DEADPOOL (2016): MOVIE + 4DX REVIEW

2/13/2016 12:42:00 PM



Genre: Action, Sci-fi, Romance
Negara: Amerika
Distributor: 20th Century Fox Indonesia
Tanggal Rilis: 10 Februari 2016 (wide)
Format: Regular 2D, IMAX 2D, 4DX 2D, Sphere X 2D

Kehadiran 4DX di Indonesia tahun 2013 kemarin mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat dan pecinta film yang mengutamakan pengalaman menonton yang maksimal. Namun dengan harga tiket yang jauh lebih mahal (hampir dua kali lipat harga tiket reguler), tentu kalian harus lebih cermat memilih film mana yang layak ditonton dalam format 4DX dan mana yang cukup ditonton dalam format reguler. Jadi, apakah Deadpool layak disaksikan dalam format 4DX? Let’s find out!





Movie: 4.5/5

Dikucuri budget yang 'hanya' sebesar $58 juta, sutradara Tim Miller beserta tim marketing-nya menggunakan Ryan Reynolds dan segala resource yang ada sebaik-baiknya untuk mengangkat pamor proyek film Deadpool dari hanya sekedar 'mimpi basah' para fans-nya hingga menjadi sebuah global phenomenon. Hasilnya? Film ini sukses membuktikan bahwa ia tidak butuh budget raksasa untuk membuat film superhero yang luar biasa seru, penuh kejutan, dan membuat penontonnya terpingkal-pingkal dari awal film sampai akhir. 

About 4DX

4DX adalah teknologi bioskop yang dikembangkan oleh CJ Group, Korea, yang mengusung efek 4D seperti angin, kabut, air, bau, dan kilat untuk membuat penonton seolah-olah berada di dalam film. Konsep dasarnya seperti wahana film-film 4D yang sering kalian temui di Universal Studios, Disneyland, dsb, namun dengan layar dan tata suara yang sama seperti studio reguler. Bedanya, film yang diputar dalam format 4DX adalah film-film blockbuster produksi Hollywood dan beberapa film besar produksi Asia. Ada dua format film yang diputar di studio 4DX, yaitu 2D dan 3D, dengan harga tiket yang berbeda.

Aspect Ratio: 2.39:1 (full screen)

Layar yang dipakai CGV Blitz adalah wall-to-wall screen dengan aspect ratio (lebar layar) yang fix di 2.39:1 (wide).

Venue: 4DX CGV Blitz Surabaya

Dibandingkan dengan studio 4DX pertama yang terletak di CGV Blitz Grand Indonesia Jakarta, studio 4DX di Surabaya menggunakan teknologi yang lebih baru, terutama pada layar dan sound system-nya, dengan harga tiket yang jauh lebih murah. Hanya saja, studio 4DX di Surabaya sudah tidak lagi menggunakan semprotan udara di dekat telinga kiri dan kanan penonton.

Motion: 4/5

Bagian terbaik dari efek motion di film Deadpool terletak pada opening scene-nya. Simply the best 4DX effects I’ve ever experienced. Penonton akan dibawa berputar-putar dengan gerakan lembut dan dibuat seolah-olah kursi kita sedang melayang di ruang hampa udara. It’s really, really cool dan harus kalian rasakan sendiri untuk benar-benar mengerti apa yang saya bicarakan. Adegan aksi di jalan tol dan klimaks-nya juga mempunyai efek motion yang konsisten dengan ritme gerakan yang seru. Tapi sayang, meski dibuat dengan sangat baik, efek motion Deadpool tidaklah banyak, hanya di awal dan di akhir film.

Wind: 2.5/5

Efek angin di film Deadpool jarang muncul dan dominan di adegan yang melibatkan helikopter, ledakan, dan bantingan keras.

Lightning: 2.5/5

Efek lightning di studio 4DX bekerja seperti lampu kilat dan biasanya digunakan pada saat adegan badai, baku tembak di malam hari, pantulan cahaya, blitz pada kamera, dan lain-lain. Hanya ada tiga adegan yang menggunakan efek lightning: intro logo 20th Century Fox, adegan aksi di pertengahan film, dan adegan ledakan di penghujung film.

Tickle: -

Tidak ada efek menggelitik di film Deadpool. FYI, alat penggelitik 4DX terletak di belakang betis kalian dan bisa kalian rasakan pada waktu intro bumper 4DX.

Bubble: -

Tidak ada efek gelembung di film Deadpool.

Fog: 3.5/5

Efek kabut kebanyakan digunakan untuk menambah nuansa real pada adegan aksi. Biasanya efek tersebut keluar pada saat adegan yang melibatkan ledakan, asap, atau roda mobil yang melewati jalanan berpasir. Kabut dikeluarkan dari bagian bawah layar dan tidak terlalu pekat agar tidak mengganggu proyeksi gambar ke layar.

Water: 4/5

Now this is the most fun part. Hampir semua adegan yang melibatkan banyak cipratan darah selalu disertai dengan efek air. Ya, bayangkan serunya seperti apa!

Smell: 3.5/5

Total ada dua macam efek bau yang ada di film Deadpool. Yang pertama adalah bau logam dan yang kedua adalah bau gosong. Masih ingat dengan adegan Deadpool menghirup asap pistolnya? Ya, kita akan menghirupnya juga!





4DX Experience: 4/5

Setelah mencicip semua film 4DX semenjak debutnya di Surabaya bulan Desember 2015 kemarin, Deadpool mempunyai efek 4DX terbaik setelah Star Wars: The Force Awakens. Frekuensi efek 4DX-nya memang tidak banyak, tetapi bagaimana film ini menggabungkan berbagai macam efek 4DX yang ada untuk memberikan sensasi menonton yang benar-benar baru sungguh layak untuk diacungi dua jempol. Seperti, ketika Deadpool berada di mobil, penonton benar-benar merasakan sensasi sedang duduk di sampingnya. Atau waktu para musuh dibantai dan darah menyembur deras ke arah kamera, kita ikut merasakan efek basahnya juga. Atau ketika ledakan besar menimpa para karakter, semua efek 4DX, mulai dari A sampai Z, dikeluarkan untuk memberi kesan epik dan klimaks.

Efek 4DX tidak lagi digunakan sebagai gimmick belaka, tetapi sudah merupakan bagian dari narasinya. Bagus!


Ticket sponsored by IDFilmCritics.com



You Might Also Like

19 comments

  1. Seat yg recomended di row berapa ya? the best suitable seat for 4DX please biar gk nyesel udah bayar mahal2 hahaha

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing in this article , you may be useful and successful always .

    ReplyDelete

Just do it.