJECT ALMANAC
Sci-fi, Mockumentary / PG-13
Directed by: Dean Israelite
Indonesia Release Date: TBA 

Sekelompok remaja berhasil menciptakan mesin waktu dan memutuskan untuk bermain-main dengan masa lalu. Siapa sangka, apa yang mereka lakukan justru mendatangkan musibah besar di dunia. 

The Hype: Jangan biarkan trailernya menipu dirimu, karena Project Almanac (dulu lebih dikenal dengan judul yang jauh lebih menarik: Welcome to Yesterday) sudah berkali-kali mengganti jadwal tayangnya sejak tahun 2014 lalu dan diproduseri oleh Michael Bay, salah seorang ahli persuasi paling hebat di Hollywood.

FEBRUARY 2015

February 6


JUPITER ASCENDING
Sci-fi, Adventure, Fantasy / PG-13
Directed by: The Wachowskis
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Meski beberapa film terakhir The Wachowskis tidak ada yang berhasil mengulang kesuksesan trilogi The Matrix, Warner Bros. merasa dirinya masih berhutang budi dan mengucuri budget sebesar $175 juta untuk menghidupkan imajinasi liar mereka dalam film Jupiter Ascending.  

The Hype: Pengubahan jadwal mendadak memang merupakan tanda ketidakpercayadirian sebuah studio terhadap performa box office film tersebut. Semoga Jupiter Ascending adalah perkecualian. 


SEVENTH SON
Adventure, Fantasy / PG-13
Directed by: Sergey Bodrov
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Salah satu film budget besar paling bermasalah yang membuat semua orang dan media bertanya-tanya, sedahsyat apa proses pitching film ini sampai bisa mendapatkan lampu hijau dan kucuran budget sebesar $100 juta? Pertama, Seventh Son mengalami pengunduran jadwal rilis berkali-kali, mulai dari 22 Februari 2013 ke 18 Oktober 2013 karena masalah post production, kemudian dipindah lagi ke 17 Januari 2014 karena masalah internal antara Warner Bros. dengan Legendary Pictures, ditambah lagi dengan masalah final touch di efek visual akibat kebangkrutan Rhythm and Hues Studios. Hal-hal tersebut membuat budget film ini membengkak berkali-kali lipat dan membuat Warner Bros. kehilangan akal dan akhirnya menjual hak edar film ini ke Universal yang baru saja menjalin kerjasama dengan Legendary Pictures. Seventh Son akhirnya dirilis pada tanggal 6 Februari 2015.

The Hype: Seventh Son is destined to bomb.  


THE SPONGEBOB MOVIE: SPONGE OUT OF WATER
Animation / PG
Directed by: Paul Tibbitt & Mike Mitchell
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Sebuah counter-programming untuk mensterilkan Jupiter Ascending dan Seventh Son di tangga box office, Sponge Out of Water adalah follow-up yang paling dinanti-nantikan setelah film SpongeBob pertama menyerbu bioskop tahun 2004 silam.

The Hype: Dengan animasi 3D yang digabungkan dengan live action dan humor-humor yang sangat out of the box, Sponge Out of Water adalah salah satu film animasi paling aneh yang pernah dibuat, dan mungkin, layak ditonton apabila anda sedang mabuk berat. 

February 13


KINGSMAN: THE SECRET SERVICE
Action, Espionage, Comedy / R
Directed by: Matthew Vaughn
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Konon, Matthew Vaughn menolak menyutradarai X-Men: Days of Future Past demi mengadaptasi komik Kingsman karya Mark Millar ke layar lebar. Kolaborasi antara mereka berdua telah dikenal lebih dahulu oleh seluruh geek dan nerd di seluruh dunia lewat film adaptasi komik Kick-Ass-nya yang kontroversial itu.

The Hype: Diundur untuk menghindari persaingan yang terlalu ketat di bulan November tahun lalu, Kingsman kini dipasarkan sebagai film alternatif di malam Valentine bagi pasangan-pasangan yang malas menyaksikan film soft porn tante-tante girang di bioskop.

FIFTY SHADES OF GREY
Romance / R
Directed by: Sam Taylor Johnson
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Kehidupan Anastasia Steele (Dakota Johnson) berubah drastis setelah bertemu dengan milyader misterius, Christian Grey (Jamie Dornan). 

The Hype: fan-fiction pertama di dunia yang diadaptasi ke medium film.

February 20

HOT TUB TIME MACHINE 2
Comedy / R
Directed by: Steve Pink
Indonesia Release Date: -

Sekuel dari film komedi hits berjudul sama. 

MCFARLAND, USA
Drama, Sport / PG
Directed by: Niki Caro
Indonesia Release Date: -

Film inspiratif bertema sport dan kekeluargaan terbaru dari Disney. Dibintangi oleh Kevin Costner dan Maria Bello.

February 27


FOCUS
Crime, Romance / R
Directed by: Glenn Ficarra & John Requa
Indonesia Release Date: February 2015 (wide)

Will Smith kembali berkiprah di layar lebar setelah kegagalan After Earth yang memalukan itu untuk membuktikan bahwa dirinya masih layak menyandang gelar Box Office Prince. Dia berperan sebagai seorang penipu ulung bersama dengan lawan mainnya, Margot Robbie, yang namanya melambung lewat film The Wolf of Wallstreet.

MARCH 2015

March 6


CHAPPIE
Sci-fi / PG-13
Directed by: Neil Blomkamp
Indonesia Release Date: March 2015 (wide)

Merupakan adaptasi lepas dari dongeng Pinocchio, Chappie adalah feature film ketiga Neil Blomkamp setelah menggegerkan dunia perfilman lewat District 9 yang revolusioner itu dan film follow-up-nya yang tidak terlalu populer, Elysium. Chappie dibintangi oleh Sharlto Copley (sebagai Chappie), Hugh Jackman, dan Sigourney Weaver.

THE SECOND BEST EXOTIC MARIGOLD HOTEL
Drama, Comedy / PG
Directed by: John Madden
Indonesia Release Date: -

Masih banyak yang tidak percaya kalau film The Best Exotic Marigold Hotel dibuatkan sekuelnya. Sudahkah anda menyaksikan film pertamanya?

March 13


CINDERELLA
Fantasy, Romance / PG
Directed by: Kenneth Branagh
Indonesia Release Date: March 2015 (wide)

Melanjutkan kesuksesan Alice in Wonderland, Oz The Great and Powerful, dan Maleficent, Disney kembali meluncurkan film adaptasi live action fairy tale-nya ke bioskop seluruh dunia. Tetapi berbeda dengan film-film terdahulu yang cenderung dark dan menggunakan sudut pandang cerita yang patut dipertanyakan, Kenneth Branagh memilih untuk setia dengan eksekusi animasi Disney terdahulu: ceria dan colorful. 


IN THE HEART OF THE SEA
Action, Adventure / PG-13
Directed by: Ron Howard
Indonesia Release Date: March 2015 (wide)

Setelah Rush yang ikut meramaikan musim penghargaan tahun lalu, Ron Howard kembali membuktikan kepiawaiannya sebagai seorang sutradara pemenang dua piala Oscar dalam film In the Heart of the Sea. Hal ini tentu saja demi mengembalikan kepercayaan penonton setelah dua film yang “menghancurkan” reputasinya terdahulu: The DaVinci Code dan Angels and Demons.

PARANORMAL ACTIVITY: THE GHOST DIMENSION
Horror, Mockumentary / R
Directed by: Gregory Plotkin
Indonesia Release Date: March 2015 (wide)

Setelah absen untuk pertama kalinya di tahun 2014 kemarin, installment utama Paranormal Acitivity kembali menghantui bioskop-bioskop di bulan Maret ini. Alur ceritanya konon akan memanfaatkan ekspansi universe besar-besaran yang telah dilakukan oleh spin-off resmi Paranormal Activity: The Marked Ones tahun kemarin.

March 20


INSURGENT
Action, Sci-Fi, Fantasy / PG-13
Directed by: Robert Schwentke
Indonesia Release Date: March 18 (exclusive to Cinema 21/XXI)

Meski masih terbayang-bayang oleh The Hunger Games seperti kebanyakan franchise starter yang membanjiri bioskop beberapa tahun terakhir ini, franchise terbaru milik Lionsgate/Summit ini bisa dibilang sebagai satu-satunya film adaptasi novel young adult-fantasy yang berhasil menuai kesuksesan di tangga box office, pujian dari fans, dan yang terpenting, sekuel.

THE GUNMAN
Action
Directed by: Pierre Morel
Indonesia Release Date: TBA (exclusive to Cinema 21/XXI)

Setelah melambungkan nama Liam Neeson sebagai jagoan lanjut usia paling ikonik di dunia, kali ini giliran aktor papan atas Sean Penn yang menjadi “objek eksperimen”  Pierre Morel dalam film aksi espionage berjudul The Gunman. Sangat layak dinantikan.

March 27


HOME
Animation / PG
Directed by: Tim Johnson
Indonesia Release Date: March 25 (wide)

Film animasi terbaru keluaran DreamWorks Animation yang sebelumnya sempat bertukar tanggal rilis dengan Penguins of Madagascar. Teaser-nya sempat muncul sebagai film pendek di Mr. Peabody and Sherman.

APRIL 2015

April 3


FURIOUS 7 
Action / PG-13
Directed by: James Wan
Indonesia Release Date: April 1 (wide)

Menutup rentetan film musim semi dan mencuri start musim panas di awal bulan April, Furious 7 adalah installment terakhir (katanya) dalam franchise Fast and Furious dan dapat dipastikan akan menjadi film berpendapatan $1 billion pertama di tahun 2015 ini, secara tidak ada kompetitor sama sekali di bulan April.

MAY 2015

May 1



THE AVENGERS: AGE OF ULTRON
Action, Sci-Fi / PG-13
Directed by: Joss Whedon
Indonesia Release Date: April 29 (wide)

Superhero-superhero Marvel kembali beraksi dalam satu film lagi untuk menghentikan ulah HYDRA yang selama ini beroperasi di bawah bendera SHIELD dan Ultron, robot buatan Tony Stark yang lepas kendali. Joss Whedon kembali duduk di kursi sutradara.

FAR FROM THE MADDING CROWD
Drama / PG-13
Directed by: Thomas Vinterberg
Indonesia Release Date: -

Film terbaru arahan sutradara Thomas Vinterberg (The Hunt, nominee Best Foreign Film di Oscar 2014), Far From The Madding Crowd memang hanya ditujukan untuk para pecinta film yang sudah menyaksikan The Avengers 2 atau untuk para snob yang sama sekali tidak tertarik dengan jagoan-jagoan Marvel. Layak dinantikan.

May 15

PITCH PERFECT 2
Musical / PG-13
Directed by: Elizabeth Banks
Indonesia Release Date: TBA

Pitch Perfect 2, sekuel dari surprise hit milik Universal yang dirilis tahun 2012 kemarin ini bisa menjadi kuda hitam yang kemungkinan besar dapat mendatangkan bencana pada Mad Max: Fury Road, film budget besar milik Warner Bros. untuk memeriahkan musim panas tahun ini.


MAD MAX: FURY ROAD
Action, Adventure / PG-13
Directed by: George Miller
Indonesia Release Date: May 15 (wide)

Sebuah proyek reboot yang ditunggu-tunggu oleh fans-nya dan sempat diundur perilisannya karena masalah budget yang melambung, Mad Max: Fury Road akhirnya siap untuk tayang di pertengahan bulan Mei ini. Dibintangi oleh Tom Hardy (menggantikan Mel Gibson), Charlize Theron, dan Nicholas Hoult.

The Hype:
Mad Max: Fury Road disutradarai oleh George Miller, yang tidak lain adalah sutradara ketiga film sebelumnya. Trailernya sendiri mendapat sambutan yang sangat meriah dari fans.

May 22


TOMORROWLAND
Sci-Fi, Adventure, Fantasy / PG-13
Directed by: Brad Bird
Indonesia Release Date: May 22 (wide)

Proyek ambisius Brad Bird ini akhirnya resmi masuk proses produksi sejak dua tahun silam dan menjadi salah satu film Disney berbudget raksasa yang sangat beresiko mengalami kegagalan di tangga Box Office (masih ingat The Lone Ranger dan John Carter kemarin?). 

The Hype:
Setelah debut suksesnya di film live action lewat film Mission Impossible IV, nama Brad Bird yang lebih dulu lambung lewat film animasi The Incredibles dan Ratatouille kini menjadi salah satu sutradara yang paling diperhitungkan di Hollywood. Tapi tentu saja, hal itu bukan berarti penonton akan berbondong-bondong menyaksikan Tomorrowland. Let’s hope for the best.

SPY
Action, Comedy / R
Directed by: Paul Feig
Indonesia Release Date: TBA (wide)

Kolaborasi ketiga antara sutradara Paul Feig dan Melissa McCharty yang lebih dulu menuai kesuksesan luar biasa lewat film The Heat dan Bridesmaids.

May 29


SAN ANDREAS
Action, Thriller / PG-13
Directed by: Brad Peyton
Indonesia Release Date: May 2015 (wide)

Berkisah tentang seorang rescue pilot bernama Ray (Dwayne Johnson) yang berjuang menyelamatkan putrinya dari bencana gempa bumi dahsyat yang meluluhlantakkan California. Klise? Ya begitulah.

The Hype: 
Bukan film adaptasi dari video game populer GTA: San Andreas.

INSIDIOUS: CHAPTER 3
Horror / PG-13
Directed by: Leigh Whannell
Indonesia Release Date: May 2015 (wide)

Meski memiliki embel-embel ‘Chapter 3’ pada judulnya, Insidious 3 justru berperan sebagai prekuel dari dua film terdahulu dan tidak berfokus lagi pada keluarga Lambert.

The Hype:
Merupakan debut penyutradaraan Leigh Whannell, partner sekaligus teman baik James Wan yang menulis dan memproduseri franchise Saw dan Insidious.

JUNE 2015

June 12


JURASSIC WORLD
Adventure, Sci-fi / PG-13
Directed by: Colin Trevorrow
Indonesia Release Date: June 10 (wide)

Cukup mengejutkan kalau film keempat dari seri Jurassic Park ini membutuhkan waktu sampai 14 tahun sampai akhirnya terealisasi, mengingat kesuksesan dan kepopulerannya yang sangat luar biasa itu. Berbeda dengan ketiga film sebelumnya, Jurassic World kini berkisah tentang wahana Jurassic Park yang akhirnya beroperasional dan terbuka untuk umum. 

June 19


INSIDE OUT
Animation / G
Directed by: Pete Docter & Ronaldo Del Carmen
Indonesia Release Date: June 2015 (wide)

Setelah berlibur selama satu tahun penuh, Pixar akhirnya merilis film animasi terbaru mereka, dan kabar baiknya, Inside Out adalah film orisinil, bukan sekuel dari film-film populer milik Pixar sebelumnya, dan diceritakan lewat perspektif lima emosi manusia.

PAPER TOWNS
Drama, Romance / PG-13
Directed by: Jake Schreier
Indonesia Release Date: June 2015 (wide)

Adaptasi kedua dari novel karya John Green setelah kesuksesan The Fault in Our Stars tahun lalu.

THE TRANSPORTER LEGACY
Action
Directed by: Camille Delamarre
Indonesia Release Date: June 2015

Reboot dari seri The Transporter tanpa keterlibatan Jason Statham. Keputusan yang benar-benar fatal.

June 26

TED 2
Comedy / R
Directed by: Seth MacFarlane
Indonesia Release Date: June 2015 (wide)

Ted 2 kembali melanjutkan kisah Ted, si beruang brengsek bermulut kotor, dan majikannya, John Bennett (Mark Wahlberg). Seth MacFarlane kembali menyutradarai, menulis, dan mengisi suara Ted.

JULY 2015

July 3


TERMINATOR: GENISYS 
Action, Sci-fi / PG-13
Directed by: Alan Taylor
Indonesia Release Date: July 1 (wide)

Menggunakan formula yang kurang lebih sama dengan X-Men Days of Future Past, Terminator: Genisys diharapkan bisa memperbaiki timeline franchise Terminator serta berperan sebagai prekuel, sekuel, dan reboot sekaligus. Arnold Schwarzenegger kembali berperan sebagai T-100. 

MAGIC MIKE XXL
Drama / R
Directed by: Gregory Jacobs
Indonesia Release Date: - 

Duh.

July 10


MINIONS
Animation / PG
Directed by: Kyle Balda & Pierre Coffin
Indonesia Release Date: July 10 (wide)

Spin-off sekaligus prekuel dari film Despicable Me yang berkisah tentang para Minions sebelum bertemu dengan majikannya, Gru. 

July 17


ANT-MAN
Action, Sci-fi / PG-13
Directed by: Peyton Reed
Indonesia Release Date: July 15 (wide)

Film pertama dari Marvel Cinematic Universe Phase 3.

PAN
Adventure, Fantasy 
Directed by: Joe Wright
Indonesia Release Date: July 2015 (wide)

Berkisah tentang seorang anak yatim piatu sebelum dia memasuki Neverland dan dikenal dengan julukan Peter Pan.

July 24


PIXELS
Comedy, Sci-fi
Directed by: Chris Columbus
Indonesia Release Date: TBA

Setelah hiatus cukup lama dari dunia perfilman, Chris Columbus (Harry Potter 1-2, Percy Jackson) kembali menyutradarai film anak-anak berjudul Pixels yang dibintangi oleh Adam Sandler. Pixels berkisah tentang seorang maniak video game yang direkrut oleh militer Amerika ketika karakter-karakter video game dari era 80-an tersebut secara misterius muncul ke dunia nyata dan menyerang kota New York.

POLTERGEIST
Horror / PG-13
Directed by: Gil Kenan 
Indonesia Release Date: TBA

Remake dari film horror klasik berjudul sama. Diproduseri oleh Sam Raimi.

AGUSTUS 2015

August 7


THE FANTASTIC FOUR
Action, Sci-fi / PG-13
Directed by: Josh Trank
Indonesia Release Date: August 2015

Meski dua filmnya menuai kesuksesan di tangga box office, ternyata bukan hanya kritikus dan para fans yang tidak puas dengan adaptasi komik keluaran Marvel tersebut. Demi mempertahankan hak cipta atas Fantastic Four, 20th Century Fox memutuskan untuk merebootnya dan menyerahkan tanggung jawab tersebut pada Josh Trank, sutradara film Chronicle yang berhasil membawa angin segar pada genre mockumentary. 

The Hype: 
Hype yang mengitari film ini cenderung negatif, terutama pada pemilihan castnya yang sukses menyulut kontroversi.

August 14


THE MAN FROM U.N.C.L.E.
Action / PG-13
Directed by: Guy Ritchie
Indonesia Release Date: August 2015 (wide)

Sebenarnya tidak ada yang menarik dari premisenya: dua orang agen rahasia terbaik dari organisasi U.N.C.L.E berusaha menguak rencana peluncuran senjata nuklir, tetapi keterlibatan Guy Ritchie sebagai sutradara dan penulis The Man From U.N.C.L.E. serta aktor-aktris papan atas di jajaran cast-nya tentu saja berhasil membuat film ini layak untuk dinantikan.

The Hype:
Adaptasi dari serial TV klasik populer berjudul sama.

August 21

SINISTER 2
Horror / R
Directed by: Ciaran Foy
Indonesia Release Date: TBA

Satu lagi sekuel dari film horror populer yang tidak melibatkan sutradara dan pemain dari film sebelumnya. Mari berharap film ini bisa menyamai kengerian installment Sinister yang pertama.

August 28


HITMAN: AGENT 47
Action / R
Directed by: Aleksander Bach
Indonesia Release Date: August 2015 (wide)

Reboot dari film adaptasi Hitman yang dirilis oleh 20th Century Fox tahun 2007 lalu. Rupert Friend mengisi peran Agent 47 yang sebelumnya akan diberikan kepada Alm. Paul Walker.


CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON 2: THE GREEN LEGEND
Action, Drama
Directed by: Yuen Woo Ping
Indonesia Release Date: TBA

Sekuel dari Crouching Tiger, Hidden Dragon yang berhasil memberikan Ang Lee nominasi piala Oscar pertamanya dan melambungkan namanya di kancah dunia perfilman internasional. 
Hampir seluruh cast dari film pertamanya tidak kembali (kecuali Michelle Yeoh) memerankan karakternya, sedangkan Ang Lee digantikan oleh Yuen Woo Ping, salah seorang koreografer adegan aksi paling hebat di dunia. 

SEPTEMBER 2015

September 18


THE MAZE RUNNER 2: THE SCORCH TRIALS
Adventure, Sci-fi / PG-13
Directed by: Wes Ball
Indonesia Release Date: September 16 (wide)

Sekuel dari surprise hit tahun 2014 kemarin. Wes Ball kembali menyutradarai installment keduanya, bersama dengan para cast yang kembali memerankan karakternya masing-masing.

September 25

HOTEL TRANSYLVANIA 2
Animation / PG
Directed by: Genndy Tartakovsky
Indonesia Release Date: September 2015 (wide)

Sekuel dari Hotel Transylvania. Tampaknya Sony dan Adam Sandler sangat berharap agar film ini bisa menjadi salah satu franchise andalannya.

OCTOBER 2015

October 2


VICTOR FRANKENSTEIN
Drama, Horror 
Directed by: Paul McGuigan
Indonesia Release Date: October 2015

Adaptasi lepas dari novel Frankenstein yang diceritakan melalui sudut pandang Igor (Daniel Radcliffe), asisten Dr. Frankenstein (James Mc.Avoy).

LONDON HAS FALLEN
Action / R
Directed by: Babak Najafi
Indonesia Release Date: October 2015 (exclusive to Cinema 21 / XXI)

Salah satu sekuel yang mungkin seharusnya tidak dibuat, London Has Fallen melanjutkan kisah Mike Banning sebagai bodyguard presiden Amerika Serikat. Kali ini dia harus menghentikan aksi para teroris yang hendak membunuh seluruh pemimpin dunia yang hadir di pemakaman Perdana Menteri Inggris di London.


THE WALK
Drama, Biography 
Directed by: Robert Zemeckis
Indonesia Release Date: TBA 2015 (wide)

Sebuah upaya return to form Robert Zemeckis setelah kegagalan film-film animasi motion-capture-nya. Setelah Flight yang sukses dan memberikan nominasi Oscar untuk Denzel Washington, kali ini beliau mengangkat kisah Philippe Petit (Joseph Gordon Levitt) yang hendak menyeberangi dua puncak gedung tinggi WTC dengan menggunakan kabel saja di tahun 1974.

The Hype:
Salah satu kontender terkuat di ajang penghargaan Oscar 2016 dan akan dirilis dalam format 3D dan IMAX 3D.

October 9

THE JUNGLE BOOK
Adventure, Fantasy
Directed by: Jon Favreau
Indonesia Release Date: October 2015

Film adaptasi The Jungle Book pertama yang akan dirilis dalam dua tahun ini. Sama seperti Cinderella, Disney juga menggunakan sutradara jebolan Marvel untuk mengarahkan film live action berbudget besarnya ini. Dibintangi oleh Scarlett Johansson, Idris Elba, dan Bill Muray.

October 16


CRIMSON PEAK
Horror / R
Directed by: Guillermo del Toro
Indonesia Release Date: TBA

Selain dikenal sebagai salah seorang filmmaker dengan imajinasi dan kreatifitas tanpa batas, nama Guillermo del Toro juga cukup populer di kalangan penggemar film horror. Crimson Peak adalah film horror pertama yang disutradarainya sendiri setelah terakhir menyutradarai The Devil’s Backbone tahun 2001 lalu.

THE COLD WAR PROJECT
Drama, Thriller 
Directed by: Steven Spielberg
Indonesia Release Date: 2016

Film kolaborasi kesekian kali antara Tom Hanks dan Steven Spielberg ini berkisah tentang seorang pengacara yang direkrut oleh CIA untuk menyelamatkan pilot Amerika yang ditahan di Uni Soviet saat Perang Dingin. Naskahnya ditulis oleh Coen Brothers, yang sebelumnya telah memenangkan empat piala Oscar lewat film No Country for Old Men dan Fargo.

The Hype:
Academy sangat mencintai Spielberg, jadi jangan terkejut kalau film yang belum memiliki judul resmi ini akan mendapatkan banyak nominasi Oscar tahun 2016 nanti.

October 23


THE LAST WITCH HUNTERS
Action, Horror
Directed by: Breck Eisner
Indonesia Release Date: October 2015

Vin Diesel memerankan seorang Witch Hunter yang diutus untuk memusnahkan para penyihir yang bangkit secara misterius dan menyerang kota New York.

NOVEMBER 2015

November 6


SPECTRE
Action, Espionage / PG-13
Directed by: Sam Mendes
Indonesia Release Date: November 4 (wide)

Setelah beberapa kali menolak, Sam Mendes akhirnya bersedia kembali berkumpul bersama dengan tim suksesnya untuk menggarap installment ke 24 dalam franchise 007 yang resmi memulai proses syuting bulan Desember tahun lalu. Christoph Waltz, Dave Bautista, Lea Seydoux, dan aktris impian para penggemar Bond, Monica Belluci, ikut memeriahkan film ini. 


SNOOPY AND CHARLIE BROWN: THE PEANUTS MOVIE
Animation / G
Directed by: Steve Martino
Indonesia Release Date: November 2015 (wide)

BlueSky Animation bekerja sama dengan 20th Century Fox membangkitkan kembali franchise Charlie Brown ke layar lebar lewat film animasi CGI setelah sekian lama hanya bersliweran di dunia merchandise dan home video. Dilihat dari teaser trailer yang sudah beredar, film ini bisa dipastikan akan mendatangkan badai nostalgia bagi para penontonnya yang tumbuh bersama Snoopy dan kawan-kawan. 

November 13

FRIDAY THE 13TH
Horror / R
Directed by: David Bruckner (rumored)
Indonesia Release Date: TBA

Film reboot (lagi) dari franchise Friday the 13th. Rencananya, film ini akan menggabungkan teknik found footage dengan tata narasi third person tradisional

November 20


THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 2
Adventure, Sci-fi / PG-13
Directed by: Francis Lawrence
Indonesia Release Date: November 19 (wide)

Seri pamungkas dari franchise The Hunger Games.

November 27


THE MARTIAN
Adventure, Sci-fi / PG-13
Directed by: Ridley Scott
Indonesia Release Date: TBA

Meski banyak para fans-nya yang mengharapkan Ridley Scott untuk segera memfilmkan sekuel Prometheus selagi dia masih berstamina (that guy won’t get any younger), beliau justru lebih memilih untuk menggarap film-film ‘original’ seperti The Counselor, Exodus, dan yang terbaru, The Martian, sebelum kembali menggeluti sekuel Prometheus dan Blade Runner yang sudah cukup lama berada di fase pre-production. 


THE GOOD DINOSAUR
Animation 
Directed by: Peter Sohn
Indonesia Release Date: November 2015 (wide)

The Good Dinosaur seharusnya sudah dirilis pada musim panas tahun 2014 kemarin, tetapi karena para produser dan petinggi Pixar kabarnya kurang menyukai filmnya, film ini terpaksa harus mengalami perombakan besar-besaran dan meninggalkan tahun 2014 tanpa film Pixar satupun. 

DECEMBER 2015

December 18


STAR WARS EPISODE VII: THE FORCE AWAKENS
Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Directed by: J.J Abrams
Indonesia Release Date: December 18 (wide)

It’s Star Wars, goddamnit.

December 25


MISSION: IMPOSSIBLE 5
Action, Espionage / PG-13
Directed by: Christopher McQuarrie
Indonesia Release Date: December 25


Franchise espionage paling populer setelah James Bond akhirnya kembali berjumpa dengan para fansnya di layar lebar setelah kesuksesannya yang luar biasa tahun 2012 kemarin. Kursi panas Brad Bird digantikan oleh Christopher McQuarrie, sutradara dan penulis kepercayaan Tom Cruise sejak film Jack Reacher kemarin. 



You Might Also Like

0 comments

Just do it.