THE DARK KNIGHT RISES ON ACADEMY AWARDS 2013

7/28/2012 06:59:00 PM



Mungkin post ini masih terlalu dini karena musim awards baru akan berlangsung di akhir tahun sampai awal tahun 2013 nanti. Tetapi, The Dark Knight Rises adalah salah satu kandidat terkuat untuk mendapatkan banyak nominasi dalam ajang Academy Awards 2013 nanti, meski harus bersaing ketat dengan beberapa film Oscar bait lainnya.
Berikut beberapa nominasi Oscar yang kemungkinan akan diperoleh TDKR. 

Best Motion Picture of the Year
Christopher Nolan, Charles Roven, and Emma Thomas
Film The Dark Knight telah mengubah peraturan Oscar untuk kategori Best Picture dari 5 nominasi hingga menjadi 10 nominasi, setelah secara mengejutkan film tersebut tidak mendapat nominasi Oscar untuk kategori best picture tahun 2009 lalu. Mengingat TDKR adalah film terakhir dari trilogi Batman yang mendapat pujian luar biasa dari kritikus dan juga pecinta film, bukan tidak mungkin bahwa film ini akan membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Picture.
Best Achievement in Directing
Christopher Nolan
Christopher Nolan adalah salah satu sutradara film terbaik dekade ini dan sudah diakui oleh Oscar dengan mendapatkan 3 nominasi. Kesempatan Christopher Nolan untuk menang sama besarnya dengan kesempatan TDKR untuk menyabet piala Oscar di kategori Best Picture. 
Best Writing, Adapted Screenplay
David S. Goyer (Story), Jonathan Nolan and Christopher Nolan
Setelah gagal untuk mendapat nominasi melalui film Batman Begins dan The Dark Knight, kini saatnya juri Oscar membuka matanya bahwa apa yang mereka lakukan bertiga terhadap trilogi Batman ini sangatlah luar biasa. 
Best Achievement in Cinematography
Wally Pfister
Menggunakan kamera IMAX untuk merekam 1 jam adegan aksi dalam sebuah film bukan perkara mudah, apalagi jika hasilnya sangat spektakuler dan epic. Wally Pfister kemungkinan akan mendapatkan piala Oscar keduanya.
Best Achievement in Art Direction
Nathan Crowley (Art Director) and Paki Smith (Set Decorator)
Kategori Art Direction adalah kategori yang paling sulit untuk dimenangkan pada ajang Oscar tahun depan karena ada film Les Miserables, Life of Pi, Cloud Atlas, The Great Gatsby, The Hobbit, dan lain sebagainya yang jelas akan menghadirkan berbagai set tempat yang amazing dan indah. 
Best Achievement in Sound Mixing
Kategori teknis ini sering dipenuhi oleh film - film big budget dan memiliki production value yang sangat tinggi. The Dark Knight Rises kemungkinan harus bersaing ketat dengan The Hobbit, Prometheus, The Avengers di kategori ini. 
Best Achievement in Film Editing
Kategori Best Film Editing biasanya diisi oleh film - film yang masuk nominasi Best Picture. Jadi, apabila TDKR berhasil masuk nominasi Best Picture, film ini kemungkinan juga akan mendapat nominasi di kategori Best Film Editing. 
Best Achievement in Sound Editing

Sama dengan Sound Mixing, kategori teknis ini sering dipenuhi oleh film - film big budget dan memiliki production value yang sangat tinggi. The Dark Knight Rises kemungkinan harus bersaing ketat dengan The Hobbit, Prometheus ataupun The Avengers di kategori ini.
Best Achievement in Visual Effects
Minimnya penggunaan efek CGI dalam sebuah film effects heavy seperti The Dark Knight Rises biasanya selalu menarik perhatian para juri Oscar. Namun, kategori ini kemungkinan sulit untuk dimenangkan, mengingat ada banyak film dengan Visual Effects spektakuler seperti Cloud Atlas, The Hobbit, dan Prometheus.
Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Score
Hans Zimmer
Musik gubahan Hans Zimmer dalam TDKR bisa dibilang adalah karya terbaiknya yang paling megah, epic dan begitu berhasil membangun mood film dengan sangat baik. Saingan Hans Zimmer lagi - lagi sangat berat untuk tahun ini, terutama Howard Shore lewat film The Hobbit dan John Williams lewat biopic Lincoln karya Steven Spielberg, namun bukan berarti beliau tidak memiliki kesempatan untuk masuk atau bahkan memenangkan nominasi Best Original Score.
Total : 10 Oscars 

You Might Also Like

4 comments

  1. Entah knp agak skeptis buat Oscar :( reviewnya gak se-bombastis pas TDK soalnya, Nolan walaupun udah 3x dpt nominasi Oscar tapi gagal mulu masuk nominasi Best Director. Dan kalo untuk film se-'acclaimed' TDK sampe Inception pun dia gagal, ragu jg dpt buat TDKR... tapi semoga aja gw salah, pihak Academy akhirnya mau ngasih kesempatan ke dia haha


    Yg menurut gw paling tinggi kans nya itu teknisnya, sound mixing/editing, cinematography, effects, etc. Dan semoga score nya gak di-diskualifikasi lagi kayak TDK :(

    ReplyDelete
  2. Tahun ini film - film oscar-nya (terlihat) berat2. Haha. Paling cuman bisa mejeng aja bro. Wahaha. Dari sisi teknis juga harus bersaing dengan Prometheus, The Hobbit, dsb. Juri Oscar kabarnya juga biasa - biasa aja dengan TDKR.
    Tapi, siapa tahu mau ngejar rating acara Oscar, TDKR bisa diselipin :p

    Overall, post ini gw buat just for fun aja. Hehe

    ReplyDelete
  3. Perasaan gw adegan aksi-nya nggak sampe 1 jam bro... 30 menit aja gw nggak yakin tu nyampe... wkwkwkwk...

    Kecuali kaya adegan2 model Batman ngendarain Batpod ama The Bat diitung juga... haha... XD

    Yach tapi gw dukung lah klo gelar mah, moga menang si TDKR ini... barang berapa kategori, yang penting bukan mahkota Box Office karna AVENGERS tetep harus yg jadi juara disitu... wkwkwkwk...

    Gelar mah nggak penting, cuma hasil pendapat doank... LOL (",) Klo uang baru penting, xixi...

    ReplyDelete
  4. nice post. setuju dengan Fariz, agak sangsi TDKR bisa masuk nominasi segi seni (directing, cinematography) di Oscar tahun depan. lebih mungkin TDKR diterima di segi teknisnya, terutama score sama sound-mixing. btw, ga ada cast yg mungkin dapat nominasi Oscar ya? :D

    salam kenal :)

    ReplyDelete

Just do it.