LONDON HAS FALLEN (2016): FILM AKSI RASA 90-AN

3/06/2016 03:23:00 PM


Genre: Action, Thriller
Negara: Amerika
Distributor: Prima Cinema Multimedia (Cinema 21)
Tanggal Rilis: 3 Maret 2016
Format: Regular 2D

Plot: Menyambut kelahiran putrinya, Mike Banning (Gerard Butler) merencanakan untuk pensiun dari pekerjaannya sebagai bodyguard Presiden Benjamin Asher (Aaron Eckhart). Tetapi ketika Perdana Inggris tiba-tiba meninggal, Mike dipanggil kembali untuk menjalankan misi terakhirnya: mengawal Presiden Benjamin ke London. Sementara itu, sekelompok teroris tengah merencanakan serangan besar-besar untuk membunuh seluruh pemimpin dunia yang hadir di pemakaman itu. 



Review: Mengharapkan London Has Fallen memiliki plot dan intrik politik yang mengesankan adalah kesalahan besar. Karena sama seperti Olympus Has Fallen, film ini juga menonjolkan formula film aksi tahun 90-an sebagai jualan utamanya. Para penulis naskah pun tak membuang-buang banyak waktu. Cukup dengan beberapa dialog singkat dan titik plot seadanya, mereka sudah memenuhi syarat untuk segera melancarkan rentetan adegan aksi dahsyat di sepanjang durasi 90 menitnya itu.

Sayangnya, penonton yang telah menyaksikan dan menyukai Olympus Has Fallen akan menemukan cukup banyak penurunan di sekuelnya. Dikucuri budget sebesar $105 juta, sutradara Babak Najafi mendapat tanggung jawab untuk merancang seluruh adegan aksi dalam London Has Fallen hampir dua kali lipat lebih besar, baik dalam urusan lokasi maupun skalanya. Tetapi, thrills yang luar biasa mencekam dari film pertamanya justru terasa absen dari film ini. Adegan aksi London Has Fallen kini lebih banyak mengandalkan ledakan dahsyat dan CGI kelas B daripada perasaan terjepit dan dikejar-kejar waktu yang bisa kita temukan di film pertamanya. Bukan hal yang buruk memang, tetapi hal inilah yang menyebabkan London Has Fallen tak lagi terasa spesial dan berbeda dari film-film aksi kebanyakan. Total, hanya ada dua adegan aksi yang cukup berkesan, yaitu adegan pembuka film (yang sudah di-spoiler habis-habisan oleh trailer-nya) dan adegan klimaks yang difilmkan dengan teknik one take.

Karakter-karakter, baik yang baru maupun yang kembali, juga tak semenarik film pertamanya lagi. Peran Mike Banning kini seperti Terminator milik presiden Amerika yang terus membunuh tanpa ampun daripada seorang secret service yang penuh strategi dan memanfaatkan license to kill seperlunya. Sedangkan karakter lain, percayalah, penonton tidak akan ada yang mengingat karakternya satu pun selain kehebatan Gerard Butler sebagai action star generasi ini. Returning characters seperti Benjamin Asher (Aaron Eckhart), wakil presiden Trumbull (Morgan Freeman), maupun sosok teroris yang tampil cukup mengesankan di Olympus Has Fallen, mereka tak lagi mendapat kesempatan untuk bersinar. Aktor-aktris yang mempunyai resume akting yang mengesankan seperti tiga orang Oscar nominee Angela Basset, Jackie Earle Haley, dan Robert Forster juga disia-siakan begitu saja.



Overall, while not as good as its predecessor, London Has Fallen is violent and fun enough to warrant a sweet nostalgia for fans of the 90s action thriller. Tetapi jangan harap kalian bisa mengingat satu adegan pun setelah keluar dari gedung bioskop.[] 


Rating: 2.5 out of 5 stars



You Might Also Like

4 comments

Just do it.