15 Most Anticipated Movies of 2012

1/24/2012 06:24:00 PM



Tahun 2012 bisa dibilang tahun yang paling dinanti - nantikan para moviegoers di seluruh dunia. Hampir semua sequel / reboot / remake film - film high profile dirilis di tahun tersebut, mulai dari sequel terakhir Batman, proyek idaman Marvel The Avengers, prekuel LotR, hingga kembalinya James Bond di layar lebar dan perilisan blu-ray 22 film sebelumnya dalam 1 paket. Dari sekian banyaknya film - film raksasa, berikut saya akhirnya berhasil mengumpulkan 10 film yang paling saya nanti - nantikan di tahun 2012 ini.


15. John Carter
Release Date : March 9, 2012
Overview :
Sempat berada di development hell selama beberapa tahun, John Carter akhirnya diproduksi dan siap tayang bulan Maret nanti ini. Dengan budget raksasa $200-250 million, John Carter diharapkan bisa menjadi franchise besar milik Disney setelah Tron Legacy yang hasil Box Office-nya kurang menggembirakan. Dilihat dari trailer - trailer yang telah dirilis, John Carter memiliki visual effects yang sangat mewah dan setting tempat yang imajinatif. Apalagi film ini digarap oleh Andrew Stanton yang telah memenangkan 2 piala Oscar berkat film Finding Nemo dan Wall-E, sehingga John Carter sangat layak untuk dinantikan bulan Maret nanti.


14. The Expendables 2
Release Date : August 17, 2012
Overview :
Film pertamanya memang tidak bagus, namun sebagai penggemar film - film aksi tahun 80-an, The Expendables selalu menjadi guilty pleasure saya. Tentu bukan hal yang aneh apabila saya sangat menantikan sekuel-nya, bukan?


13. The Hunger Games
Release Date : March 23, 2012
Overview :
Diadaptasi dari novel terkenal, The Hunger Games adalah proyek gambling Lionsgate untuk mengikuti jejak Summit dan Warner Bros yang sudah menikmati kesuksesan terlebih dahulu lewat Twilight saga dan Harry Potter. Dengan budget $100 juta, aktris berbakat Jennifer Lawrence, dan sutradara yang telah mendapat 4 nominasi Oscar, saya sangat berharap bahwa film ini bisa mengekor kesuksesan Harry Potter, baik secara kualitas maupun box office.


12. The Raid
Release Date : March 23, 2012 (Indonesia)
Overview :
The Raid bisa dibilang film Indonesia pertama yang saya nanti - nantikan kedatangannya di bioskop. Telah memenangkan salah satu penghargaan bergengsi di TIFF dan segala pujian  "Best action movie of the decade" dari kritikus - kritikus top, The Raid sangat wajib anda saksikan di bioskop tanah air.


11. Chronicle
Release Date : February 3, 2012
Overview :
Penggabungan konsep "Paranormal Activity" dengan film superhero memang orisinil dan sangat menarik, namun bisa juga gagal untuk memuaskan penonton. Namun, untuk saat ini, saya berekspetasi tinggi terhadap Chronicle.


10. The Dictator
Release Date : May 11, 2012
Overview :
Sacha Baron Cohen sukses membuat saya tertawa terbahak - bahak lewat dua film komedi-nya, Bruno dan Borat, yang sangat jorok & luar biasa gila. Setelah berperan sebagai wartawan sinting dan seorang gay, ia kini berperan sebagai seorang Sultan dari negara fiktif. Dilihat dari trailernya, The Dictator juga tidak kalah lucunya dengan Bruno dan Borat.


9. Django Unchained
Release Date : December 28, 2012
Overview :
Tidak pernah dengar? Maklum, selain karena jadwal rilisnya yang masih sangat sangat lama, Django Unchained belum mempunyai poster film dan trailer. Lantas kenapa film ini duduk di peringkat nomor 9? Alasannya sederhana. Karena film ini ditulis dan disutradarai oleh Quentin Tarantino!! Saya mungkin adalah segelintir orang yang sangat menggemari film - film karya beliau yang penuh dengan dialog - dialog cerdas, plot seru dan gaya penyutradaraannya yang khas. Sehingga bukan hal yang aneh apabila film ini bertengger di posisi yang cukup bergengsi dalam daftar film yang paling saya tunggu - tunggu.


8. Brave
Release Date : June 22, 2012
Overview :
Cars 2 memang tampil mengecewakan, namun saya masih tidak sabar untuk menantikan karya Disney Pixar selanjutnya. Untuk tahun ini, mereka merilis film fairy tale pertama mereka dengan tokoh utama seorang princess berjudul Brave. Alur ceritanya memang masih samar - samar, namun dilihat dari trailernya, nampaknya Pixar sudah kembali ke jalan yang benar.


7. Snow White and the Huntsman
Release Date : June 1, 2012
Overview :
Setelah re-imagining Alice in Wonderland yang sukses besar secara komersil 2 tahun lalu, bukan hal yang aneh apabila banyak studio besar yang berbondong - bondong untuk membuat film re-imagining dari dongeng - dongeng terkenal. Bahkan tahun ini, ada 2 film snow white yang dirilis : Mirror Mirror (Maret) dan Snow White and the Huntsman (Juni). Dari 2 film tersebut, Snow White and the Huntsman lah yang terlihat sangat menjanjikan, mulai dari pemolesan dunia dongeng Snow White yang tampaknya sangat berhasil hingga perang kolosal ala the Lord of the Rings, Snow White and the Huntsman sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.


6.The Amazing Spider-Man
Release Date : July 6, 2012
Overview :
Film ini mungkin bisa dibilang salah satu proyek reboot yang terlalu cepat dan tidak penting, karena versi Sam Raimi sendiri sudah bagus. Namun, usaha Marc Webb selaku sutradara tidak bisa dipandang sebelah mata. Trailer yang dirilis telah menunjukkan bahwa kisah spidey kali terasa lebih detail dan gelap dengan formula ala Batman Begins. Dan (katanya) lebih setia dengan komiknya. Apalagi kali ini pihak Marvel Studios juga ikut turun tangan, sehingga tentu para pecinta film dan penggemar Spidey bisa berharap bahwa film ini paling tidak bisa menyamai / mendekati kualitas film Iron Man.


5. The Avengers
Release Date : May 4, 2012 (US)
Overview :
Proyek idaman Marvel yang telah dipersiapkannya sejak lama akhirnya siap dirilis tahun ini. Tidak hanya Marvel yang mengidam - idamkan film ini, tetapi para penggemar komik superhero, pecinta film hingga masyarakat luas pun juga sangat menanti - nantikan The Avengers. Tidak hanya itu, Joss Whedon yang menjabat sebagai sutradara sekaligus penulis naskahnya semakin membuat saya antusias terhadap film ini. Well, bagi yang sudah menyaksikan serial TV Firefly, Buffy the Vampire Slayer dan film Toy Story, tentu anda sudah mengetahui kegeniusan sineas satu ini. 


4. Prometheus
Release Date : June 8, 2012
Overview :
Akhirnya sebuah film berkualitas yang berhubungan dengan salah satu saga favorit saya, Alien, siap dirilis. Semenjak Alien Ressurection, film kelanjutan saga Alien tidak jelas nasibnya; belum lagi serbuan cross over "Alien Vs. Predator" dengan sequelnya yang berkualitas sangat buruk. Meski Prometheus berupa prekuel-tidak-langsung dari Alien, film ini digarap oleh Ridley Scott, yang tidak lain adalah sang creator saga Alien itu sendiri. Teaser trailernya pun berhasil membuat saya semakin antusias dan berekspetasi tinggi terhadap film ini.


3. Skyfall 007
Release Date : November 9, 2012
Overview :
Sebagai penggemar berat agen 007 sejak kecil dan sudah sangat merindukan aksi James 
Bond di layar lebar, tentu bukan hal yang aneh apabila film ini saya letakkan di peringkat bergengsi ini. Pertanyaannya sekarang, apakah installment terbaru Bond ini bisa kembali ke akarnya seperti MI4 baru - baru ini? Atau malah mengecewakan penggemarnya seperti Quantum of Solace?


2. The Dark Knight Rises
Release Date : July 20, 2012
Overview :
What? Ketika orang - orang meletakkan TDKR di peringkat 1 dalam daftar film yang paling mereka tunggu - tunggu tahun ini, saya malah menaruhnya di posisi runner up. Well, bukan karena saya tidak menantikan film ini, saya sangat menyukai saga Batman versi Chris Nolan tersebut; namun saya tidak bisa membantah bahwa saya lebih tergila - gila menunggu film yang bertengger di posisi nomor 1 di bawah ini.


1. The Hobbit Part 1 : An Unexpected Journey
Release Date : December 14, 2012
Overview :
Penggemar LOTR mana yang tidak frustasi menantikan proyek satu ini terwujud? Desas - desus-nya telah berhembus semenjak tahun 2007 lalu, kemudian terus menggantung karena masalah budget hingga kondisi finansial MGM yang kacau dan berujung pada kebangkrutannya. Pada bulan October 2010, film ini akhirnya resmi dalam proses produksi dan Peter Jackson pun kembali duduk di kursi sutradara, menggantikan Guillermo Del Toro yang "naik" ke kursi Producer. Dengan tim produksi yang luar biasa dan kecintaan saya pada Middle Earth, adalah hal yang mudah untuk menempatkan The Hobbit di peringkat 1 dalam daftar film yang paling saya nanti - nantikan tahun ini.

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah, film2 yang ane tunggu juga ada disana ternyata... Mantep, kalo misalnya ane nich ya, jadinya kayak gini gan...

    1. The Avengers
    2. The Amazing Spider-Man
    3. The Dark Knight Rises
    4. G.I Joe Retaliation
    5. Ghost Rider: Spirit of Vengeance

    Hehe, itu kalo ane... :)

    Oh ya gan, ane link ya di Blog ane, n udah ane follow juga Blog-nya... monggo follback n linkback-nya kalo berkenan... :)

    ReplyDelete
  2. THE HUNGER GAMES. Disarankan membaca novelnya terlebih dahulu (: seru sekali.

    ReplyDelete
  3. @fanboy : udah gw folback kok. haha

    @anonymous : berdasarkan pengalaman yang lalu - lalu, saya tidak membaca novel yang akan dibuat filmnya, sebelum saya selesai menyaksikan filmnya. Saya takut kalau peristiwa harry potter kapan lalu terulang kembali, di mana saya sering kecewa karena adanya perbedaan / adegan penting yang dihilangkan.

    ReplyDelete

Just do it.