5+5 Summer Movies that should be Coming to Indonesia [+ News + Opinion]

8/04/2011 09:08:00 PM

[sebelumnya, posting ini tidak berniat untuk menjelek - jelekkan suatu pihak. Saya hanya berbicara fakta dan beropini.]
Masalah pajak film memang telah berakhir. Namun masalah impor - mengimpor film ternyata belum usai. Bagi yang setia mengikuti berita tentang kisruh film impor, tentu mengetahui kalau ada seseorang bernama You-Know-Who yang tidak suka dengan PT. Omega Film yang berhasil mengimpor Harry Potter, Transformers dsb, kemudian menuduh mereka monopoli, dan terus berkoar - koar ga jelas di Twitter. Usut punya usut, ternyata dia bete karena perusahaannya yang mengimport film hollywood non-MPAA, tidak memperoleh izin pengimporan dari MPAA. Asal tahu saja, importir yang dia miliki ini sama sekali tidak becus dalam membuat subtitle maupun kualitas kopi filmnya, dan juga film - film yang diimportnya sama sekali buruk secara kualitas, walau ada sedikit yang bagus seperti Lincoln Lawyer. Terakhir saya nonton Lincoln Lawyer, kualitas kopi filmnya sangat jelek, banyak scratch (film yang diimport oleh perusahaan milik 21 berkualitas lebih baik walau sudah diputar berulang - ulang di Jakarta kemudian diputar di kota lain. Contoh : Star trek, The Social Network, dsb), dan parahnya, subtitle-nya menggunakan font yang buruk, sudah begitu sering hilang dan bahasanya tidak enak dibaca. Terkesan sekali dibuat asal - asalan dan mirip dengan subtitle DVD Bajakan. Bagi yang berhubungan dengan perusahaan tersebut, jangan marah, tonton sendiri film kalian, dan buktikan kalau omongan saya benar =)

Kemudian, usaha si You-Know-Who belum berakhir. Ia bergabung dengan produser film Indonesia dan direktur bioskop terbesar kedua di Indonesia untuk membuat importir baru bernama Sinar Surya Sinema. Bayangkan, 21 sudah menyelamatkan bioskop terbesar kedua ini tetapi malah membuat importir baru untuk "menantang" grup 21. Memang tujuan mereka mau memberantas monopoli dan ikut menikmati keuntungan besar dari film blockbuster , tetapi ntah kenapa saya merasa mereka ini terlalu egois dan seperti anak kecil. Menurut saya, impor - mengimpor film ini sudah termasuk masalah bisnis, bukan masalah monopoli lah apalah toh fim - film MPAA akan dibagikan ke semua bioskop. MPAA bebas memilih importir kepercayaan mereka, sama seperti distributor barang elektronik atau barang lainnya. Lagian, apa sih yang mau dipermasalahkan kalau importir tersebut mengimpor semua film MPAA kalau pada akhirnya film - film tersebut diedarkan di semua bioskop? Bioskop lain tinggal bergabung dengan GPBSI, maka kalian akan diberi film MPAA ;-)
Kembali ke topik utama. Beberapa film summer sudah dipastikan tayang seperti : Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 (July 29), Transformers 3 (August 5), Kungfu Panda 2, Conan the Barbarian, Spy Kids 4 dan Fast Five. Hari ini ada 3 film keluaran Warner Bros yang sudah didaftarkan di LSF : Final Destination 5, Green Lantern (40 Copy), dan The Hangover 2. Terus terang, saya kecewa dengan film - film yang dipilih PT. Omega Film. Namun, ntah ini karena film Warner Bros paling mudah diimport atau kenapa, ketiga film ini kurang begitu diminati masyarakat dan pecinta film (kecuali bagi yang belum jenuh dengan Final Destination). Padahal masih banyak sekali film - film summer yang bisa mendongkrak pemasukkan besar sebut saja Thor, Pirates of the Caribbean : On Stranger Tides, X-Men First Class, dsb.
Atas dasar inilah saya membuat daftar 5 film summer lalu yang wajib diimport PT. Omega Film secepat mungkin sebelum Blu-Ray Rip-nya keluar, kalau mereka benar - benar ingin mendongkrak pemasukkan besar lagi (film di list tersebut tidak semua bagus) :
5. Thor
Film superhero milik Marvel kebanyakan laris manis di bioskop Indonesia. Walau sudah tidak fresh, masyarakat pasti masih akan tertarik menonton film ini karena keterkaitannya dengan The Avengers dan film ini sendiri, menurut saya cukup bagus [rating : 3.5/5]. 
Kemungkinan tayang : 90% - Kabarnya, Omega tengah mengusahakan film ini segera masuk.
4. X-Men First Class
Sama seperti Thor, film ini akan kemungkinan akan menyedot penonton. Walau sudah ada DVD kualitas R5-nya, X-Men First Class menurut saya adalah salah satu film superhero terbarik yang pernah ada [Review]. Teman - teman saya yang terpaksa menonton R5-nya sendiri juga mengaku bahwa mereka ingin menontonnya lagi di bioskop, kalau masuk.
Kemungkinan tayang : 90% - Awal Juni lalu, Omega sudah akan mengimport film ini. Sayangnya, diblokir pada saat itu. Namun, karena Omega sudah mengantongi izin import film ini, kita tinggal menunggu waktu saja.
3. Captain America : The First Avengers
Film ini adalah benang merah terakhir menuju proyek ambisius Marvel : The Avengers yang akan menggabungkan tokoh superhero Marvel yang sudah difilmkan. Apalagi film ini baru saja dirilis 22 July lalu, saya jamin film ini akan menyedot banyak sekali penonton.
Kemungkinan tayang : 90% - Sama seperti Thor, film ini tengah diusahakan untuk masuk. Apalagi film ini adalah film baru.
2. Cars 2 / The Smurfs / Zookeeper
Wah - wah.. ketiga film di atas kan tidak begitu bagus. Kenapa dimasukkan di nomor 2? 
Film anak - anak di Indonesia sangat laris manis. Apalagi mereka sudah berpuasa tidak menonton film anak - anak berkualitas semenjak Gnomeo and Juliet masuk bioskop Maret lalu. Contoh film anak - anak yang jelek tapi sangat ramai dan menghibur : Night at the Museum 2, Alvin and the Chipmunks 1-2, Gulliver's Travels, dsb.
Bisa dipastikan, ketiga film di atas bakal menyedot banyak penonton.
Kemungkinan tayang : 40% - OMG! Kenapa 40% saja?! Well, PT. Omega tampaknya belum berhasil melobi Columbia Pictures (The Smurfs, Zookeeper) dan Walt Disney Pictures (kabarnya, sangat susah dilobi).
1. Pirates of the Caribbean : On Stranger Tides
PotC 4 menggegerkan box office di seluruh dunia Mei lalu. Dan banyak sekali rakyat Indonesia mengenal franchise satu ini. Apalagi film ini juga ramah untuk anak - anak, bisa dipastikan PotC 4 akan menyedot banyak penonton kalau ditayangkan secepat mungkin.
Kemungkinan tayang : 40% - Walt Disney sangat susah dilobi!!

Beberapa film summer yang bagus / menarik menurut saya, namun belum tentu laris di Indonesia (meski ada kemungkinan bisa masuk bioskop Indonesia) :
5. Bridesmaids
Dengan rating 90% fresh di rottentomatoes, film ini dipuji - puji kritikus dan pecinta film. Banyak yang bilang film ini adalah The Hangover versi cewek. Sayangnya, film ini tidak akan laris di Indonesia karena saya jamin sebagian besar penduduk di Indonesia tidak pernah mendengar tentang film yang berhasil memperoleh US$ 247,6 million di seluruh dunia ini. 
Kemungkinan tayang : 5% - masih ada kemungkinan tayang. Mungkin seperti film The Hangover 1 yang tayang sangat terlambat.
4. Fright Night
Adalah sebuah remake film horror-komedi terkenal tahun 80-an. Seperti film remake kebanyakan, film ini bisa jadi buruk dan sulit untuk menyamai kualitas film terdahulunya (walau ada kemungkinan bagus), meski film Vampire ini dibintangi oleh aktor dengan kualitas akting baik : Colin Farell dan Anthon Yelchin. Konyolnya lagi, film ini dirilis dalam format 3D. Sekali lagi, Fright Night hanya terkenal di kalangan pecinta film.
Kemungkinan tayang : 20% - Film ini akan dirilis bersamaan dengan Spy Kids 4 dan Conan the Barbarian  pada tanggal 18 Agustus 2011. PT. Amero sudah mendistribusikan Spy Kids 4, sedangkan Conan didistribusikan oleh PT. Parkit (bersiaplah dengan subtitles yang buruk). Kedua film tersebut tentu akan bisa menyedot banyak penonton, sehingga bisa jadi, Fright Night akan diimport belakangan, apalagi Fright Night didistribusikan oleh Walt Disney untuk wilayah asia.
3. Cowboys and Aliens
Tipikal film popcorn dan dianugerahi budget US$165 million, Cowboys and Aliens bercerita tentang peperangan antara Cowboy dengan Alien yang tentunya dipenuhi dengan adegan aksi penuh ledakan. Walaupun judulnya sangat konyol, film ini disutradarai oleh Jon Favreau (Iron Man 1-2) dan dibintangi oleh aktor papan atas : Daniel Craig & Harrison Ford. 
Dengan judul aneh dan masyarakat yang merasa asing dengan film ini, memperoleh tiket Cowboys & Aliens akan semudah membalik telapak tangan. 
Kemungkinan tayang : 80% - PT. Omega sudah berhasil melobi Universal (Fast Five sudah masuk LSF). Jadi tinggal menunggu waktu saja film ini tayang.
2. Rise of the Planet of the Apes
Saya masih ingat remake film pertamanya (Planet of the Apes) tayang 2 studio di Surabaya waktu saya masih SD dulu dan penuh dengan penonton. Kini kisah prequel-nya muncul dan mendapat review positif dari kritikus. Walau seri pertamanya laris, belum tentu masyarakat ingat akan film ini. Apalagi posternya juga buruk, sangat kontras dengan teknologi visual effects yang digunakan film ini sama dengan teknologi motion capture yang digunakan dalam film James Cameron's Avatar.
Kemungkinan tayang : 80% - Kalau X-Men First Class masuk, film ini pasti masuk karena distributornya sama : 20th Century Fox.
1. Super 8
Film ini adalah film alien invasion yang paling memuaskan tahun ini. Dengan menggabungkan konsep film E.T dan Cloverfield, film garapan J.J Abrams ini sangat bagus, mengharukan, menegangkan dan tidak akan membosankan untuk ditonton berkali - kali berkat dukungan akting berkualitas dari bintang - bintang mudanya serta naskah yang solid. [review]
Kemungkinan tayang : 50% - Green Lantern yang buruk dan flop di pasaran international saja tayang. Apalagi Super 8. Walau masyarakat asing dengan film ini, Super 8 kemungkinan bisa memperoleh pemasukan yang stabil berkat word-of-mouth dari orang yang sudah menonton film ini. 

You Might Also Like

2 comments

  1. that's the way bro! i hope captain america is on the cinemas soon, i really expecting this superhero movies bcause this movie is showing what being a superhero is all about. doesn't matter if S3 imports it as long as we can watch it on cinemas and you-know-who is not f**king about those monopoly s**ts again.

    Josh-R

    ReplyDelete
  2. Sudah saatnya beralih ke yang lebih mudah, bagi anda pecinta drama korea, sekarang telah hadir aplikasi MYDRAKOR cukup download di GooglePlay gratis, kamu bisa nonton film drama korea terbaik dan terbaru, MYDRAKOR pilihan yang pas untuk menonton dimana saja dan kapan saja.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete

Just do it.