2016 MOVIE GUIDE: THE YEAR OF SUPERHEROES

1/14/2016 02:23:00 PM



2015 was a great year. Hollywood tengah membangun kembali kejayaan franchise-franchise hebatnya yang sempat mati suri selama beberapa tahun untuk generasi baru maupun fans setianya. Mulai dari Mad Max: Fury Road, Jurassic World, Creed, The Peanuts Movie, hingga Star Wars: The Force Awakens sukses membuktikan bahwa franchise berusia puluhan tahun ini masih mempunyai energi dan fanbase yang besar, meski di bayang-bayangnya juga ada Terminator: Genisys yang hancur lebur itu.

And 2016 is going to be a great year, too. 2016 adalah tahunnya supehero, di mana DC resmi memulai perang dengan Marvel. DC memajukan Batman v Superman dan Suicide Squad di bulan Maret dan Agustus sebagai gelombang pertama dari saga Justice League. Sementara Marvel memajukan Captain America: Civil War (atau bisa disebut juga Captain America v Iron Man) dan Doctor Strange di bulan Mei dan November. Oh, jangan lupa pula dengan franchise X-Men kebanggaan Fox yang juga merilis tiga film X-Men tahun ini: Deadpool, X-Men: Apocalypse, dan Gambit di bulan Februari, Mei, dan Oktober. Kemudian kita juga punya spin-off Harry Potter Fantastic Beasts and Where to Find Them dan Ghostbusters yang kembali ke layar lebar untuk menguji keloyalan fans setianya. Yes, it’s going to be a great year!

Keterangan:
(XXI): film yang hanya tayang di Cinema 21 / XXI.
(CGV): film yang hanya tayang di CGVBlitz, Cinemaxx, dan Platinum Cineplex.
(Wide): film yang tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia.

JANUARY 

January 1


THE HATEFUL EIGHT (70 MM)
Western / R
Director: Quentin Tarantino
Indonesia Release Date: January 2016 (XXI)

Mengambil set waktu beberapa tahun setelah perang saudara, delapan orang asing terperangkap di dalam sebuah kabin akibat badai salju.

The Hype: Aktor-aktris terkenal. Dialog-dialog magis. Humor kocak. Lagu pop tahun 70-80an. Adegan aksi berdarah-darah. Tribute ke film-film cult classic. And Samuel L. Jackson. Yep, semua masih ada di film ke delapan Quentin Tarantino.


ANOMALISA
Animation / R
Director: Charlie Kaufman & Duke Johnson
Indonesia Release Date: -

Dari penulis pemenang Oscar Eternal Sunshine of the Spotless Mind, Being John Malkovich, dan Adaptation, Anomalisa adalah film animasi stop-motion pertama dan film panjang ketiga yang disutradarai oleh Charlie Kaufman.

The Hype: Siapapun yang pernah menyaksikan film-film tulisan Charlie Kaufman, pasti telah mengantisipasi apa yang akan disajikan oleh Anomalisa: sebuah film studi karakter luar biasa yang tak terlupakan.

January 8


THE FOREST
Horror / PG-13
Director: Jason Zada
Indonesia Release Date: 8 January 2016 (wide)

Seorang perempuan mencari adik kembarnya yang hilang di suicide forest di Jepang.

The Hype: merilis film horror di awal tahun sepertinya sudah menjadi tradisi bagi studio-studio Hollywood. Dan jangan terkejut pula dengan kualitasnya.


THE REVENANT (Dolby Atmos)
Adventure / R
Director: Alejandro Gonzalez Inarritu
Indonesia Release Date: February 2016 (wide)

Kisah petualangan Hugh Glass menuntut balas dendam setelah dikhianati dan ditinggal oleh teman-temannya di hutan liar yang penuh bahaya dan suhu dingin.

The Hype: Hampir semua orang yang membicarakan The Revenant selalu mempertanyakan, apakah Leonardo DiCaprio akhirnya mendapatkan piala Oscar-nya lewat film ini? 

January 15


RIDE ALONG 2
Action, Comedy / PG-13
Director: Tim Story
Indonesia Release Date: -

Sekuel dari Ride Along yang juga dirilis di bulan yang sama tahun lalu.


13 HOURS: THE SECRET SOLDIER OF BENGHAZI
Action / R
Director: Michael Bay
Indonesia Release Date: January 15 (wide)

13 Hours bisa dibilang sebagai film “pemanasan” bagi sutradara Michael Bay, sebelum beliau kembali menyutradarai Transformers 5 yang rencananya akan dirilis tahun 2017 nanti. 

January 22


DIRTY GRANDPA
Comedy / R
Director: Dan Mazer
Indonesia Release Date: TBA (XXI)

Beberapa hari sebelum pernikahannya, seorang pemuda dibujuk oleh kakeknya untuk mengantarkannya berlibur musim panas di Florida.

The Hype: menyaksikan Robert De Niro berperan sebagai kakek-kakek mesum yang gemar berpesta dan menggoda remaja-remaja seksi tentu akan menjadi kesenangan tersendiri bagi para fans dan pecinta film.


THE 5TH WAVE
Sci-fi, Fantasy / PG-13
Director: J. Blakeson
Indonesia Release Date: January 15 (wide)

Setelah empat gelombang serangan alien yang hampir menghancurkan dunia, seorang remaja perempuan berjuang mencari adiknya sebelum serangan ke lima terjadi.

The Hype: Film blockbuster pertama di tahun 2016 ini akan menjadi pertaruhan besar bagi Sony secara mereka sangat mengharapkan serial young adult The 5th Wave ini bisa menjadi franchise.


THE BOY
Horror / PG-13
Director: William Brent Bell
Indonesia Release Date: January  2016 (XXI)

Seorang pengasuh terkejut ketika mendapati anak yang akan diasuhnya itu adalah sebuah boneka anak laki-laki.

The Hype: Masih ingat dengan Annabelle? Ini versi cowoknya.

January 29


THE FINEST HOURS (3D, IMAX 3D)
Action, Adventure / PG-13
Director: Craig Gillespie
Indonesia Release Date: January 29 (wide)

Terinspirasi dari kisah nyata, The Finest Hours bercerita tentang misi penyelamatan tiga puluh awak kru kapal minyak yang hancur terterjang badai.


KUNG FU PANDA 3 (Dolby Atmos, 3D, 4DX 3D)
Animation / PG
Director: Jennifer Yuh & Alessandro Carloni
Indonesia Release Date: March 2016 (wide)

Sekuel dari film animasi mega-hits Kung Fu Panda. Entah kenapa DreamWorks membutuhkan waktu sampai lima tahun untuk merilis film ini.

FEBRUARY

February 5


HAIL, CAESAR!
Comedy, Drama, Musical / PG
Director: Coen Brothers
Indonesia Release Date: -

Coen Brothers kembali ke kursi sutradara lewat film drama-musikal bertabur bintang papan atas Hollywood bertajuk Hail, Caesar! Entah kenapa Universal tidak merilisnya di akhir tahun untuk bersaing di Oscar 2017. Apakah film ini akan berakhir seperti The Monuments Man?


PRIDE AND PREJUDICE AND ZOMBIES
Action, Comedy / PG-13
Director: Burr Steers
Indonesia Release Date: February 5 (XXI)

Well, the title is self-explanatory. Kalau kalian suka Abraham Lincoln: Vampire Hunter, then this movie is for you. 

February 12


DEADPOOL (Dolby Atmos, IMAX 2D)
Action, Superhero / R
Director: Tim Miller
Indonesia Release Date: February 12 (wide)

Bisa dibilang sebagai salah satu film yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, Deadpool terus mendapatkan hype yang sangat luar biasa menjelang perilisannya berkat tata marketing-nya yang sangat menarik dan cerdas.


ZOOLANDER 2
Comedy / PG-13
Director: Ben Stiller
Indonesia Release Date: February 2016 (wide)

Berselang 15 tahun sejak film pertamanya dirilis di bioskop, kita yakin tidak banyak yang mengingat Zoolander. Namun, dengan trik marketing yang hebat dan berjibun cameo selebriti papan atas Hollywood, film ini jelas akan menjadi saingan terberat Deadpool untuk mendapatkan penonton, meski mereka belum menonton film pertamanya. But we believe, Terrence Mallick would be on the first line. Lulz.

February 19

-

February 26


GODS OF EGYPT (3D)
Adventure, Fantasy / PG-13
Director: Alex Proyas
Indonesia Release Date: February 26 (XXI)

Film terbaru besutan sutradara Alex Proyas (Knowing, I, Robot) berkisah tentang seorang pencuri yang terlibat dalam perang antar dewa-dewa. Meski dibintangi oleh aktor-aktris yang wajahnya sudah tak asing lagi seperti Gerard Butler, Brenton Thwaites, Geoffrey Rush, dan Nikolaj Coster-Waldau, kualitas film Gods of Egypt tampaknya tidak jauh-jauh dari Clash of the Titans dan Immortals… Which is not a good news.


TRIPLE 9
Action, Crime / R
Director: John Hillcoat
Indonesia Release Date: February 2016 (XXI)

Sekelompok gangster dan polisi korup tengah merencanakan salah satu perampokan terbesar dalam sejarah. Karya terbaru dari sutradara John Hillcoat (The Road, Lawless) ini dibintangi oleh Woody Harrelson, Norman Reedus, Chiwetel Ejiofor, Gal Gadot, dan Kate Winslet.


CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON 2: SWORD OF DESTINY (IMAX)
Adventure, Martial Arts / PG-13
Director: Yuen Woo-Ping
Indonesia Release Date: TBA

Tidak ada yang pernah meminta sekuel dari film masterpiece karya Ang Lee ini, tetapi entah apa yang dipikirkan Netflix untuk mendanai dan merilis Sword of Destiny 16 tahun setelah film pertamanya. Terlebih lagi, Yuen Woo-Ping tampak tidak bisa menyamai keindahan dan keajaiban sinematis predesesornya sama sekali. Bagi kalian fans berat Crouching Tiger, Hidden Dragon seperti saya, bersiaplah untuk kecewa berat. Oh ya, dialog-dialog dalam film ini menggunakan bahasa Inggris. Duh.

MARCH

March 4


LONDON HAS FALLEN
Action, Thriller / R
Director: Babak Najafi
Indonesia Release Date: March 4 (XXI)

Sekuel dari surprise hits Olympus Has Fallen tahun 2013 kemarin. Sesuai judulnya, Mike Banning (Gerard Butler) kali ini terjebak di tengah aksi teroris yang hendak membunuh semua pemimpin dari berbagai negara yang sedang berkumpul di London.


ZOOTOPIA (3D)
Animation / PG
Director: Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush
Indonesia Release Date: March (wide)

Setelah sempat absen tahun lalu, Disney kembali merilis film animasi canon ke 55 dan 56-nya tahun ini. Film pertama adalah Zootopia, berkisah tentang dunia yang hanya dihuni oleh hewan-hewan yang beraktivitas seperti layaknya manusia. Film kedua, Moana, akan dirilis akhir tahun 2016 nanti.

March 11


THE BROTHERS GRIMSBY
Action, Comedy / R
Director: Louis Letterier
Indonesia Release Date: TBA

Film terbaru dari saga film nyeleneh Sacha Baron Cohen. Kali ini dia memparodikan agen mata-mata bersama Mark Strong. 

March 18


THE DIVERGENT SERIES: ALLEGIANT (3D, IMAX 3D)
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Robert Schwentke
Indonesia Release Date: March 18 (XXI)

Babak ketiga dari saga Divergent ini akan dibagi menjadi dua bagian: Allegiant dan Ascendant yang akan dirilis tanggal 9 Juni 2017.


MIDNIGHT SPECIAL
Sci-fi, Adventure / PG-13
Director: Jeff Nichols
Indonesia Release Date: TBA 

Seorang ayah melarikan diri bersama anaknya, setelah dia menyadari bahwa anaknya memiliki kekuatan super. Film terbaru dari sutradara / penulis Jeff Nichols (Mud, Take Shelter) ini tentu akan membawa angin segar di genre superhero.

March 25


BATMAN V. SUPERMAN: DAWN OF JUSTICE (3D, IMAX 3D)
Action / PG-13
Director: Zack Snyder
Indonesia Release Date: March 25 (wide)

Ambisi DC / Warner Bros. untuk mengekor kesuksesan Marvel Cinematic Universe memang terkesan sangat terburu-buru. Ketika Marvel membutuhkan 5 film untuk meramu momentum di The Avengers, DC/WB hanya menggunakan BvS sebagai pencetus terbentuknya Justice League. Menembus angka $1 billion di box office dunia jelas bukan tugas yang sulit bagi BvS, tetapi nasib DC Cinematic Universe ke depannya benar-benar bergantung pada film ini. 


MY BIG FAT GREEK WEDDING 2
Romance, Comedy / PG-13
Director: Kirk Jones
Indonesia Release Date: TBA (wide)

Sekuel tak terduga dari My Big Fat Greek Wedding yang berhasil menembus angka $241 juta di Amerika tahun 2002 kemarin.

APRIL

April 1


RINGS (3D)
Horror / PG-13
Director: F. Javier Gutierrez
Indonesia Release Date: TBA (wide)

Installment ketiga dari film remake sukses The Ring ini rumornya akan berkisah seputar geng remaja penantang maut yang menonton video Samara secara bergilir.

April 8


BEFORE I WAKE
Horror / PG-13
Director: Mike Flanagan
Indonesia Release Date: TBA

Film terbaru dari sutradara Oculus ini berkisah tentang sepasang suami-istri yang mengadopsi seorang anak yatim-piatu yang mampu membuat karakter-karakter di mimpinya muncul di dunia nyata. Mari kita berharap premise yang menarik ini bisa tereksekusi dengan baik. 


THE BOSS
Comedy / R
Director: Ben Falcone
Indonesia Release Date: April 2016

Film-film Melissa McCarthy memang cenderung hit and miss. Dari setiap Bridesmaids dan Spy, selalu ada Tammy dan Identity Thief. Tapi dilihat dari premise dan trailer-nya, sepertinya The Boss akan menjadi hit.

April 15


THE JUNGLE BOOK (3D, IMAX 3D)
Adventure, Fantasy / PG
Director: Jon Favreau
Indonesia Release Date: April 15 (wide)

Sejak kesuksesan luar biasa Alice in Wonderland tahun 2010 kemarin, Disney mulai rutin merilis versi live action dari film-film animasi klasiknya, seperti Maleficent (Sleeping Beauty) dan yang baru dirilis tahun lalu, Cinderella. The Jungle Book juga disutradarai oleh jebolan Marvel, Jon Favreau, setelah sebelumnya Kenneth Branagh (Thor) sukses menangani Cinderella.


AMITYVILLE: THE AWAKENING
Horror / R
Director: Franck Khalfoun
Indonesia Release Date: TBA

Film reboot / remake dari franchise horror Amityville seharusnya dijadwalkan untuk rilis bulan Januari 2015 kemarin. Tetapi tanpa alasan yang jelas, film yang dibintangi oleh Bella Thorne ini diundur sampai ke April 2016. Pertanda buruk?

April 22


THE HUNTSMAN: WINTER’S WAR (3D, IMAX 3D)
Action, Fantasy / PG-13
Director: Cedric Nicholas-Troyan
Indonesia Release Date: April 22

Ini dia, salah satu sekuel paling aneh yang akan dirilis tahun 2016 ini. Pertama, The Huntsman adalah film sekuel sekaligus prekuel dari film Snow White and the Huntsman yang tidak begitu diingat oleh orang. Mau tau yang lebih aneh lagi? Tidak ada Snow White di film ini!

April 29


RATCHET AND CLANK
Animation / PG
Director: Jerrica Cleland & Kevin Munroe
Indonesia Release Date: TBA

Film adaptasi dari video game Play Station 2 berjudul sama ini berkisah tentang petualangan Ratchet dan sebuah robot bernama Clank menghentikan rencana Chairman Drek menghancurkan galaksi. Game-nya sendiri sangat bergantung pada sistem gameplay-nya untuk memuaskan para gamer, jadi kita tidak tahu bagaimana film Ratchet and Clank ini bisa mengulang keseruan yang sama di layar lebar.

MAY 

May 6


CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR (3D, IMAX 3D)
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Joe & Anthony Russo
Indonesia Release Date: April 2016 (wide)

Awal dari Marvel Cinematic Universe phase 3 yang semakin seru dan intens. Nantikan cameo Spider-Man dan berjibun superhero Marvel di film ini! 

May 13


FREE STATE OF JONES
Action, Biography / R
Director: Gary Ross
Indonesia Release Date: May 2016 (CGV)

Berkisah tentang Newton Knight (Matthew McConaughey), seorang petani yang memimpin pasukan melawan konfederasi pada saat perang sipil.


SNOWDEN
Biography, Thriller / R
Director: Oliver Stone
Indonesia Release Date: TBA

Kisah tentang Edward Snowden, agen CIA yang membocorkan dokumen-dokumen rahasia ke publik. Film terbaru dari sutradara legendaris Oliver Stone.

May 20


NEIGHBORS 2: SORORITY RISING
Comedy / R
Director: Nicholas Stoller
Indonesia Release Date: TBA

Zac Efron dan Seth Rogen kembali membintangi sekuel dari film hits mereka tahun lalu.


THE ANGRY BIRDS MOVIE (3D)
Animation / PG
Director: Clay Kaytis & Fergal Reilly
Indonesia Release Date: May 20, 2016 (wide)

Sony Animation berpikir mengadaptasi game Angry Birds ke layar lebar dengan memberi karakternya kaki dan tangan adalah ide yang bagus. Let’s see.

May 27


X-MEN: APOCALYPSE (3D)
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Bryan Singer
Indonesia Release Date: May 27, 2016 (wide)

Sekuel dari X-Men: Days of Future Past ini bisa dibilang sebagai film X-Men terbesar yang pernah dibuat. Mulai dari cast keroyokan dari berbagai installment-nya, hingga musuh X-Men terkuat, Apocalypse, semua ada di seri terbaru X-Men ini. 


ALICE THROUGH THE LOOKING GLASS (3D, IMAX 3D)
Adventure, Fantasy / PG
Director: James Bobin
Indonesia Release Date: May 2016 (wide)

Alice in the Wonderland (2010) arahan Tim Burton kemarin memang bukan film yang bagus, namun ia berhasil menembus angka $1 billion, meraih dua piala Oscar, dan melambungkan nama Mia Wasikowska menjadi aktris yang sangat diperhitungkan di industri perfilman. Dengan prestasi seperti itu, cukup mengherankan kenapa Disney harus menunggu sampai 6 tahun untuk merilis sekuelnya.

JUNE

June 3


TMNT 2: OUT OF THE SHADOWS
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Dave Green
Indonesia Release Date: June 3, 2016 (wide)

Sekuel dari film live action TMNT. Michael Bay kembali duduk di kursi produser.

June 10


WARCRAFT
Action, Fantasy / PG-13
Director: Duncan Jones
Indonesia Release Date: June 10, 2016 (wide)

Jika kalian berandai-andai, film apa yang akan menjadi box office flop terbesar tahun 2016, Warcraft adalah jawabannya. Ya, kita semua tahu kalau Duncan Jones bukan sutradara sembarangan dan Warcraft adalah film adaptasi dari game yang sangat populer di dunia—well, so did all the previous video games adaptations. Di tengah persaingan film-film musim panas yang sangat ketat ini, sungguh sulit untuk melihat Warcraft merajai box office dunia, atau sekedar mendapat review positif dari kritikus. 


NOW YOU SEE ME 2
Action, Sci-fi, Fantasy / PG-13
Director: Jon M. Chu
Indonesia Release Date: June 2016 (XXI)

Tidak disukai kritikus, namun sangat digemari oleh banyak penonton di seluruh dunia, tak perlu heran bagaimana Now You See Me berhasil mendatangkan pendapatan $351 juta dari seluruh dunia dengan budget produksi yang tidak besar itu. Dengan tambahan wajah-wajah familiar seperti Daniel Radcliffe dan Jay Chou di jajaran cast-nya, Now You See Me 2 memang sudah dipersiapkan untuk menjadi box office hit tahun ini.


THE CONJURING 2: THE ENFIELD POLTERGEIST
Horror / R
Director: James Wan
Indonesia Release Date: June 2016 (Wide)

Lelah menyutradarai Furious 7, James Wan kembali ke comfort zone-nya dengan menyutradarai sekuel dari film horror terbaiknya, The Conjuring.

June 17


FINDING DORY (3D, IMAX 3D)
Animation / PG
Director:
Indonesia Release Date: June 17 (wide)

Sekuel dari Finding Nemo. Kali ini Nemo dan ayahnya, Martin, yang berpetualang mencari Dory.

June 24


INDEPENDENCE DAY 2: RESURGENCE (3D, IMAX 3D)
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Roland Emmerich
Indonesia Release Date: June 24 (wide)

Sekuel dari film blockbuster hit Independence Day. Roland Emmerich kembali sebagai sutradara.

JULY

July 1


THE LEGEND OF TARZAN (3D, IMAX 3D)
Action, Adventure / PG-13
Director: David Yates
Indonesia Release Date: July 1 (wide)

Semenjak proyek ini memulai proses produksi dengan budget $180 juta, banyak yang menyangsikan film ini bisa berbicara banyak di tangga box office, let alone, mengembalikan biaya produksinya yang tidak sedikit itu. Dengan keterlibatan aktor-aktris yang belum bisa mendatangkan penonton dan trailer yang sama sekali tidak menjual, The Legend of Tarzan jelas membutuhkan banyak belas kasihan dari penonton di luar Amerika yang mengenal nama ‘Tarzan’ dan masih belum cukup dengan The Jungle Book di bulan April yang serupa tapi tak sama itu. Hell, bahkan Peter Pan milik Warner Bros. tahun lalu pun tidak menarik bagi penonton mancanegara.

THE PURGE 3
Action, Thriller / R
Director:
Indonesia Release Date: TBA
Setelah film pertamanya yang mengeksekusi premise yang sangat menarik itu menjadi sekedar film home invasion, The Purge 2 berhasil menyuguhkan sesuatu yang sangat exciting dan berbeda dari film pertamanya. Semoga The Purge 3 masih mempertahankan semua keasikannya itu.


THE BFG
Adventure, Sci-fi / PG
Director: Steven Spielberg
Indonesia Release Date: July 1 (wide)

Ketika Disney dan Steven Spielberg mengumumkan akan mengadaptasi The BFG (Big Friendly Giant), buku laris karya Roald Dahl, we already know that The BFG is gonna be great and a huge box office hit.

July 8


THE SECRET LIFE OF PETS
Animation / PG
Director: Chris Renaud & Yarrow Cheney
Indonesia Release Date: July 8 (wide)

Pernah bertanya-tanya apa jadinya kalau binatang-binatang peliharaanmu ditinggal sendirian di rumah? Teaser trailer The Secret Life of Pets mungkin bisa menjawab pertanyaan kalian. Tapi sebenarnya, di balik ide yang sangat menarik itu, film karya sutradara Despicable Me 1-2 ini memiliki plot yang cukup generik. Film ini berkisah tentang kecemburuan Max terhadap binatang peliharaan baru pemiliknya dan seekor kelinci menyusun rencana balas dendam terhadap pemilik binatang peliharaan yang telah membuangnya. 

July 15


GHOSTBUSTERS
Action, Comedy, Sci-fi / PG-13
Director: Paul Feig
Indonesia Release Date: July 15 (wide)

Sekuel sekaligus reboot dari franchise Ghostbuster yang sangat populer di tahun 80an. Tim Ghostbuster kali ini diisi oleh karakter perempuan semua.


LA LA LAND
Musical / PG-13
Director: Damien Chazelle
Indonesia Release Date: TBA

Film terbaru dari Damien Chazelle (Whiplash) ini masih seputar dunia musik. La La Land berkisah tentang seorang pianis jazz yang jatuh cinta dengan seorang aktris populer di Los Angeles. Dibintangi oleh Ryan Gosling, Emma Stone, John Legend, dan J.K Simmons.

July 22


STAR TREK: BEYOND (3D, IMAX 3D)
Action, Adventure, Sci-fi / PG-13
Director: Justin Lin
Indonesia Release Date: July 20 (wide)

Installment ketiga dari Star Trek kali ini sudah tidak lagi ditangani oleh J.J Abrams (Star Wars: The Force Awakens) dan digantikan oleh Justin Lin, yang sebelumnya berhasil membangkitkan Fast and Furious menjadi salah satu franchise tersukses. Gaya film arahan Justin Lin yang fun dan cepat sudah terlihat di teaser trailer Star Trek Beyond.


ICE AGE: COLLISON COURSE
Animation / PG
Director: Mike Thurmeier & Galen T. Chu
Indonesia Release Date: July 22 (wide)

Kasus seri animasi Ice Age sebenarnya mirip dengan Despicable Me, di mana karakter maskotnya jauh lebih populer dibandingkan karakter utamanya. Kita yakin, sebagian besar penonton yang berbondong-bondong ke bioskop untuk menyaksikan Ice Age 5 ini memiliki tujuan yang sama: SCRAT!

July 29


BOURNE 5 (IMAX)
Action / PG-13
Director: Paul Greengrass
Indonesia Release Date: July 29 (wide)

Setelah The Bourne Legacy mendapat respon negatif dari fans-nya dan tidak begitu berjaya di box office, Universal sadar bahwa mereka tidak bisa membuat film Bourne tanpa Paul Greengrass dan Matt Damon.

AUGUST

August 5


SUICIDE SQUAD (3D, IMAX 3D)
Action / PG-13
Director: David Ayer
Indonesia Release Date: August 5 (wide)

Salah satu box office gamble di line-up film-film superhero WB/DC ini mengumpulkan villain-villain dari DC universe dalam satu film, termasuk Joker dan Harley Quinn. Dilihat dari respon trailer-nya, para fans justru lebih menyambut hangat Suicide Squad daripada Batman v Superman.

August 12


PETE’S DRAGON
Adventure, Fantasy / PG
Director: David Lowery
Indonesia Release Date: August 12 (wide)

Remake dari hybrid film animasi-live action produksi Disney tahun 1977 ini berkisah tentang seorang anak yatim piatu yang melarikan diri dari orang tua asuhnya yang kejam dengan bantuan dari naga peliharaannya. Berbeda dengan versi lamanya yang memadukan teknik animasi tradisional dengan aktor-aktris sungguhan, Pete’s Dragon versi terbaru ini dibuat 100% live action dengan efek CGI yang canggih.


BEN-HUR
Adventure, Fantasy / PG-13
Director: Timur Bekmambetov
Indonesia Release Date: August 2016 (wide)

Entah apa yang dipikirkan petinggi MGM sampai mereka nekad memberi lampu hijau untuk proyek remake film klasik Ben-Hur ini. Di bawah arahan Timur Bekmambetov (Wanted, Abraham Lincoln: Vampire Hunter) dan pendapatan film-film serupa yang tidak menggembirakan (terakhir ada Exodus yang hanya mendapatkan $65 juta di Amerika dari total budget $140 juta), jangan terkejut kalau film ini gagal baik secara kualitas maupun performanya di box office.

August 19


KUBO AND THE TWO STRINGS (3D)
Animation / PG
Director: Travis Knight
Indonesia Release Date: TBA

Debut Travis Knight sebagai sutradara yang sebelumnya pernah menjadi produser di film animasi stop motion ParaNorman, Coraline, dan The Boxtrolls. Kubo and the Two Strings berkisah tentang seorang anak bernama Kubo yang berpetualang mencari baju zirah ajaib milik ayahnya, seorang samurai legendaris, untuk menyelamatkan dunia. 

August 26


THE MECHANIC 2: RESSURECTION
Action / R
Director: Dennis Gansel
Indonesia Release Date: August 26 (XXI)

Dengan total pendapatan $62 juta di seluruh dunia dari biaya produksi yang mencapai $40 juta, The Mechanic yang dibintangi Jason Statham tahun 2011 lalu sebenarnya tidak bisa dibilang sukses. Tapi entah bagaimana, sekuelnya akhirnya dibuat.

SEPTEMBER

September 2

PATIENT ZERO
Horror
Director: Stefan Ruzowitzky
Indonesia Release Date: TBA

Seorang pria yang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan zombie memimpin para penyintas untuk mencari sumber virus dan penyembuhnya. Dibintangi oleh Natalie Dormer, Stanley Tucci, dan Matt Smith.

September 9


SULLY
Drama, Biography 
Director: Clint Eastwood
Indonesia Release Date: TBA

Diadaptasi dari kisah nyata, film terbaru karya Clint Eastwood ini berkisah tentang seorang pilot Captain Chesley Sullenberger (Tom Hanks) yang melakukan pendaratan darurat di sungai Hudson tahun 2009 lalu. Sully bisa dibilang sebagai salah satu kandidat Oscar terkuat tahun 2017 nanti. 

September 16


BRIDGET JONES’ BABY
Comedy, Romance / R
Director: Sharon Maguire
Indonesia Release Date: TBA

Installment ketiga dari rom-com sukses Bridget Jones ini masih dibintangi oleh Renee Zellweger dan Colin Firth, sementara Hugh Grant dikabarkan tidak kembali memerankan karakternya lagi.

September 23


STORKS
Animation
Director: Nicholas Stoller & Doug Sweetland
Indonesia Release Date: September 23 (wide)

Masih ingat dengan cerita burung bangau yang mengirim bayi ke pasangan suami istri waktu kita kecil dulu? Storks adalah kisah tentang mereka yang kini pensiun mengirim bayi dan bekerja di online store terbesar di dunia, sampai suatu hari, salah satu dari mereka tanpa sengaja menemukan seorang bayi perempuan yang harus diantar.

THE MAGNIFICENT SEVEN (3D, IMAX 3D)
Western 
Director: Antoine Fuqua
Indonesia Release Date: September

Remake dari film remake Seven Samurai berjudul ‘The Magnificent Seven’ (1960) yang sangat populer dulu. Masih bingung? Coba dengarkan musik ini.

September 30


DEEPWATER HORIZON
Thriller 
Director: Peter Berg
Indonesia Release Date: TBA

Berkisah tentang ledakan pengeboran minyak Deepwater Horizon yang terjadi pada April 2010. Peristiwa ini dikenal sebagai insiden pertumpahan minyak terburuk di Amerika. Dibintangi oleh Mark Wahlberg, Kurt Russell, Kate Hudson, John Malkovich, dan Dylan O’Brien.


MASTERMINDS
Action, Comedy / PG-13
Director: Jared Hess
Indonesia Release Date: TBA

Seorang penjaga malam di perusahaan mobil baja tengah menyusun perampokan terbesar di sejarah Amerika. Dibintangi oleh Owen Wilson, Kristen Wiig, Jason Sudeikis, dan Zach Galifianakis.

OCTOBER

October 7

GAMBIT
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Doug Liman
Indonesia Release Date: October 7 (wide)

Spin-off dari seri X-Men ini berkisah tentang asal mula Gambit yang kini diperankan oleh Channing Tatum.

October 14


A MONSTER CALLS
Fantasy 
Director: J.A Bayona
Indonesia Release Date: TBA

Diadaptasi sendiri oleh penulis novelnya, Patrick Ness, film A Monster Calls yang disutradarai oleh J.A Bayona (The Impossible) ini jelas sangat layak untuk ditunggu. Siapkan tissue ketika menontonnya!

UNDERWORLD 5
Action, Horror, Thriller / R
Director: Anna Foerster
Indonesia Release Date: October 14

Installment ke 5 dari franchise Underworld. Kate Beckinsale kembali memerankan Selene.

October 21

JACK REACHER 2: NEVER GO BACK
Action / PG-13
Director: Edward Zwick
Indonesia Release Date: October 21 (Wide)

Sekuel dari Jack Reacher yang dibintangi oleh Tom Cruise.

OUIJA 2
Horror
Director: Mike Flanagan
Indonesia Release Date: October 

Sekuel dari Ouija yang dirilis tahun 2014 kemarin. Kisahnya masih seputar boardgame pemanggil arwah.

October 28


INFERNO
Action, Thriller / PG-13
Director: Ron Howard
Indonesia Release Date: October 28 (wide)

Adaptasi ketiga dari petualangan Robert Langdon.

NOVEMBER

November 4


DOCTOR STRANGE (3D, IMAX 3D)
Action, Sci-fi / PG-13
Director: Scott Derrickson
Indonesia Release Date: November 4 (wide)

Setelah karirnya hancur, seorang ahli bedah Dr. Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) mendapatkan hidup baru setelah bertemu dengan penyihir misterius yang mengangkatnya sebagai murid. Doctor Strange adalah film kedua di Marvel Cinematic Universe phase 3.

November 11


BILLY LYNN’S LONG HALFTIME WALK
Drama 
Director: Ang Lee
Indonesia Release Date: November 

Film terbaru dari sutradara Ang Lee ini berkisah tentang seorang prajurit yang mengingat-ingat kembali detik-detik terakhirnya sebelum ia kembali ke Iraq. Diadaptasi dari novel berjudul sama.

November 18


FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM
Adventure, Fantasy
Director: David Yates
Indonesia Release Date: November 18 (wide)

Spin-off dari seri Harry Potter ini berkisah tentang Newt Scamander, penulis buku Fantastic Beasts yang akan dipelajari Harry Potter berpuluh-puluh tahun kemudian. Naskah film ini ditulis sendiri oleh J.K Rowling.

November 23


MOANA
Animation 
Director: Ron Clements & John Musker
Indonesia Release Date: November 23 (wide)

Moana Waialiki, seorang pelayar tangguh, berhasil menemukan pulau yang dihuni oleh dewa Maui. Moana adalah film animasi Disney canon yang ke 56. 


THE GREAT WALL
Adventure 
Director: Zhang Yi Mou
Indonesia Release Date: November

Film yang berkisah tentang misteri pembangunan tembok raksasa Cina ini merupakan film Cina termahal sepanjang sejarah dengan budget $135 juta. Matt Damon, Pedro Pascal, dan Willem Dafoe ikut membintangi The Great Wall bersama dengan aktor-aktris Cina papan atas.

November 25


THE FOUNDER
Biography
Director: John Lee Hancock
Indonesia Release Date: TBA
Kisah hidup Ray Kroc (Michael Keaton), pendiri Mc.Donalds.

DECEMBER

December 2

THE STRANGERS 2
Horror / R
Director: Marcel Langenegger
Indonesia Release Date: TBA

Sekuel dari film home invasion berjudul sama.

December 9

LET IT SNOW
Romance, Comedy
Director: -
Indonesia Release Date: TBA

Film adaptasi dari novel John Green.

December 16


ROGUE ONE: A STAR WARS STORY (3D, IMAX 3D)
Action, Adventure, Sci-fi, Fantasy / PG-13
Director: Gareth Edwards
Indonesia Release Date: December 16 (wide)

Film spin-off pertama dari saga Star Wars ini mengambil set waktu antara Episode III dan Episode IV. Berkisah tentang misi para Rebels mencuri cetak biru Death Star. Darth Vader dipastikan akan kembali menjadi antagonis utama di film ini.

December 21


ASSASSIN’S CREED
Action, Sci-fi 
Director: Justin Kurzel
Indonesia Release Date: December 21 (wide)

Satu lagi film adaptasi video game dengan budget raksasa di tahun 2016. Michael Fassbender berperan sebagai Callum Lynch.

PASSENGERS
Sci-fi, Romance
Director: Morten Tyldum
Indonesia Release Date: TBA

Berkisah tentang dua orang awak pesawat luar angkasa yang terbangun 60 tahun lebih awal dari yang dijadwalkan. Chris Pratt dan Jennifer Lawrence akan menjadi sepasang kekasih di film ini.

December 25

JUMANJI
Adventure, Fantasy / PG
Director: -
Indonesia Release Date: December



Remake dari film klasik yang dibintangi oleh Robin Williams.

You Might Also Like

2 comments

Just do it.