3D REVIEW : ICE AGE CONTINENTAL DRIFT

7/16/2012 10:00:00 PM


Apakah efek 3D dalam film Ice Age 4 tampil memuaskan dan memenuhi standard efek 3D dalam film - film animasi kelas A rilisan terbaru? Let's find out.

Cinema : Ciputra World XXI, Studio 3 (July 16, 2012)

3D Technology : Dolby Digital 3D
------------------------------------------------------------------------------
Shot in 3D : yes
Semua film animasi big budget selalu dipersiapkan untuk tampil dalam format 3D sejak awal, tidak terkecuali installment terbaru Ice Age ini.

Brightness : 5/5
Menggunakan kacamata 3D itu ibaratnya memakai kacamata hitam ketika menonton film di bioskop, sehingga gambar di layar akan menjadi lebih gelap. 
Brightness dalam film Ice Age 4 sangat baik dan cerah. Hal ini juga didukung oleh adegan - adegannya yang mayoritas mengambil setting siang hari. 

Depth : 4/5
Depth adalah ilusi kedalaman gambar di layar yang membuat para penonton merasa tengah menyaksikan adegan - adegan film tersebut dari balik jendela raksasa atau bahkan merasa ikut terlibat dalam adegan tersebut.
Performa depth dalam film Ice Age 4 termasuk bagus, konsisten, dan membuat saya teringat dengan efek 3D dalam Happy Feet 2 yang menawarkan kualitas serupa. Ice Age 4 tampil sedikit lebih baik, tetapi juga tidak begitu istimewa. 
Pop Out : 4/5
Pop Out adalah ilusi gambar yang keluar dari layar. Dan biasanya efek pop - out-lah yang dinanti - nantikan para penonton awam karena unsur hiburannya ataupun karena persepsi mereka terhadap efek 3D adalah gambar keluar layar. Namun, perlu dicatat bahwa pembuatan efek pop out dalam sebuah film bisa dibilang gampang - gampang susah. Dibuat berlebihan, akan menimbulkan gimmick dan membuat film tersebut tampak murahan. Oleh karena itu, dibutuhkan kreatifitas dan perencanaan yang matang agar efek pop out yang dihasilkan tidak terkesan dipaksakan.
Jumlahnya memang tidak sebanyak dan tidak senorak Madagascar 3 yang baru dirilis bulan Juni lalu, namun efek pop out dalam Ice Age 4 masih bisa dibilang sangat menghibur tanpa terkesan dipaksakan.

Health : 5/5
Tidak semua orang tahan ketika menyaksikan film 3D. Ada yang mengalami rasa pusing dan mual seusai menonton film 3D. Sebagai pecinta film dan 3D enthusiast, saya sangat bersyukur tidak dianugrahi "bakat" tersebut. 
Tidak ada masalah kesehatan seusai menyaksikan film ini (apabila anda tidak memasukan rasa bosan dan frustasi saya sebagai masalah "kesehatan psikologis"). 
Worth It? Yes
Ice Age 4 tidak memberi anda pengalaman menonton 3D yang baru, namun dengan kualitas depth dan pop-out yang cukup baik dan tampil konsisten sepanjang film, tidak ada salahnya untuk membeli tiket 3Dnya, apalagi harga tiket 3D di sebagian besar XXI sekarang sama dengan harga tiket 2D.

You Might Also Like

1 comments

  1. syang gw males nonton film kartun... haha!!!

    ReplyDelete

Just do it.