2013 MOVIE GUIDE v1.2

1/03/2013 11:10:00 PM


2012 sudah berlalu dengan berbagai perilisan film-film blockbuster yang telah dinanti-nantikan sejak lama; sebut saja installment terbaru James Bond, penutup trilogi The Dark Knight, bagian kedua dari seri terakhir The Twilight Saga, prequel The Lord of the Rings yang akhirnya menjadi kenyataan, sampai proyek idaman para geek di seluruh dunia, The Avengers. Dan tahun 2013 ini ternyata juga tidak kalah hebohnya dengan kehadiran film reboot Superman yang akan menjadi akar film Justice League, episode ke dua dari The Hobbit, sequel film Star Trek yang telah dinanti-nantikan banyak orang, dan masih banyak lagi. Berikut daftar film-film high profile yang akan dirilis tahun ini!


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

RULES & HOW TO USE THIS MOVIE GUIDE
  1. Format movie guide : Studio, distributor / sutradara / genre / durasi / MPAA Rating (kalau sudah terdaftar)
  2. Tanggal tayang yang dipakai adalah tanggal perilisan film tersebut di Amerika.
  3. Film yang masuk dalam daftar di bawah ini hanya film-film Hollywood karena kebanyakan sudah memiliki tanggal rilis yang pasti.
  4. Movie Guide ini akan terus diupdate seiring dengan pengumuman perubahan jadwal rilis / penambahan film di slot tanggal tertentu dari pihak studio.
  5. Gambar-gambar adegan film yang ada di artikel ini sudah saya pastikan keasliannya. Beberapa gambar, terutama untuk film yang dirilis akhir tahun, masih berupa foto set.
  6. Mengingat tingkat kesulitan pembuatan movie guide ini sangat tinggi, saya akan sangat berterima kasih kalau para pembaca sekalian tidak mempublish artikel ini di sembarangan tempat tanpa seizin saya. 
  7. Share, tweet, like, comment, dan ralat / tambahan perihal Movie Guide ini adalah imbalan yang sangat saya harapkan dari kalian semua.
  8. Movie Guide ini juga dapat anda baca di www.muvila.com
  9. Akhir kata, jangan lupa tekan Ctrl + D (Windows) atau Command + D (Mac) karena ada kejutan menanti anda ;)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

UPDATES :


  1. Carrie diundur dari tanggal 15 Maret ke 18 Oktober 2013 (4/1/13)
  2. Film biography Steve Jobs yang dibintangi oleh Aston Kutcher, jOBS, akan dirilis bulan April 2013. Tanggal pastinya belum ada. (4/1/13)
  3. Tanggal rilis Evil Dead di Indonesia adalah 15 Mei 2013. (4/1/13)
  4. A Good Day to Die Hard akan dirilis dalam format IMAX (5/1/13)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


JANUARY 2013

Jan. 4


Texas Chainsaw 3D
Lionsgate / John Luessenhop / Horror, Thriller / 92 Minutes / R
Indonesia : coming soon to Blitzmegaplex

Texas Chainsaw adalah sequel langsung dari film pertama The Texas Chainsaw Massacre yang dirilis tahun 1974 silam dan sama sekali tidak berhubungan dengan sequel / remake / reboot / prequel yang sudah ada. 

A Dark Truth
Sony Pictures / Damian Lee / Action, Thriller / 106 Minutes / R
Indonesia : - 

Berkisah mengenai mantan agen CIA yang banting setir menjadi politikus. Dibintangi oleh Andy Garcia, Eva Longoria, Forest Whitaker. Film ini adalah film produksi Kanada. 

Jan. 11


Gangster Squad
Warner Bros. Pictures / Ruben Fleischer / Action, Crime, Drama / 113 Minutes / R
Indonesia : January 2013

Perilisan film ini sempat tertunda karena insiden penembakan di Aurora pada saat gala premiere film The Dark Knight Rises. Gangster Squad berkisah mengenai usaha LAPD untuk menjaga Los Angeles dari sentuhan para mafia pada tahun 1940-50an. Disutradarai oleh Ruben Fleischer yang film debutnya, Zombieland, mendapat sambutan hangat dari kritikus.

Quartet 
The Weinstein Company / Dustin Hoffman / Drama, Comedy / 98 Minutes / PG-13
Indonesia : - 

Debut aktor pemenang dua piala Oscar, Dustin Hoffman di kursi sutradara. Berkisah mengenai pensiunan penyanyi opera yang tinggal di bawah satu atap.

Jan. 18


The Last Stand
Lionsgate / Jee-woon Kim / Action / 107 Minutes / R
Indonesia : TBA 2013

Arnold Schwarzenegger kembali menjadi pemeran utama di film aksi yang berkisah mengenai seorang sheriff melawan bandar narkoba di Mexico. Debut internasional sutradara I Saw The Devil.

Mama
Universal Pictures / Andres Muschietti / Horror / 100 Minutes / PG-13
Indonesia : - 

Diadaptasi dari film pendek berjudul sama karya Andres Muschietti. Produser Guillermo Del Toro tertarik untuk mengadaptasinya ke layar lebar dengan bintang Jessica Chastain. Berkisah mengenai sepasang suami-istri yang mengasuh keponakannya yang ditinggal di hutan selama lima tahun. 

Broken City
20th Century Fox / Allen Hughes / Drama, Thriller / 109 Minutes / R
Indonesia : TBA 2013

Russell Crowe, Mark Wahlberg dan Catherine Zeta-Jones membintangi film thriller mengenai seorang mantan polisi yang terlibat dalam skandal istri walikota New York.

Jan. 25


Hansel and Gretel : Witch Hunters (3D)
Paramount Pictures / Tommy Wirkola / Action, Fantasy / R
Indonesia : January 2013 (Omega)

Perilisan film ini sempat tertunda selama nyaris satu tahun. Terinspirasi dari dongeng klasik, film ini berkisah mengenai Hansel (Jeremy Renner) dan Gretel (Gemma Arterton) yang sudah tumbuh dewasa dan menjadi pemburu para penyihir.

Parker
Film District / Taylor Hackford / Action / 118 Minutes / R
Indonesia : January 2013

Duet Jason Statham-Jennifer Lopez membintang film aksi yang berkisah mengenai seorang perampok yang hendak merampok kawanan perampoknya setelah ia dikhianati. Film Parker pasti tayang di Indonesia, secara Jason Statham adalah salah satu bintang aksi laga yang digemari masyarakat tanah air. 

Movie 43
Relativity Media / Comedy / R

Film komedi hasil keroyokan bintang film papan atas Hollywood dengan banyak kisah di dalamnya. Dibintangi oleh Hugh Jackman, Uma Thurman, Kate Winslet, Gerard Butler, Richard Gere, Naomi Watts, Emma Stone, hingga Elizabeth Banks yang juga bertindak sebagai satu dari sepuluh sutradara film ini. 

FEBRUARY 2013

Feb. 1


Warm Bodies
Summit Entertainment / Jonathan Levine / Romance, Comedy, Horror / 97 Minutes / PG-13
Indonesia : February 2013

Setelah vampir yang jatuh cinta dengan manusia, kini giliran kisah cinta antara zombie dengan manusia. Summit sangat mengharapkan agar film ini dapat mengekor kesuksesan saga Twilight.

Bullet to the Head
Warner Bros. Pictures / Walter Hill / Action / 91 Minutes / R
Indonesia : TBA 2013

Usia Sylvester Stallone yang sudah menginjak 66 tahun tidak dapat menghentikannya untuk melakukan banyak adegan aksi yang menuntut daya fisik lebih. Setelah tampil di The Expendables 2 tahun lalu, kini gilirannya untuk berduet dengan Sung Kang (Fast Five) dan Jason Momoa (Conan the Barbarian) di film aksi bergaya 80-an ini. 

Feb. 8


Side Effects
Open Road Films / Steven Soderbergh / Thriller
Indonesia : -

Film terakhir Steven Soderbergh sebelum ia terjun di dunia televisi. Thriller seputar dunia farmasi ini dibintangi oleh Channing Tatum, Rooney Mara, Catherine Zeta-Jones, dan Jude Law.

Identity Thief
Universal Pictures / Seth Gordon / Comedy, Crime
Indonesia : -

Film komedi mengenai seorang businessman, Sandy (Jason Bateman) yang memburu pencuri identitasnya yang tidak lain adalah seorang wanita gemuk bernama Diana (Melissa McCarthy). Disutradarai oleh sutradara Horrible Bosses.

Feb. 13


Beautiful Creatures
Warner Bros. Pictures / Richard LaGravenese / Fantasy / PG-13
Indonesia : TBA 2013

Film fantasy-supernatural unggulan Warner Bros. yang diharapkan dapat menjadi pengganti franchise Harry Potter. Diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Kami Garcia, film ini berkisah mengenai seorang pria bernama Ethan yang bertemu dengan Lena, seorang penyihir misterius yang menyimpan rahasia besar keluarganya. 

Feb. 14


A Good Day to Die Hard (IMAX)
20th Century Fox / John Moore / Action / PG-13
Indonesia : February 13, 2013 (official site)

Installment ke lima Die Hard yang kembali dibintangi oleh Bruce Willis. Ia kini beraksi diela Moscow bersama putranya, Jack Mc.Clane (Jai Courtney) yang ternyata adalah seorang agen CIA profesional. Hari Valentine tahun ini akan berbeda dari biasanya. 

Safe Haven
Relativity Media / Lasse Hallstrom / Romance / PG-13
Indonesia : -

Film adaptasi novel Nicholas Sparks dengan alur cerita yang kurang lebih sama dengan karya-karya beliau sebelumnya : kisah cinta antar dua insan yang dihantui oleh masa lalu. Dibintangi oleh Josh Duhamel dan Julianne Hough.

Escape from Planet Earth (3D)
The Weinstein Company / Cal Brunker / Animation / PG
Indonesia : -

Film animasi ini berkisah mengenai sekelompok alien yang hendak menyelamatkan teman-temannya dari Area 51. Cal Brunker sebelumnya berkerja sebagai storyboard artist film animasi sukses Horton Hears a Who!, Despicable Me, dan Ice Age Continental Drift.

Feb. 22


Snitch
Summit Entertainment / Ric Roman Waugh / Action / PG-13
Indonesia : TBA 2013
Dwayne Johnson memerankan sosok jagoan yang hendak menyelamatkan putranya yang dijebak di sebuah transaksi narkoba. Disutradarai oleh Ric Roman Waugh yang sebelumnya adalah seorang stuntman.

Dark Skies
Dimension Films / Scott Charles Stewart / Horror
Indonesia : -

Kehidupan keluarga Barret yang damai berubah drastis setelah rentetan kejadian aneh meneror mereka. Sebuah alur cerita yang cliche untuk sebuah film horror. Semoga hasil akhirnya tidak mengecewakan seperti film Scott Charles Stewart sebelumnya, Legion dan Priest. 
Film ini dibintangi oleh aktor cilik Dakota Goyo yang tengah naik daun setelah memerankan Thor kecil dan Max Kenton di film Real Steel.

MARCH 2013

Mar. 1


Jack The Giant Slayer (3D)
Warner Bros. Pictures / Bryan Singer / Adventure, fantasy / PG-13
Indonesia : March 1, 2013 (official site)

Awalnya, film ini akan dirilis bulan Juni 2012 lalu, namun karena satu dua hal, film terbaru arahan Bryan Singer tersebut baru dirilis bulan Maret tahun ini dan mengalami perubahan judul dari Jack The Giant Killer menjadi Jack The Giant Slayer. Kisahnya sendiri diadaptasi dari dongeng klasik terkenal, di mana Jack (Nicholas Hoult) berusaha menyelamatkan putri raja yang diculik oleh raksasa. 

Stoker 
20th Century Fox / Chan-wook Park / Drama, Horror, Thriller / 98 Minutes / R
Indonesia : TBA 2013

Chan-wook Park, sutradara film Oldboy, akhirnya melakukan debut film berbahasa Inggris-nya melalui film berjudul Stoker. Menariknya lagi, naskah film ini ditulis oleh Wentworth Miller yang sebelumnya adalah seorang aktor (Prison Break, Resident Evil Afterlife). 
Stoker bercerita mengenai keluarga Stoker yang baru saja kehilangan sosok kepala keluarganya akibat kecelakaan. Suatu ketika, seorang saudara dekat keluarga tersebut tiba-tiba muncul di hadapan mereka dengan motif misterius dan tak terduga. Stoker dibintangi oleh Mia Wasikowska, Nicole Kidman, dan Matthew Goode.


The Last Exorcism Part II
CBS Films / Ed Gass-Donnelly / Horror
Indonesia : -

Sequel langsung dari film The Last Exorcism ini ternyata tidak diproduksi lagi oleh Lionsgate, melainkan berpindah tangan ke CBS Films. Eli Roth masih duduk di kursi Produser.

Mar. 8


Oz : The Great and Powerful (3D)
Walt Disney Pictures / Sam Raimi / Adventure, Fantasy / PG
Indonesia : March 7, 2013 (official site)

Berusaha mengekor kesuksesan Alice in Wonderland, Disney menghadirkan kisah prequel The Wizard of Oz yang berfokus pada petualangan seorang pesulap (James Franco) yang tidak sengaja terbawa tornado hingga terdampar di Oz. Disney menunjuk Sam Raimi untuk mengomandani proyek ini dengan kucuran budget $200 juta. Semoga Oz : The Great and Powerful tidak flop seperti film budget raksasa Disney sebelumnya, Mars Needs Moms dan John Carter, yang juga dirilis di bulan Maret.

Dead Man Down
Film District / Niels Arden Oplev / Action, Thriller / R
Indonesia : -

Film debut sutradara The Girl with the Dragon Tattoo versi Swedia di Hollywood ini mengisahkan seorang perempuan bernama Beatrice yang menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi ketua gangster di New York. Dibintangi oleh Colin Farrell, Noomi Rapace, Dominic Cooper, dan Terrence Howard.

Mar. 15

The Incredible Burt Wonderstone
New Line Cinema / Don Scardino / Comedy
Indonesia : -

Steve Carell, Jim Carrey, Olivia Wilde, Alan Arkin dan Steve Buscemi membintangi film mengenai persaingan antar pesulap ini. Dilihat dari keterlibatan aktor komedian papan atas, The Incredible Burt Wonderstone layak untuk ditunggu.

Mar. 22


The Croods (3D)
DreamWorks Animation / Kirk De Micco & Chris Sanders / Adventure, Animation / PG
Indonesia : March 22, 2013 (official site)

The Croods adalah film animasi DreamWorks pertama yang akan didistribusikan oleh 20th Century Fox (sebelumnya dipegang oleh Paramount). Film ini mengambil setting jaman purbakala, di mana sebuah keluarga pergi berpetualang di dunia baru yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya. Seperti biasa, aktor-aktris papan atas Hollywood ditunjuk untuk mengisi suara karakter-karakter di film ini, di mana tiga di antaranya adalah Nicholas Cage, Emma Stone dan Ryan Reynolds.  

Mar. 29


G.I. Joe : Retaliation (3D)
Paramount Pictures / John M. Chu / Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : March 27, 2013 (official site)

Paramount telah melakukan tindakan tak terduga tahun lalu dengan mengundur perilisan G.I. Joe 2 untuk dikonversi ke dalam format 3D dan juga melakukan syuting ulang beberapa adegan. Sequel G.I Joe yang juga bertindak sebagai reboot ini akan melanjutkan ending film pertamanya, di mana pentolan Cobra telah menyusup ke dalam sistem politik Amerika dan melakukan aksi terorisme di seluruh dunia. Kelompok G.I Joe yang dituduh sebagai teroris berusaha bangkit dan memusnahkan kelompok Cobra.

The Host
Open Road Films / Andrew Niccol / Romance, Fantasy, Sci-fi / PG-13
Indonesia : March 2013

Film adaptasi dari novel karya Stephenie Meyer (Twilight) ini berkisah ketika alien berupa parasit telah menguasai dunia. Melanie Stryder (Saoirse Ronan) yang juga terinfeksi parasit ini ternyata sanggup mengendalikan tubuhnya dan berjuang untuk membebaskan manusia dari invasi alien. Dilihat dari pemeran karakter utama dan pemilihan sutradara Andrew Niccol yang piawai dalam membuat film sci-fi, The Host terlihat menjanjikan.

The Place Beyond the Pines
Focus Features / Derek Cianfrance / Drama, Crime / 140 Minutes / R
Indonesia : -

Berkisah mengenai seorang stuntman yang merampok demi mencukupi kebutuhan keluarganya.
Kolaborasi kedua antara Ryan Gosling dengan Derek Cianfrance setelah film Blue Valentine yang dipuji-puji ini layak untuk ditunggu.

APRIL 2013

Apr. 5


The Heat
20th Century Fox / Paul Feig / Action, Comedy / R
Indonesia : -

Seorang agen FBI Sarah Ashburn (Sandra Bullock) bekerja sama dengan polisi Boston Shannon Mullins (Melissa McCarthy) berjuang memberantas bandar narkoba. Disutradarai oleh Paul Feig (Bridesmaids), cerita yang cliche ini dapat disulap menjadi film aksi komedi cerdas yang layak ditunggu.

Jurassic Park (3D re-release)
Universal Pictures / Steven Spielberg / Action, Adventure, Sci-fi / 127 Minutes / PG-13
Indonesia : April 2013

Menyambut ulang tahun ke-20 Jurassic Park, Universal berencana untuk merilis ulang film ini ke bioskop dalam format 3D dengan tanggal rilis yang nyaris sama dengan Titanic 3D tahun lalu. Usut punya usut, rencana rilis ulang ini juga bertujuan untuk mengumumkan kepada masyarakat bahwa Jurassic Park 4 akan dirilis tahun 2014 mendatang.

Apr. 12


Evil Dead
Sony Pictures / Fede Alvarez / Horror / 90 Minutes / R
Indonesia : May 15, 2013

Proyek remake Evil Dead, salah satu franchise horror paling populer, ini akhirnya menjadi kenyataan. Sam Raimi dan Bruce Campbell yang duduk di kursi producer sudah dapat dijadikan jaminan mutu bahwa film ini tidak akan mengecewakan para penggemar berat Evil Dead.

To The Wonder
Magnolia Pictures / Terrence Malick / Romance / 112 Minutes / R

Film Terrence Malick yang perilisannya memiliki jangka waktu paling pendek di sepanjang karirnya, yakni hanya selang dua tahun setelah perilisan The Tree of Life tahun 2011 lalu. Film yang dibintangi Ben Affleck, Rachel Mc.Adams, Javier Bardem, dan Olga Kurylenko ini akan berkisah mengenai cinta segitiga antara Neil, Jane dan Marina. Sama seperti karya-karya beliau sebelumnya, To The Wonder lebih berat di studi karakter dan puisi visual yang indah daripada alur cerita.

Scary Movie 5
Dimension Films / Malcolm D. Lee / Horror, Comedy
Indonesia : TBA 2013

Paranormal Activity kali ini menjadi topik utama installment ke lima film parodi ini yang proses produksinya tertunda sampai enam tahun. Sayang, Anna Faris tidak kembali. 

Apr. 19


Oblivion (IMAX)
Universal Pictures / Joseph Kosinksi / Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : April 2013

Universal lagi-lagi mencuri start summer dengan film petualangan sci-fi yang diadaptasi dari komik karya Joseph Kosinski (Tron Legacy) yang tidak lain adalah sutradara film ini juga. Oblivion berkisah mengenai seorang repairman yang ditugaskan ke bumi yang pada saat itu sudah hancur akibat peperangan antara manusia melawan pasukan alien Scavs. Suatu ketika, ia menemukan sebuah pesawat yang terdampar di bumi ketika ia bertugas. Isi pesawat itu ternyata mengubah segalanya dan membuat nasib manusia berada di tangannya. Film berbudget $140 juta ini dibintangi oleh Tom Cruise, Morgan Freeman, dan Olga Kurylenko.

Apr. 26


Pain & Gain
Paramount Pictures / Michael Bay / Action, comedy
Indonesia : TBA 2013

Proyek idaman Michael Bay ini akhirnya dikabulkan oleh Paramount. Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini menceritakan mengenai sepak terjang dua orang body builder, Daniel Lugo (Mark Wahlberg) dan Paul Doyle (Dwayne Johnson) yang terlibat dalam kasus perampokan dan penculikan.
Pain & Gain ini sedianya menjadi film drama-komedi pertama Michael Bay. Sayang, dalam proses pembuatannya, film ini justru banting setir menjadi film action-comedy dengan beberapa adegan muntahan peluru, slow-motion, dan ledakan di dalamnya. Khas Michael Bay.

MAY 2013

May 3


Iron Man 3 (3D)
Walt Disney Pictures / Shane Black / Action, Sci-fi / PG-13
Indonesia : May 2013

Iron Man 3 adalah awal dari phase 2 Marvel Cinematic Universe dan mengisahkan mengenai usaha Tony Stark (Robert Downey Jr.) melawan musuh terbesarnya, The Mandarin (Sir Ben Kingsley) yang telah menghancurkan segala yang dimiliki Tony. Shane Black mengungkapkan bahwa film ini adalah film keluaran Marvel yang paling kelam dan kompleks. 

May 10 


The Great Gatsby (3D)
Warner Bros. Pictures / Baz Luhrman / Drama, Romance / PG-13
Indonesia : May 2013

Film ini mengalami kemunduran jadwal rilis karena para petinggi Warner Bros merasa bahwa film The Great Gatsby ini lebih cocok sebagai film summer. Keputusan ini terealisasi setelah mereka melakukan screening. Semoga hal ini adalah pertanda baik untuk film adaptasi novel klasik karya F. Scott Fitzgerald berbudget $127 juta ini.

May 17


Star Trek : Into Darkness (3D)
Paramount Pictures / J.J. Abrams / Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : May 2013

Sequel Star Trek ini dapat dikatakan sebagai salah satu film yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Trailer dan juga preview 9 menitnya mendapat sambutan meriah dari para trekies dan pecinta film. Sayang, detil plotnya masih dirahasiakan. Namun yang pasti, seluruh pemeran utama Star Trek akan kembali di sequelnya dengan tambahan Benedict Cumberbatch yang akan berperan sebagai tokoh antagonis.

May 24


The Fast and the Furious 6
Universal Pictures / Justin Lin / Action, Adventure / PG-13
Indonesia : May 2013

Adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena salah seorang aktornya, Joe Taslim, berhasil tembus ke skala internasional. Tidak tanggung-tanggung, Joe langsung terlibat di film high profile berbudget besar, The Fast and the Furious 6, dan berakting bersama dengan bintang laga papan atas Hollywood. Plot-nya masih belum diketahui, namun yang pasti film ini akan menghadirkan kembali kekasih Dom, Letty (Michelle Rodriguez), yang dipercaya telah meninggal di film Fast and Furious (seri ke 4).

The Hangover Part III
Warner Bros. Pictures / Todd Phillips / Adventure, Comedy / R
Indonesia : May 2013

The wolfpack is back, again. Setelah mengecewakan para penonton karena kemiripan The Hangover II dengan installment pertamanya, Todd Phillips berjanji bahwa sequel ketiganya ini akan tampil berbeda dengan seri pertama dan kedua. Seluruh cast-nya kembali memerankan karakter mereka masing-masing.

Epic (3D)
20th Century Fox / Chris Wedge / Action, Adventure, Fantasy, Animation
Indonesia : May 22, 2013 (official site)

Tidak mau kalah dengan Disney dan DreamWorks, 20th Century Fox bersama dengan Blue Sky kembali merilis film animasi unggulannya bulan Mei mendatang. Diadaptasi dari buku anak-anak berjudul “The Leaf Men and the Brave Good Bugs” karya William Joyce, Epic berkisah mengenai seorang remaja yang menyusut ukurannya secara magis dan terlibat dalam peperangan antar makhluk penghuni hutan. Film ini disutradarai oleh seorang pemenang Oscar yang bertanggung jawab atas kesuksesan Ice Age dan Robots.

JUNE 2013

June 7


After Earth
Columbia Pictures / M. Night Shyamalan / Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : June 2013

M. Night Shyamalan kembali duduk di kursi sutradara setelah hiatus selama tiga tahun semenjak perilisan The Last Airbender. After Earth menampilkan kembali duet ayah-anak Will Smith dan Jaden Smith yang kali ini terdampar di planet bumi yang sudah tidak dihuni manusia selama 1000 tahun. Semoga film ini dapat memperbaiki nama M. Night Shyamalan di mata penikmat film.

Now You See Me
Summit Entertainment / Louis Letterier / Action, Thriller / PG-13
Indonesia : June 2013
Film terbaru arahan Louis Letterier (The Transporter, Clash of the Titans) dengan premise yang amat menarik : sekelompok pesulap ahli yang hendak merampok bank. Film berbudget $70 juta ini dibintangi oleh aktor-aktor yang sudah tidak asing di telinga lagi : Jesse Eisenberg, Isla Fisher, Woody Harrelson, Mark Ruffalo, Morgan Freeman dan Michael Caine.

Much Ado About Nothing
Lionsgate / Joss Whedon / Drama, Romance / 107 Minutes  
Indonesia : -

Inilah bagaimana cara Joss Whedon “beristirahat” dari kesibukannya dengan proyek film The Avengers. Proses syuting film yang diadaptasi dari drama romance karya William Shakespeare ini hanya memakan waktu 12 hari saja. Much Ado About Nothing akan dirilis dalam format hitam putih.

June 14


Man of Steel (3D)
Warner Bros. Pictures / Zack Snyder / Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : June 14, 2013 (official site)

Film reboot Superman hasil duet maut sutradara Zack Snyder dan produser Christopher Nolan ini merupakan film superhero yang paling dinanti-nantikan oleh pecinta film di seluruh dunia dan merupakan tahap awal dari proyek raksasa Justice League yang akan bersaing langsung dengan The Avengers 2 di tahun 2015 nanti. 
Dengan tone yang kelam nan realistis ala Nolan dan juga tampilan visual yang cantik ala Snyder, Man of Steel adalah film yang tidak boleh anda lewatkan tahun ini. 

This is the End
Sony Pictures / Evan Goldberg & Seth Rogen / Sci-fi, Comedy, Adventure / R
Indonesia : TBA 2013

This is the End dapat dikatakan sebagai salah satu film paling unik tahun 2013 ini, di mana para aktor-aktris Hollywood memerankan diri mereka sendiri dalam menghadapi kiamat. Berikut beberapa aktor-aktris yang sudah pasti terlibat dalam film ini : Emma Watson, Seth Rogen, James Franco, Paul Rudd, Jay Baruchel, Jonah Hill, Jason Segel, Rihanna dan masih banyak lainnya.

June 21


World War Z
Paramount Pictures / Marc Foster / Sci-fi / Action, Adventure, Horror / PG-13
Indonesia : June 21, 2013 (official site)

World War Z bertukar jadwal dengan Jack Reacher di bulan Desember tahun lalu dengan beberapa alasan (salah satunya adalah syuting ulang beberapa adegan yang dinilai kurang memuaskan). Dilihat dari trailer yang sudah dirilis, Film yang dibintangi oleh Brad Pitt ini dapat dikatakan sebagai film zombie dengan skala paling epic yang pernah dibuat. 

Monster University (3D)
Disney-Pixar / Dan Scanlon / Adventure, Animation
Indonesia : June 2013

Film prequel pertama yang dibuat oleh Pixar, Monster University mengisahkan Mike dan Sulley ketika mereka masih kuliah dan belum bertemu dengan Boo. Dilihat dari premise-nya, proyek prequel ini memang terlihat kurang memiliki potensi untuk dapat menyamai kualitas film Monster Inc., tetapi semoga saja Disney-Pixar masih menyimpan banyak kejutan untuk para fans-nya.

June 28


Kick-Ass 2
Universal Pictures / Jeff Wadlow / Action, Comedy, Adventure / R
Indonesia : TBA 2013

Penghasilan Kick-Ass di tangga Box Office memang tidak begitu menggembirakan. Namun kepopuleran film ini yang terus meningkat dari tahun ke tahun berhasil mendorong Universal untuk memproduksi sequelnya yang akan dirilis bulan Juni nanti. Ceritanya sendiri melanjutkan akhir film sebelumnya, di mana Red Mist (Christopher Mintz-Plasse) menjadi tokoh antagonis dan berniat membalas dendam atas kematian ayahnya. Selain jajaran cast film sebelumnya yang kembali memerankan karakter mereka, komedian papan atas Hollywood, Jim Carey, ikut bergabung dalam kelompok superhero ini. 

White House Down
Columbia Pictures / Roland Emmerich / Action, Thriller / PG-13
Indonesia : TBA 2013

Setelah mencoba sesuatu yang berbeda lewat film Anonymous tahun 2011 lalu, Roland Emmerich kembali ke comfort zone-nya dengan menyutradarai film action berjudul White House Down.  Sesuai judulnya, film ini berkisah mengenai seorang agen secret service John Cale (Channing Tatum) yang ditugaskan untuk menyelamatkan Presiden Amerika (Jamie Foxx) setelah gedung putih diserang oleh sekelompok teroris. Banyak media luar yang menggambarkan kalau film ini adalah “Die Hard in the White House”.

JULY 2013

July 3


The Lone Ranger (3D)
Walt Disney Pictures / Gore Verbinski / Action, Adventure, Western / PG-13
Indonesia : July 2013

Kolaborasi Disney dengan Johnny Depp paska kesuksesan luar biasa Pirates of the Caribbean dan Alice in Wonderland masih terus berlanjut. Depp lagi-lagi diberi peran karakter eksentrik, Tonto, seorang suku pedalaman Amerika dengan topi burung di kepalanya yang akan mendampingi Armie Hammer dalam film remake The Lone Ranger. Film ini juga mengembalikan winning team franchise PotC, sutradara Gore Verbinski yang baru saja memenangkan piala Oscar lewat film animasi Rango (yang secara kebetulan bergenre Western juga), duo penulis PotC Ted Elliot-Terry Rossio, dan produser Jerry Bruckheimer. Sayangnya, proses produksi film ini sempat tersendat-sendat karena terkena banyak kendala, terutama karena kebutuhan budget yang terlalu besar ($250 juta) hingga membuat Disney sempat membatalkan proyek ini. 


Despicable Me 2 (3D)
Universal Pictures / Pierre Coffin, Chris Renaud / Comedy, Sci-fi, Animation / PG
Indonesia : July 2013

Despicable Me sempat menjadi sleeper hit di tahun 2010 lalu. Film ini sukses besar baik secara kualitas maupun pendapatannya di seluruh dunia yang mencapai $543,1 juta. Dengan prestasi  yang membanggakan itu, Universal dan Illumination Entertainment segera menyiapkan sequel dari film Despicable Me yang siap tayang bulan July nanti dan juga spin-off dari karakter ikonik film ini : Minions yang siap tayang tahun 2014. Aktor senior Al Pacino juga berhasil digandeng untuk mengisi suara karakter antagonis Despicable Me 2 yang plotnya kurang lebih akan berhubungan dengan alien. 

July 12


Pacific Rim (3D)
Warner Bros. Pictures / Guillermo Del Toro / Action, Sci-fi / PG-13
Indonesia : July 2013

Setelah 6 tahun tidak duduk di kursi sutradara dan hanya menjadi producer serta creative consultant untuk film-film animasi DreamWorks, Guillermo Del Toro akhirnya bersedia untuk mengomandani proyek raksasa Warner Bros yang berjudul Pacific Rim. Film ini bercerita mengenai usaha manusia melawan Kaiju, sosok monster raksasa yang muncul dari dasar lautan pasifik, dengan menggunakan pasukan robot raksasa bernama Jaegers. Meski konsep film ini terlihat seperti pengawinan antara Transformers dengan film-film monster Jepang seperti Godzilla (Kaiju dalam bahasa Jepang berarti monster raksasa), Guillermo Del Toro mengaku bahwa ia membuat Pacific Rim sebagai sesuatu yang baru dan orisinil.
Tom Cruise awalnya dipertimbangkan untuk memerankan salah satu karakter kunci film ini sebelum digantikan oleh Idris Elba (Thor, Prometheus). 

July 19


Turbo (3D)
DreamWorks Animation / Adventure, comedy, animation
Indonesia : July 2013

Turbo berkisah mengenai seekor siput bernama Theo yang baru saja mengalami kecelakaan yang membuat dirinya bisa “berlari” sangat cepat dan mengikuti kejuaraan balapan tingkat nasional sesuai dengan ia impikan selama ini. Lucunya, Ryan Reynolds juga turut ambil bagian menjadi pengisi suara film ini sehingga Turbo harus bersaing dengan filmnya yang dirilis pada hari yang sama, R.I.P.D. Paul Giamatti, Michael Pena, Michelle Rodiguez, Richard Jenkins, Ken Jeong, Snoop Dogg, dan Samuel L. Jackson ikut menyumbangkan suaranya untuk film ini.

R.I.P.D.
Universal Pictures / Robert Schwentke / Action, comedy, crime
Indonesia : TBA 2013

Diadaptasi dari komik rilisan Dark Horse berjudul “Rest in Peace Department”, R.I.P.D berkisah mengenai seorang polisi muda bernama Nick Cruz Walker (Ryan Reynolds) yang baru saja meninggal dan bergabung dengan kesatuan polisi alam baka untuk menemukan siapa yang membunuh dirinya. Jeff Bridges, Kevin Bacon, dan Mary-Louise Parker ikut membintangi film ini. Proses syuting film R.I.P.D sudah selesai sejak tanggal 28 Januari 2012 lalu.

The Conjuring
New Line Cinema / James Wan / Horror, Suspense
Indonesia : TBA 2013

Persembahan terbaru dari James Wan, sineas yang telah menciptakan Saw dan Insidious, The Conjuring mengisahkan tentang sebuah keluarga yang diteror oleh arwah yang tinggal di rumah baru mereka. Meski ceritanya sudah ribuan kali diangkat ke film horror, keahlian James Wan dalam menciptakan atmosfir kengerian yang luar biasa membuat The Conjuring layak untuk dinantikan. Mackenzie Foy yang baru-baru ini memerankan Renesmee di installment terakhir The Twilight Saga juga turut membintangi film ini bersama dengan Patrick Wilson dan Vera Farmiga.

July 26


The Wolverine (3D)
20th Century Fox / James Mangold / Action, Adventure, Fantasy / PG-13
Indonesia : July 2013

X-Men Origins : Wolverine memang mendapat sambutan yang tidak menggembirakan dari kritikus ataupun para penggemar berat X-Men akibat beragam kendala seperti proses produksi yang terburu-buru dan juga demo para penulis naskah di tahun 2008 lalu. Akan tetapi, kesuksesan film ini di tangga box office telah menumbuhkan rasa percaya diri 20th Century Fox untuk segera memproduksi sequel Wolverine yang akan mengambil setting di Jepang. Sineas kaliber Oscar, Darren Aronofsky (Black Swan) sempat ditunjuk untuk mengomandani film ini, sebelum ia mengundurkan diri dan digantikan oleh James Mangold (Knight and Day, 3:10 to Yuma). Installment X-Men pertama yang dirilis dalam format 3D ini diharapkan dapat menjadi franchise yang berdiri sendiri (dengan menghapus judul X-Men Origins). 

AUGUST 2013

Aug. 2


RED 2
Summit Entertainment / Dean Parisot / Action, Comedy / PG-13
Indonesia : August 2013

Dapat dikatakan sebagai versi halus dari The Expendables, RED juga mengumpulkan aktor-aktris tua untuk melakukan banyak adegan aksi. Film yang diadaptasi dari komik keluaran DC ini ternyata disukai banyak orang dan cukup sukses di tangga box office, sehingga tanpa pikir panjang, sekuel RED segera memasuki tahap produksi dan siap rilis bulan Agustus nanti. Anthony Hopkins, Catherine Zeta-Jones, David Thewlis, dan Lee Byun-Hun ikut memeriahkan jajaran cast papan atas film RED 2. 

300 : Rise of an Empire (3D)
Warner Bros. Pictures / Noam Murro / Action, Adventure, Fantasy / R
Indonesia : August 2013

Kesuksesan film 300 yang luar biasa telah membuat Frank Miller, penulis komik 300, bersedia untuk meneruskan kisah 300 ini dalam bentuk prequel dengan sub-judul Rise of an Empire yang ceritanya akan lebih fokus pada kehidupan Xerxes dan usahanya menjadi “The God King”. Sayangnya, Gerard Butler dipastikan tidak kembali (karena ini adalah film prequel) dan Zack Snyder hanya duduk di kursi produser kali ini karena ia memilih untuk fokus pada Man of Steel. Noam Murro diserahi tanggung jawab untuk menjadi sutradara dan semoga dapat menyamai tone visual serta style predesesornya.  

The Smurfs 2 (3D)
Sony Animation / Raja Gosnell / Animation, Comedy, Fantasy / PG
Indonesia : August 2013

Meski dihujani banyak kritikan pedas, proyek sekuel The Smurfs ternyata tetap berjalan. Dan dengan kembalinya Raja Gosnell di kursi sutradara, sepertinya Sony Animation sudah cukup puas dengan kualitas film pertamanya. Kisah The Smurfs 2 kurang lebih berfokus pada usaha para Smurfs dan Patrick Winslow (Neil Patrick Harris) untuk menyelamatkan Smurfette yang diculik oleh Gargamel. Jangan terlalu berharap lebih kalau The Smurfs 2 dapat tampil lebih baik dari predesesornya.

Aug. 9


Elysium 
Columbia Pictures / Neill Blomkamp / Action, Sci-fi, Thriller 
Indonesia : August 2013

Elysium bersetting di tahun 2159, ketika kelas manusia dibedakan menjadi dua : orang-orang kaya tinggal di stasiun luar angkasa bernama Elysium sedangkan sisanya tinggal di planet bumi yang sudah hancur dan tidak layak ditinggali. Matt Damon berperan sebagai Max, karakter yang berjuang untuk menghancurkan jurang pemisah antara yang kaya dan miskin. 
Elysium adalah film sci-fi terbaru dari sutradara Neill Blomkamp setelah film debutnya, District 9, mencapai kesuksesan luar biasa di tahun 2009 lalu. Sangat layak untuk ditunggu. 

Aug. 16


Percy Jackson : Sea of Monsters (3D)
20th Century Fox / Thor Freudenthal / Action, Adventure, Fantasy / PG
Indonesia : August 2013

Sekuel Percy Jackson akhirnya terwujud juga paska tiga tahun perilisan film pertamanya. Posisi Chris Columbus sebagai sutradara digantikan oleh Thor Freudenthal yang sebelumnya telah menangani Diary of Whimpy Kids. Kisahnya kali ini seputar petualangan Percy Jackson dan teman-temannya mengambil Golden Fleece (bulu emas) di Sea of Monsters demi menyelamatkan camp half-blood mereka dari serangan para Titans. Hampir semua cast utamanya kembali, kecuali aktor Pierce Brosnan yang digantikan oleh Anthony Head untuk perannya sebagai Chrion.

2 Guns
Universal Pictures / Baltasar Kormakur / Action, Crime 
Indonesia : TBA 2013

Film ini awalnya direncanakan untuk mempertemukan kembali Owen Wilson dan Vince Vaughn dalam satu film, namun akhirnya berubah haluan setelah sutradara Baltasar Kormakur ditunjuk untuk menangani film ini. Ia memilih untuk bekerja sama kembali dengan Mark Wahlberg setelah film Contraband mereka yang cukup sukses bulan Januari tahun lalu. Denzel Washington juga ikut bergabung sebagai pemeran utama. Sepertinya film ini akan mengikuti formula film Safe House (2012) yang juga dibintangi Denzel Washington.

Aug. 23


The Mortal Instruments : City of Bones
Screen Gems / Harald Zwart / Adventure, Fantasy, Romance
Indonesia : August 2013

Film ini diadaptasi dari seri pertama novel fantasi karya Cassandra Clare yang total berjumlah enam buku. Bisa ditebak, Mortal Instruments diharapkan dapat menjadi franchise yang dapat mengikuti jejak kesuksesan Harry Potter, Twilight ataupun The Hunger Games. Lily Collins dan Jamie Campbell Bower dipercaya untuk memerankan karakter utamanya. Sedangkan jabatan sutradara dipegang oleh Harald Zwart yang sebelumnya bertanggung jawab atas kesuksesan film remake The Karate Kid, baik secara kualitas maupun pendapatan box office-nya. 

Aug. 30

Insidious Chapter 2
Film District / James Wan / Horror
Indonesia : TBA 2013

Kisah Insidious Chapter 2 melanjutkan ending film pertamanya di mana sosok hantu perempuan tua itu kini telah menjadi parasit di tubuh Josh Lambert (Patrick Wilson) dan menteror keluarganya lebih dari sebelumnya. Ini adalah kali ketiga James Wan bekerja sama dengan aktor Patrick Wilson setelah Insidious dan The Conjuring.

Closed Circuit
Focus Features / John Crowley / Thriller
Indonesia : -

Premise film yang ditulis oleh Oscar nominee Steven Knight (Eastern Promises) ini berkisah seputar dua orang pengacara yang sempat menjalin hubungan asmara, Martin (Eric Bana) dan Claudia (Rebecca Hall), memutuskan untuk bergabung dalam pengadilan seorang teroris.  

SEPTEMBER 2013

Sep. 6


Riddick
Universal Pictures / David Twohy / Action, Adventure, Sci-fi, Thriller
Indonesia : September 2013

Vin Diesel kembali memerankan karakter Riddick di film sequel Pitch Black (2000) dan The Chronicles of Riddick (2004). Film ini mengetengahkan usaha balas dendam Riddick yang telah dibuang di planet terpencil dan berbahaya oleh kaumnya sendiri. Film Riddick kembali memasang rating R dengan kucuran budget $38 juta saja, sepertiga dari total budget film keduanya yang kurang sukses secara komersil. David Twohy, yang menyutradarai kedua film sebelumnya, kembali dipercaya untuk menangani installment ketiga Riddick.

Sep. 13


I, Frankenstein
Lionsgate / Stuart Beattie / Action, Horror, Thriller
Indonesia : September 2013

Diadaptasi dari komik karangan salah satu creator franchise Underworld, I, Frankenstein berkisah tentang sosok monster Frankenstein (Aaron Eckhart) yang terjebak di antara peperangan dua klan immortal. Kisah yang disadur I, Frankenstein akan lebih condong sebagai semi-sequel dari novel asli Frankenstein dan mengambil setting di dunia modern. Bill Nighy akan berperan sebagai tokoh antagonis. 

The Little Mermaid (3D re-release)
Walt Disney / Ron Clements, John Musker / Adventure, Animation, Fantasy / 83 Minutes / G
Indonesia : -

Setelah kesuksesan tak terduga The Lion King 3D tahun 2011 lalu, Disney semakin kecanduan untuk mengkonversi film-film suksesnya ke dalam format 3D. Untuk tahun ini, mereka akan merilis ulang film klasik The Little Mermaid dalam format 3D tepat satu bulan sebelum perilisan blu-ray Diamond Edition-nya.

Sep. 20


Rush
Universal Pictures / Ron Howard / Drama, Sport, Biography
Indonesia : -

Film biografi pembalap F1 Niki Lauda (Daniel Bruhl) yang berjuang mengalahkan saingannya, James Hunt (Chris Hemsworth), setelah mengalami kecelakaan maut di tahun 1976.  Dengan keterlibatan sutradara pemenang dua piala Oscar, Ron Howard (A Beautiful Mind) dan penulis naskah kaliber Oscar, Peter Morgan (The Queen, Frost/Nixon), sepertinya film ini akan menjadi kandidat kuat di ajang Academy Award 2014 nanti.

Prisoners
Warner Bros. Pictures / Denis Villeneuve / Drama, Crime, Thriller
Indonesia : -

Aktor-aktris kelas Oscar Hugh Jackman, Jake Gyllenhaal, Melissa Leo hingga Viola Davis, berkumpul di film Prisoners yang ditangani oleh Denis Villeneuve, sutradara yang mendapatkan nominasi Oscar berkat film hitnya tahun 2010 lalu, Incendies. Film ini berkisah mengenai seorang pria yang menculik orang yang diduga bertanggung jawab atas hilangnya putri dan temannya. Dilihat dari jajaran cast dan sutradaranya, Prisoners sepertinya akan menarik juri-juri Oscar.

Star Wars Episode 2 : Attack of the Clones (3D re-release)
20th Century Fox / George Lucas / Adventure, Fantasy, Sci-fi / 142 Minutes / PG
Indonesia : -

Rilis ulang film Star Wars Episode 2 dalam format 3D, mengikuti episode pertamanya yang sudah lebih dahulu dirilis tahun lalu.

Sept. 27


The Tomb
Summit Entertainment / Mikael Hafstrom / Action
Indonesia : September 2013

The Tomb kembali mempertemukan Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone dalam satu film yang berkisah mengenai seorang otoritas struktur keamanan bernama Ray Breslin (Stallone) yang berusaha melarikan diri dari penjara yang dia desain sendiri dan menemukan siapa yang menjebak dirinya.

Cloudy 2 : Revenge of the Leftovers (3D)
Sony Animation / Cody Cameron, Kris Pearn / Animation, Sci-fi, Fantasy
Indonesia : September 2013

Dalam sequel film animasi hit produksi Sony Animation, Cloudy with a Chance of Meatballs (2009) ini, Flint Lockwood harus berurusan lagi dengan mesin pencipta makanannya yang ternyata masih berfungsi dan menciptakan hewan yang berwujud seperti makanan. Sequel ini tidak ditangani lagi oleh duet Chris Miller-Phil Lord (21 Jump Street) yang tengah sibuk dengan proyek film adaptasi mainan Lego yang siap rilis tahun 2014 mendatang.

OCTOBER 2013


Oct. 4

Sin City 2 : A Dame to Kill For (3D)
Dimension Films / Frank Miller, Robert Rodiguez / Action, Crime, Thriller / R
Indonesia : TBA

Setelah delapan tahun masuk development hell, sequel film Sin City (2005) akhirnya resmi memasuki proses produksi tahun 2012 lalu dengan seluruh cast tampil kembali memerankan karakter mereka. Robert Rodiguez kembali duduk di kursi sutradara bersama dengan pengarang komiknya sendiri, Frank Miller. Sin City 2 akan difilmkan dengan kamera 3D.

Paranoia
Relativity Media / Robert Luketic / Drama, Thriller
Indonesia : -

Diadaptasi dari novel karya Joseph Finder berjudul sama,  Paranoia berkisah mengenai seorang karyawan baru yang memata-matai mentor atasannya demi keuntungan uang jutaan dolar. Keterlibatan aktor senior Gary Oldman, Richard Dreyfuss, Harrison Ford, dan aktor muda yang sedang naik daun, Liam Hemsworth, membuat film ini layak untuk dinantikan. 

Star Wars Episode III : Revenge of the Sith (3D re-release)
20th Century Fox / George Lucas / Adventure, Fantasy, Sci-fi / 140 Minutes / PG-13
Indonesia : -

3D re-release Star Wars Episode III segera menyusul hanya selang satu bulan setelah versi 3D Episode II-nya dirilis.

Oct. 11


Captain Philips
Columbia Pictures / Paul Greengrass / Drama
Indonesia : -

Diadaptasi dari kisah nyata, Captain Philips berkisah mengenai dirinya yang terlibat dalam kasus perampokan kapal kargo Amerika oleh sekelompok bajak laut Somali di tahun 2009. Ini adalah kasus perampokan kapal Amerika yang terjadi pertama kali setelah 200 tahun.
Captain Philips disutradarai oleh Paul Greengrass yang sudah angkat nama lewat film The Bourne Supremacy-Ultimatum dan United 93, sedangkan peran utamanya dipercayakan kepada Tom Hanks. Sungguh sebuah sasaran empuk piala Oscar.

Oldboy
Film District / Spike Lee / Action, Thriller, Mystery 
Indonesia : -

Remake film Korea populer berjudul sama ini awalnya akan ditangani Steven Spielberg dengan bintang Will Smith sebelumnya akhirnya dibatalkan dan diambil alih oleh sutradara yang sudah mengantongi dua nominasi Oscar, Spike Lee. Spike Lee berjanji bahwa film ini tidak hanya mengadaptasi film Korea-nya mentah-mentah, tetapi juga mengambil beberapa elemen dari komik aslinya. Film ini dibintangi oleh Josh Brolin, Elizabeth Olsen, Sharlto Copley dan Samuel L. Jackson. Apakah film remake Oldboy ini dapat menjadi the next Departed?

Oct. 18


The Seventh Son
Warner Bros. Pictures / Sergey Bodrov / Adventure, Fantasy 
Indonesia : October 2013

Sebuah film fantasi yang berkisah mengenai Thomas Ward (Ben Barnes) yang bersedia untuk dilatih oleh John Gregory (Jeff Bridges), seorang Spook tua yang tengah mencari penggantinya untuk menjaga kota dari serangan para penyihir dan makhluk-makhluk gaib lainnya. Lagi-lagi sebuah usaha dari Warner Bros untuk menggantikan franchise Harry Potter-nya. 




Carrie
Metro Goldwyn Mayer, Screen Gems / Kimberly Peirce / Horror / R
Indonesia : TBA 2013

Diadaptasi dari buah karya Stephen King, Carrie berkisah mengenai seorang remaja bernama Carrie yang sering diganggu oleh temannya hingga suatu ketika, kekuatan telekinesisnya mendatangkan malapetaka di kota ia tinggal. Remake film berjudul sama ini dibintangi oleh Chloe Grace Moretz dan Julianne Moore.

Oct. 25


The World’s End
Universal Pictures / Edgar Wright / Action, Comedy, Sci-fi
Indonesia : -

Proyek terakhir Edgar Wright sebelum ia terlibat sepenuhnya dalam pembuatan film Ant-Man, film superhero produksi Marvel yang akan dirilis setelah The Avengers 2 tahun 2015 nanti. Film ini juga kali ketiga Edgar Wright bekerja sama dengan Simon Pegg dan Nick Frost setelah film Shaun of the Dead dan Hot Fuzz. The World’s End berkisah mengenai lima orang kawanan manusia biasa yang tiba-tiba berubah menjadi satu-satunya kelompok yang dapat mencegah  

Paranormal Activity 5
Paramount Pictures / Horror
Indonesia : TBA 2013

Detil plot, cast, dan sutradara yang akan mengomandani film ini memang masih belum diketahui sampai pertengahan tahun nanti (apabila dilihat dari pola seri-seri sebelumnya). Namun Paramount sudah memastikan bahwa film ini akan dirilis akhir Oktober seperti predesesornya. 

NOVEMBER 2013

Nov. 1


Ender’s Game
Summit Entertainment / Gavin Hood / Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : November 2013

Premise film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini cukup menarik : sekelompok anak-anak berbakat dilatih khusus untuk menghadapi para alien yang sudah menginvasi bumi selama 70 tahun. Asa Butterfield, Harrison Ford, Abigail Breslin, Ben Kingsley, dan Viola Davis berakting dibawah arahan Gavin Hood yang sebelumnya menyutradarai film X-Men Origins : Wolverine; pilihan sutradara yang dapat dikatakan kurang bijak.

Mr. Peabody & Sherman (3D)
DreamWorks Animation / Rob Minkoff / Animation, adventure, Sci-fi
Indonesia : November 2013

Rob Minkoff, sineas yang telah menghasilkan salah satu film animasi terbaik sepanjang masa, The Lion King, digandeng oleh DreamWorks untuk membuat film animasi yang berkisah mengenai seorang anak jenius bersama anjingnya yang berusaha mengambil mesin waktu mereka yang dicuri dan meluruskan kembali sejarah yang perlahan-lahan mulai berubah.

Nov. 8


Thor 2 : The Dark World (3D)
Walt Disney Pictures / Alan Taylor / Action, Adventure / PG-13
Indonesia : November 8, 2013

Film superhero Marvel kedua yang dirilis tahun ini terlihat sangat menjanjikan karena Alan Taylor, sineas yang sukses mengadaptasi novel Game of Thrones menjadi serial TV yang luar biasa, duduk di kursi sutradara. Seluruh cast kembali memerankan karakter mereka kecuali peran Josh Dallas sebagai Fandral yang digantikan oleh Zachary Levy. Thor (Chris Hemsworth) kali ini akan melawan Malekith (Christopher Eccleston), pemimpin suku Dark Elves yang ternyata memiliki hubungan misterius dengan Loki di masa lalu. Thor 2 mengambil setting setelah event di film The Avengers. 

Nov. 22


The Hunger Games : Catching Fire (IMAX)
Lionsgate / Francis Lawrence / Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Indonesia : November 22, 2013

Meski Gary Ross tidak kembali duduk di kursi sutradara, Catching Fire tetap dinanti-nantikan para fans dan pecinta film di seluruh dunia, mengingat kesuksesan luar biasa The Hunger Games baik secara kualitas maupun pendapatan box office-nya yang memecahkan rekor di Amerika. 

Nov. 29

Frozen : concept art

Frozen (3D)
Walt Disney Pictures / Chris Buck, Jennifer Lee / Adventure, Fantasy
Indonesia : TBA 2013

Film animasi Disney yang ke-53 kali ini kembali mengadaptasi kisah dongeng karangan Hans Christian Andersen yang berkisah mengenai seorang putri bernama Anna (Kristen Bell) yang berpetualang mencari sosok Snow Queen untuk mengakhiri musim dingin abadi yang menimpa kerajaannya. Frozen terlihat sangat menjanjikan apalagi salah satu sutradaranya, Jennifer Lee, turut berperan dalam kesuksesan Wreck-it Ralph tahun lalu.

DECEMBER 2013

Dec. 13


The Hobbit : The Desolation of Smaug (3D)
MGM, New Line Cinema, Warner Bros. Pictures / Peter Jackson / Adventure, Fantasy / PG-13
Indonesia : December 13, 2013

Bagian kedua dari film The Hobbit ini akan melanjutkan petualangan Bilbo Baggins melawan Smaug, naga yang telah menguasai harta kerajaan para dwarfs. Namun di sisi lain, ia juga harus mempelajari cincin misterius yang ia temukan itu yang ternyata membawa dirinya ke petualangan yang jauh lebih berbahaya. Semoga Peter Jackson masih menyimpan banyak kejutan di The Hobbit 2 ini dan sanggup melampaui kualitas film pertamanya.

Dec. 20


Anchorman 2 : The Legend Continues
Paramount Pictures / Adam Mc.Kay / Comedy
Indonesia : -

Film ini kembali melanjutkan kisah penyiar berita nyentrik Ron Burgundy (Will Ferrell) dan kawan-kawan. Bersiaplah untuk berhadapan dengan rentetan bintang-bintang komedi papan atas Hollywood yang bergabung di sekuel film komedi sukses Anchorman : The Legend of Ron Burgundy (2004) ini.

Last Vegas
CBS Films / Jon Turteltaub / Comedy
Indonesia : -

Premise film ini dapat dikatakan mirip dengan The Hangover, di mana empat kawanan berumur 60-an yang masing-masing diperankan oleh para aktor pemenang Oscar--Robert DeNiro, Michael Douglas, Morgan Freeman, dan Kevin Kline, mengadakan pesta bujang di Las Vegas untuk satu-satunya teman mereka yang masih single. Jon Turteltaub (National Treasure 1-2) duduk di kursi sutradara.

Walking with Dinosaurs (3D)
20th Century Fox / Barry Cook, Neil Nightingale / Adventure, Sci-fi
Indonesia : TBA 2013

Diadaptasi dari serial TV dokumenter termahal sepanjang masa, Walking with Dinosaurs, film berbudget $80 juta ini mengisahkan mengenai dua orang kakak-adik yang mengikuti jejak sang ayah mencari dinosaurus di kutub utara. Ditangani oleh sutradara film animasi Mulan dan Arthur Christmas, sepertinya Walking with Dinosaurs akan menjadi film keluarga penutup tahun ini. 

Dec. 27


Jack Ryan
Paramount Pictures / Kenneth Branagh / Action, Thriller, Spy / PG-13
Indonesia : TBA

Chris Pine ditunjuk untuk memerankan karakter ikonik rekaan Tom Clancy ini dalam proyek film reboot Jack Ryan. Kenneth Branagh, sutradara film Thor, diserahi tanggung jawab untuk menyutradarai film yang bercerita mengenai agen CIA bernama Jack Ryan yang berusaha membongkar rencana Russia mengacaukan ekonomi Amerika dengan serangan teroris. 

47 Ronin (3D)
Universal Pictures / Carl Rinsch / Action, Drama
Indonesia : TBA

Salah satu proyek film blockbuster paling bermasalah yang dirilis tahun ini, mulai dari kendala budget yang melambung sampai $200 juta, tanggal rilis yang diundur sebanyak tiga kali (November 2012, Februari 2013, dan terakhir 27 Desember 2013), hingga para petinggi Universal yang kabarnya sangat membenci hasil akhir film ini sampai memecat sang sutradara, Carl Rinsch, dan tidak mengijinkannya terlibat dalam proses editing. Pemilihan cast-nya sendiri cukup nyeleneh karena Keanu Reeves akan berperan sebagai samurai berkebangsaan Jepang yang memimpin kawanan samurai lainnya untuk membalas dendam kematian gurunya.

TBA 2013

Daftar film-film yang belum memiliki jadwal rilis.

Alfonso Cuaron

Gravity (3D)
Warner Bros. Pictures / Alfonso Cuaron / Sci-fi, Thriller / PG-13

Gravity dapat dikatakan sebagai salah satu film sci-fi paling ambisius yang pernah dibuat. Film yang disutradarai oleh Alfonso Cuaron (Children of Men, Harry Potter and the Prisoner of Azkhaban) ini dibuat dengan teknik long-shot yang mendekati kata ‘mustahil’ dan tata visual effects yang sangat rumit sampai-sampai memaksa Warner Bros. untuk memundurkan jadwal rilis film ini hampir satu tahun lamanya (awalnya akan dirilis akhir tahun 2012). Gravity berkisah mengenai seorang astronot (Sandra Bullock) yang terperangkap di pesawatnya yang rusak setelah hujan asteroid sukses membunuh seluruh awaknya dan membuat pesawatnya tidak dapat pulang ke Bumi. Menariknya, 80% film ini hanya menampilkan Sandra Bullock seorang diri. Beberapa kritikus beruntung yang mengikuti audience test tahun lalu memuji film ini sebagai sebuah film survival mendebarkan dengan tata visual yang sangat revolusioner.


The Wolf of Wall Street
Paramount Pictures / Martin Scorsese / Drama, Thriller

Sutradara legendaris Martin Scorsese kembali bekerja sama dengan Leonardo diCaprio untuk kesekian kalinya dalam film thriller mengenai kasus korupsi di Wall Street yang sampai melibatkan mafia dan dunia perbankan. Jean Durjardin yang meraih piala Oscar lewat film The Artist turut membintangi film ini bersama dengan Jonah Hill, Jon Favreau dan Matthew McConaughey. The Wolf of Wall Street kemungkinan baru akan tayang akhir tahun 2013 demi menarik perhatian para juri Oscar.




You Might Also Like

3 comments

  1. Update selain dicantumkan di awal bisa juga langsung ditambahkan + dihighlight di konten guide :) just opinion.

    ReplyDelete

Just do it.