Cars 2 - 3D Review

10/16/2011 02:02:00 PM



Dalam dua tahun terakhir ini, hampir semua film animasi produksi Hollywood dirilis dalam bentuk 3D. Salah satunya adalah Cars 2. Apakah film terbaru Pixar ini memiliki kualitas 3D yang worth dengan harga tiketnya? Let's Find Out.




Cinema : Galaxy XXI.
Technology : Dolby Digital 3D by Barco.
---------------------------------------------

Shot in 3D : YES.
Hampir semua film animasi selalu difilmkan dalam wujud 3D (kecuali Hoodwinked Too! yang merupakan hasil convertan). Oleh karena itu hampir semua film animasi memiliki efek 3D yang baik.

Brightness : 5/5
Menggunakan kacamata 3D itu layaknya memakai kacamata hitam ketika menonton bioskop, sehingga gambar di layar akan menjadi lebih gelap. Well, sama seperti kebanyakan film pure animation yang dirilis dalam bentuk 3D, brightness dalam film Cars 2 sangat baik, cerah, dan kemungkinan sama dengan versi 2Dnya.

Depth : 5/5
Depth adalah ilusi kedalaman gambar di layar yang membuat para penonton merasa tengah menyaksikan adegan - adegan dari balik jendela raksasa atau bahkan merasa ikut terlibat dalam adegan tersebut.
Luar Biasa. Dan menurut saya inilah kekuatan utama efek 3D Cars 2. Depth-nya sangat terasa dan setiap pemandangan ataupun tempat - tempat eksotis pun tampak lebih nyata. Efek ini semakin terasa ketika adegan aksi dimulai, terutama ketika adegan klimaks film ini. Sungguh memukau dan memanjakan mata.

Pop Out : 0.5/5
Pop Out adalah ilusi gambar yang keluar dari layar. Dan biasanya adegan pop - out-lah yang dinanti - nantikan para penonton awam karena unsur fun-nya ataupun persepsi mereka terhadap efek 3D adalah gambar keluar layar. Dan efek Pop Out dalam Cars 2 ini mengingatkan saya terhadap salah satu teman saya yang mengatakan kalau efek 3D Toy Story 3 buruk dan sama sekali tidak terasa (dan saya sekarang merasa menyesal mengapa bisa percaya dengannya). Yeah, Pixar ternyata lebih fokus terhadap ilusi depth daripada pop out yang mungkin mereka anggap efek murahan. Jadi bagi kalian yang mengharapkan adanya adegan pop out, segera urungkan niat anda menonton Cars 2 versi 3D.

Health : 5/5
Tidak semua orang tahan ketika menyaksikan film 3D. Ada yang mengalami rasa pusing dan mual seusai menonton film 3D. Sebagai pecinta film dan 3D enthusiast, saya sangat bersyukur tidak dianugrahi "bakat" tersebut. Biasanya saya akan merasa sedikit pusing apabila brightness filmnya kelewat gelap (contoh : Pirates of the Caribbean 4) atau gara - gara metode shaky cam yang berlebihan. Untungnya, hal ini tidak ditemukan dalam film Cars 2.

Worth It? YES NO.
Bagi kalian yang mengerti arti efek 3D yang sebenarnya ataupun seorang 3D enthusiast, Cars 2 sangat direkomendasikan untuk ditonton versi 3Dnya karena ilusi depth-nya yang fantastis. Sedangkan kalian yang hanya mengharapkan efek pop out, sebaiknya tonton film ini dalam versi 2D.

You Might Also Like

0 comments

Just do it.