THE 10 BEST BAD FILMS OF 2012

12/29/2012 04:27:00 PM



Berbicara selera, tiap individu pasti berbeda-beda. Meski sama-sama mengaku menyukainya, alasannya pasti tidak akan sama 100%. Demikian pula sebaliknya. Nah lucunya, kadang selera itu bisa mengalami--what do you say--error, di mana terkadang seseorang bisa menyukai film yang seharusnya tidak memiliki kriteria yang sesuai dengan seleranya dan bahkan film yang dianggap buruk oleh kritikus. Berikut beberapa film yang berhasil mengambil hati saya tetapi dibenci oleh banyak orang di tahun 2012 ini. Bersiaplah untuk menggeleng-gelengkan kepala :P

List di bawah ini ditulis berurutan dan bersifat sangat subyektif. Patokan penilaian didasarkan pada web rottentomatoes. 


10. A THOUSAND WORDS
Brian Robbins / 91 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 0%

Suara adalah aset emas milik Eddie Murphy yang membuatnya menjadi komedian terkenal. Lucunya, film A Thousand Words justru memaksanya untuk tidak bersuara. Hasilnya? Seluruh kritikus membencinya, saya justru tertawa terpingkal-pingkal dan terhibur dengan film ini.


9. SNOW WHITE AND THE HUNTSMAN
Rupert Sanders / 128 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 48%

Kristen Stewart memang benar-benar miscast di SWATH dan mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa film ini begitu dibenci (lihatlah waktu dia menyemangati tentara kerajaannya). Tetapi usaha Rupert Sanders untuk menghadirkan dunia Snow White yang indah dan juga dukungan akting si cantik-seksi-judes Charlize Theron yang bikin melting telah membuat saya jatuh hati pada film ini.


8. MAN ON A LEDGE
Asger Leth / 102 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 32%

Biasanya, saya tidak menyukai film thriller kelas B semacam Man on a Ledge. Tetapi ntah kenapa, adrenalin saya terus terpacu kala menyaksikan film ini dari awal hingga akhir. 


7. BATTLESHIP
Peter Berg / 132 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 33%

30 menit awal film ini, saya nyaris tertidur. Benar-benar sebuah Transformers rip-off yang sangat buruk, bodoh dan membosankan. Apalagi Battleship bukan tipe film yang saya sukai, saya sampai sudah menyiapkan beragam ramuan caci-maki dan nilai 1-2 bintang saja waktu itu. Namun, ketika mulai menginjak pertengahan, ketika para tentara mulai menggunakan strategi untuk melawan para alien, keajaiban terjadi. Battleship tiba-tiba berubah 180 derajat menjadi sebuah film aksi yang seru untuk dinikmati. Yeah, at least for me. 


6. DARK SHADOWS
Tim Burton / 113 Minutes / US / 1.85:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 38%

I’m always a big, really BIG, fan of Johnny Depp, Helena Bonham Carter, and Tim Burton. Dark Shadows memang memiliki cerita yang agak kurang memikat (terutama menjelang endingnya yang kacau setengah mati), tetapi kehadiran Johnny Depp, Helena Bonham Carter, karakter-karakter nyentrik, dan dark humor super lucu serta set tempat yang gothic abis khas Tim Burton telah membuat saya tertawa sendiri dan menyukai film ini. 


5. THE LADY
Luc Besson / 132 Minutes / France / 2.39:1 Aspect Ratio / R / Rottentomatoes : 34%

Saya adalah tipe manusia yang memiliki nyaris zero interest terhadap dunia politik dan berita dunia di koran. Jadi jangan heran kalau saya sangat kagum dengan film ini karena saya tidak memiliki pengetahuan apapun sebelumnya mengenai Aung San Suu Ki selain kalau dia adalah tokoh politik wanita berpengaruh yang menjadi tahanan rumah. Selain itu, film sejarah adalah genre favorit saya.


4. TAKEN 2
Olivier Megaton / 91 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 21%

Sekali lagi, bukan tipe film action yang saya sukai. Apalagi dengan cerita yang sangat dangkal seperti Taken ini. Menyelamatkan anaknya yang diculik! Oh god please!! Nah lucunya, kedua film Taken telah menjadi guilty pleasure saya berturut-turut. 


3. FIRST TIME 
Han Yan / 106 Minutes / Hong Kong / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / IMDB : 5.7

Mungkin film ini tidak pernah kalian dengar. Saya sendiri juga belum pernah tahu kalau tidak iseng-iseng nonton di pesawat. Ternyata First Time adalah remake dari film Korea berjudul ...ing (dilihat dari nilai di IMDB, versi Koreanya pasti jauh lebih bagus). First Time memiliki dua jenis kisah yang diwakili oleh side A dan side B seperti sebuah kaset lagu-lagu jaman dulu. Side A First Time ini tipikal film romansa kegemaran cewek-cewek yang demen nulis kanji Korea di Twitter. Nah, kejutannya justru tersimpan semua di side B yang memberi banyak twist berlapis-lapis yang membuat saya ingin merangkak keliling pesawat. Lucunya, saya menonton side A film ini ketika terbang ke Singapore, side B ketika pulang ke Surabaya. 


2. THE FLOWERS OF WAR
Zhang Yimou / 145 Minutes / China / 2.39:1 Aspect Ratio / R / Rottentomatoes : 41%

Cerita The Flowers of War dapat dikatakan terlalu dipanjang-panjangkan untuk ukuran sebuah film yang mengadaptasi the untold story di balik kisah jajahan Jepang di China yang tak terlupakan itu. Tetapi film ini menurut saya sama sekali tidak mengecewakan dan justru berhasil tampil menjadi sebuah kisah drama yang menyentuh, indah dan enak untuk diikuti. Tapi kritikus tidak setuju. Ya sudahlah.  



1. THIS MEANS WAR
McG. / 97 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13 / Rottentomatoes : 26%
This Means War adalah film terburuk yang sangat saya sukai di tahun 2012 ini. Chemistry yang kuat dari ketiga aktor utamanya, humor super lucu, dan premise yang sangat menarik telah sukses besar menutupi alur ceritanya yang memang sama sekali doesn’t make any sense


Berikut film-film buruk yang berhasil mengambil hati saya tahun ini. What’s yours?




You Might Also Like

4 comments

  1. Saya sih pilih Step Up Revolution sama New Years Eve buat guilty pleasure saya.

    ReplyDelete
  2. New Years Eve juga guilty pleasure tuh. Gw nonton waktu new year. hahaha. Tapi sebenarnya new years eve keluaran tahun 2011 (walau di indo baru keluar tgl 31 des).

    ReplyDelete
  3. aduuh iya lupa. Lagian tayang reguler di Indonesia juga pas awal-awal 2012. haha. Jadinya saya kira masuk tahun 2012

    ReplyDelete

Just do it.