2012's GREATEST MOMENTS

1/26/2013 05:42:00 PM



Rasa puas dan kecewa terhadap rentetan film-film yang dirilis tiap tahunnya memang senantiasa memberi goresan warna-warni di dalam kehidupan kita, khususnya para pecinta film. Dan tidak sedikit pula kejadian-kejadian tak terlupakan yang kita alami selama satu tahun, baik senang maupun duka, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perjalanan sinematik kita. Pada kesempatan kali ini, I mean pada post yang masih berhubungan dengan Cinephile’s Choice Awards kali ini, aku akan merangkum adegan-adegan dalam film rilisan tahun 2012 lalu yang masih enggan untuk membisikan ucapan selamat tinggal kepada memoriku, dan mungkin juga kepada memori anda. 



MINOR SPOILER AHEAD. PROCEED WITH CAUTION. 
-
-
-
-

10. Chronicle : A Little Great Robbery
Mungkin adegan ketika si Andrew merampok teman-temannya dapat dikatakan sebagai adegan paling singkat di antara adegan lainnya dalam daftar ini. Tapi Josh Trank mengerti betul apa arti keren dan perasaan serunya memiliki kekuatan layaknya superhero hingga aku tidak segan untuk mengklaim bahwa adegan ini adalah one of the coolest robbery scene I’ve ever seen. 15 menit terakhir dalam Chronicle juga tidak kalah kerennya.


9. Amour : The Killing
Ending film Amour memang sudah diletakan di awal film. Namun yang menjadi kejutan adalah bagaimana proses menuju endingnya. Sangat memilukan, tak terduga dan tak terlupakan. Bahkan aku sempat me-rewind adegan tersebut 3 kali sebelum memutuskan untuk move-on. 



8. Modus Anomali : The Last Piece of Puzzle
Adegan penghujung film Modus Anomali berhasil menunjukkan bahwa Joko Anwar benar-benar memiliki bakat dalam hal meramu twist penutup yang sekiranya dapat menjadi potongan puzzle terakhir yang menyempurnakan suguhan sinematiknya itu. Ini bukan masalah siapa, karena kita bisa menebaknya dari awal film, tetapi bagaimana hal tersebut bisa terjadi telah membuat para penontonnya ragu-ragu. Dan Mr. Anwar menjawab pertanyaan “bagaimana” itu secara sempurna sampai para penonton tidak dapat langsung mencerna bulat-bulat apa yang baru saja mereka lahap. Mereka tidak segan untuk mengunyahnya terus karena rasanya yang begitu lezat.


7. Killer Joe : Suck My Chicken
Aku tidak tahu harus bilang apa mengenai scene ini. Selain merupakan biang kerok rating NC-17, adegan ini juga merupakan contoh mix yang sempurna antara adegan mengilukan, sajian dark humor yang keterlaluan lucunya, dan menjijikan. Hasilnya? Pemahaman anda terhadap paha ayam goreng KFC tidak akan sama lagi. 


6. The Impossible : Tidal Wave
Scene pembuka film ini tidak main-main. J.A Bayona berhasil menyatukan visual effects megah, dosis emosional yang tinggi dan juga cengkeraman horror yang kuat, sehingga membuat adegan pembuka The Impossible ini tidak hanya menyejukkan mata seperti film disaster ala Roland Emmerich saja namun juga membuat penonton merasakan nuansa horror yang mencekam dan rasa real yang kuat. Hal inilah yang membuat adegan pembuka The Impossible ini sungguh impossible untuk dilupakan begitu saja. 


5. The Avengers : Battle of Manhattan
The Avengers is too good to be true. Tidak ada yang percaya bahwa proyek impian dan juga mustahil ini akhirnya bisa terwujud dan dibuat oleh tangan yang tepat pula : Joss Whedon, sang sineas legendaris pujaan para geek di seluruh dunia dan mungkin salah satu geek-born yang mengerti keinginan kaumnya. 30 menit terakhir dalam film ini yang super fun dan amazing telah membuktikan bahwa Joss Whedon mengerti. Shot 360 derajat geng Avengers mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu adegan film superhero yang paling ikonik dan paling keren yang pernah diciptakan. 


4. The Cabin in the Woods : Monsters Assembled
30 menit terakhir CitW jelas telah membuat para pecinta film geek-orgasm berkali-kali. Tidak hanya twist-nya yang tak terduga dan mengejek habis-habisan film horror mainstream, adegan tersebut juga dibuat dengan tingkat kekerenan, kejeniusan, kekreatifan dan fans-service yang tidak tanggung-tanggung. Puncaknya adalah cameo ikon Sci-fi yang menjadi otak di balik semua ini dan spontan para penonton yang paham ingin sekali berteriak "WOW!". 


3. Prometheus : The Abortion
Ridley Scott is the master of sci-fi. Yeah, gelar ini memang sering kita dengar dan memang tidaklah berlebihan kalau disematkan di dada beliau setelah aku menyaksikan adegan paling intens dan mengilukan di sepanjang tahun 2012 ini. Bahkan para cowok macho sekelas Ade Rai atau kakek-kakek The Expendables sekalipun, tidak akan berhasil melalui adegan ini tanpa menyipitkan mata sedikitpun* 

*menyaksikan adegan ini untuk pertama kalinya dan di bioskop.


2. The Dark Knight Rises : The Symbol of Gotham
Adegan penutup trilogi The Dark Knight versi Christopher Nolan ini sangat spektakuler, memuaskan, jenius, dan tak terlupakan, lengkap pula dengan twist berlapis-lapis khas Nolan yang pastinya akan membuat anda lupa menyedot oksigen. Klimaks TDKR ini juga dapat dikatakan sebagai adegan penutup pertama yang pernah digunakan untuk mengakhiri sebuah franchise film superhero (kebanyakan ditinggal menggantung begitu saja sebelum dianggap tuntas dengan proyek reboot). 
Ketika menyaksikan TDKR versi IMAX di Jakarta pada hari pertama, para penonton bertepuk tangan riuh menyambut credit title-nya yang diiringi oleh gubahan musik Hans Zimmer yang megah itu. Bukti bahwa ending film ini memang luar biasa. 


1. Les Misérables : I Dreamed a Dream
Adegan Anne Hathaway melantunkan tembang "I Dreamed a Dream" sungguh luar biasa mengagumkan dan unforgettable. Percikan emosinya yang begitu kuat sungguh sukses mengoyak hati dan melelehkan air mata di wajah siapapun yang masih memiliki hati nurani. Bahkan kabarnya Tom Hooper, sutradara film ini, dan para kru juga ikut menangis ketika Anne Hathaway beraksi di depan kamera. Jika Anne tidak berhasil menyabet piala Oscar berkat karakter Fantine-nya yang terus terbayang-bayang di pikiran ini, maka sesuatu benar-benar tidak beres dengan juri Academy Awards. 


Honorable Mentions 

The Hobbit : Game of Riddles "what's in my pockets?"
The Raid : Every Fighting Scenes / Mad Dog
Skyfall : Silhouette Fight / Fight in the Shadows
Looper : The End of a Loop
Men in Black 3 : The Full Circle
The Expendables 2 : Awesome Granpas are Awesome
Get The Gringo : An Explosion and an Umbrella 
The Grey : The Man and a Wolf


You Might Also Like

8 comments

  1. I Dreamed A Dream - Anne Hathaway ini memang terus teringat sampe sekarang. Dan kalo denger lagunya langsung merinding lagi. OUTSTANDING sekali.

    ReplyDelete
  2. sayang bgt kgk bisa nyaksiin Les Miserables di bioskop...di medan film ini cuma tayang bbrp hr, kgk ampe seminggu lgs turun layar, gw kirain masih sempat nonton di hr minggu...eh kgk taunya begitu cepat hilang dr peredaran , maybe akibat film ini yg sepi penonton, taulah film ini kan jenis drama musikal yg ud pasti kgk bisa diterima kalangan mainstream,jd berimbas flop penjualan tiket....yg gw heran film acak jadul super boring n ngantuk seperti Silent Hill malahan bs bertahan sebulan di bioskop Medan...speechless....:geleng2 pala

    ReplyDelete
  3. @Arul : Setuju sekali bro. Lagunya ga bikin bosan dan bener2 penuh emosi. :)

    @milk : What?! Sayang sekali!! Harusnya langsung nonton di hari pertama. Di surabaya sini juga ga rame, dan banyak yang ga bisa respect terhadap film ini. Cuman masih tayang sih. hehe.

    Masyarakat awam kebanyakan memang "menilai" dari poster dan juga sisi hiburannya saja, tidak peduli cerita, karakter, dsb. Pokoknya seru berarti bagus. :(

    ReplyDelete
  4. saya juga surabaya nih. kmrn pas nonton Les Miserables lumayan banyak. Tapi satu persatu keluar dari bioskop dan gak balik. terus penontonnya bikin suasana jelek. Pas lagi meghayati dan emosional. Penontonnya sempet bilang "Mati aja pake dinyanyiin" suasana seketika berubah jadi emosi ke penonton lain.

    ReplyDelete
  5. @arul : O ya? Temenku bilang nggak rame waktu mereka nonton hari rabu minggu lalu.
    Aku nontonnya waktu midnight. haha. Lumayan penuh di tengah, banyak juga yang walk-out. Tapi tidak ada yang ribut untungnya, jadi bisa bener-bener menghayati :)

    ReplyDelete
  6. lumayan lah. seat tengah penuh kok. aku hari minggu lalu nontonnya di grand city. beneran deh penontonnya gitu banget. padahal lagi menghayati.

    ReplyDelete
  7. Dear Cinephile's Diary,ane usul donk...bikin judul "Unforgettable Twist Ending Movies"...coz ane termasuk penggemar movie yang punya ending klimaks dengan twistnya yang ngga terduga,contoh:SAW (ending yang menurut ane nendang :p)

    ReplyDelete
  8. @BSS : untuk unforgettable twist ending kyknya gw ga akan buat karena :
    1. pasti spoiler berat, kalo nggak gimana mau ceritain keistimewaannya :P

    2. Yang baca pasti orang-orang yang udah nonton aja.

    3. Comment section bakal jadi tempat yang mengerikan karena tentu gw belum nonton semua film dengan twist ending bagus. Nah kalau ada pembaca yang protes "kok film ini ndak ada di list! Endingnya kan begini, begini, begini" kan bahaya tuh bagi gw dan orang2 yang belum nonton...

    Berhubung gw paling anti dengan yang namanya spoiler berat kecuali udah ada di trailernya (bahkan post ini juga dibuat dengan spoiler seminim mungkin) kyknya post mengenai twist ending nggak akan gw buat. Sori ya :(

    ReplyDelete

Just do it.