Harry Potter and Optimus Prime, Welcome to Indonesia!! [update]

7/15/2011 12:25:00 PM

Yeah, saat - saat yang kita nantikan akhirnya tiba juga. Walau saya sendiri juga ada feeling kedua film ini pasti tayang (ntah saya pernah cerita ke siapa ini. rasanya di twitter), tetapi tetap saja saya tidak terlalu optimis. Namun, siapa sangka, kemarin sore, blokir PT. Omega telah dibuka (padahal siangnya kata media - media, mereka diblokir yang kemudian membuat saya kehilangan harapan dan menulis surat kecil untuk menteri) dan malamnya, sekitar jam 12 malam, pihak 21cineplex mengupdate status di twitter dan coming soon di web mereka, secara terburu - buru.
Bukti :
Nah, setelah melihat coming soon ini tadi pagi jam setengah 11, saya langsung senang luar biasa, tertawa sendiri, dan update status di mana - mana. Kemudian, setelah saya memastikan bahwa saya tidak sedang mimpi, muncul beberapa pertanyaan dalam benak saya (mungkin beberapa di antara kalian juga tanya begini), dan semuanya bisa saya jawab sendiri :
1. Apakah versi 3D-nya juga masuk?
Masuk kayaknya, walaupun tidak ada di Coming Soon. Versi 2D ya fine2 aja sih. Hahaha
2. Kapan tanggal pasti kedua film raksasa ini akan tayang?
Pihak distributor (PT. Omega Film) mengatakan bahwa mereka sedang mengusahakannya secepat mungkin. Dulu, di situs IMDB pernah ada yang menulis tanggal 27 Juli 2011 adalah tanggal rilis Transformers 3 di Indonesia, dan 21 Juli untuk Harry Potter 7.2. Sayangnya, saya tidak sempat capture dan sekarang sudah dihapus. Namun, melihat cara kerja LSF, kemungkinan besar tanggal tersebut bisa dijadikan acuan atau paling tidak mbleset dikit - dikit.
3. Siapa yang mau nemeni saya nonton?
Yang pasti saya akan menontonnya pada hari pertama premiere kedua film tersebut. Kalau ga ada yang bisa, saya akan menontonnya sendirian. Asal tahu saja, nonton sama saya, jaminan pasti dapat tiket :)
4. Waduh.. bakal sepanjang apa ya antriannya? Apalagi ini sudah puasa 5 bulan tidak ada film bagus di Indonesia.. Film terakhir lagi!!
Dulu, pada hari pertama Harry Potter 7.1 premiere, antri di Galaxy XXI sampai pintu emergency exit (bukan di luarnya, tapi nembus lewat dalam). Sebelum pintu bioskop dibuka, orang - orang sudah bekerumun hingga ke Loly Poly. Jadi setelah puasa 5 bulan, dan apalagi ini seri terakhir yang dinantikan, saya rasa antri-nya akan lebih dahsyat dari film 2012.
Tapi, tenang.. kan ada M-Tix.
5. Apakah ini hanya untuk menghentikan unjuk rasa tanggal 17 Juli nanti?
Bisa jadi. Tapi sangat kecil kemungkinannya. Lagian mana mungkin 21cineplex mau mempermainkan perasaaan konsumen-nya. Jadi orang jangan pesimis dong!!
6. Apakah situs 21cineplex dihack pecinta film yang lagi desperate?
Ga mungkin klo di-hack trus bertahan sampai sekarang hack2annya.
7. Apakah hanya 2 film ini saja yang ditayangkan, sedangkan film - film blockbuster lainnya tidak?
Bisa iya, bisa tidak. Tetapi, feeling saya, sebagian film - film summer terdahulu juga bakal ditayangkan, namun film - film terbaru adalah top priority. Mungkin setelah ini Captain America juga akan masuk coming soon dan tayang nanti Agustus. Kemudian dilanjutkan dengan Cowboys & Aliens, Rise of the Planet of the Apes.
8. Bakal ngilang lagi gak ya di Coming Soon-nya 21cineplex??
Jangan sampek. Bisa gila saya D:
9. Katanya pajak royalti akan dihapus hingga 2 tahun ke depan, trus tahun 2013 bakal kejadian kayak gini lagi ga?
Yah, kayak ga tahu Indonesia saja. Pasti lupa! :D
10. Kenapa importir-nya baru masukin film sekarang?! Kan mereka sudah dapet NIK awal mei lalu?
Nah, karena ternyata Pajak Royalti masih ada dalam peraturan sistem pajak yang baru, MPAA menolak sistem tersebut. Kemarin lusa (malam), pemerintah berencana akan menghapus pajak royalti dan menundanya hingga 2 tahun. Setelah itu, baru MPAA setuju dan inilah yang terjadi.
11. Eh, ntah kebetulan atau tidak, Harry Potter hebat ya. Di posternya adalah tulisan "It All Ends - 7.15" Hari ini kan tanggal 15 July dan kisruh ini juga ikut berakhir. wahaha
Hahahaha, kebetulan pastinya. Anyway, bukan Harry Potter-nya yang sakti. Pembuat posternya yang sakti. :D
12. Eh, katanya lu mau batal beli iPad 2 gara - gara mau nonton Harry Potter di Singapore ya?
Wah, kalau sekarang saya sudah batal ke Singapore. Kan sudah mau tayang filmnya di Indonesia. Dan tentunya, saya akan beli iPad2!! Hoorraayyy!!

[UPDATE]
FAQ dari Blitzmegaplex. Semoga membantu!
Cinema 21/XXI mengatakan mereka akan menayangkan Harry Potter 7b + Transformers 3! Apakah film-film tersebut akan tayang di blitzmegaplex juga?
Kedua film tersebut adalah film MPAA, dan jika 21/XXI menayangkannya, maka blitz pasti akan menayangkannya juga. Film MPAA tidak dapat diberikan secara eksklusif untuk 1 grup bioskop saja. Film-film tersebut akan tayang di 21 & blitzmegaplex.
(Sekali lagi: MPAA berarti film yang distribusi seluruh dunianya ditangani oleh Warner Bros, Paramount, 20th Century Fox, Sony, Universal, dan Disney.)


Tapi, Cinema21/XXI telah memasang HPDH2 dan Transformers 3 pada daftar Coming Soon mereka. Kenapa blitzmegaplex belum?
Biasanya kami memasang film dalam daftar Coming Soon setelah mendapat konfirmasi dari distributor. Sampai kemarin, distributor belum memperbarui info ke kami, dan mereka belum dapat memberikan tanggal rilis.

Jadi, apakah HPDH2 dan Transformers 3 akan segera tayang atau tidak?
Kami telah memeriksa secara langsung dengan distributor lokal dan studio2 terkait (Warner Bros untuk HarryPotter, UIP untuk Transformers). Jawaban dari mereka adalah: bahwa mereka sedang "mengusahakan" tapi belum dapat memberikan tanggal rilis. Maka itulah jawaban paling akurat yang dapat kami berikan.

Bisakah Anda memberi info lebih lanjut ketika ada konfirmasi berita?
Kami selalu melakukan hal itu. Ikuti timeline kami di @blitzmegaplex atau halaman FB. Dan selalu periksa www.blitzmegaplex.com untuk berita dan update film.

[UPDATE 2]
Pihak importir harus masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) no. 102 yang merupakan jalan tengah antara pemerintah dan importir film. Dan kemungkinan film MPAA akan tayang 2 minggu lagi, apabila Permenkeu tersebut sudah dirilis. Well, saya hanya berharap si Agus tidak aneh - aneh lagi.

You Might Also Like

4 comments

  1. Semoga beneran tayang. Udah lama gak nonton Hollywood di bioskop.

    ReplyDelete
  2. Jane said...
    Tuh film harus tayang. Smp ngga... Hrrmmm @.@
    Utk acara nonton brg, saya ikut~!
    Tp kl di GM, batal deh. Hahahaha LOL

    ReplyDelete
  3. huahahhaha. nguakak wukk.. pas baca kalo ntn sama saya jaminan dapet tiket..

    kyk kalo mau diserpis sama saya.. dijamin puas.. LOOOLLL

    ReplyDelete
  4. Waduh comment di blog kok ga ada notif ya D:
    Sbb semua!

    @Kencana : udah pasti tayang kok. Minggu depan katanya ketua gabungan bioskop seluruh indonesia. Besok kopi filmnya udah masuk LSF. siap disensor.

    @Jane : aku mau nonton di The Premiere-nya Ciputra World XXI. ahahaha. Lek ndak gitu di Premiere-nya Lenmarc.

    @Brian : ahahahahha. soale aku milih mall yang sepi jadi pasti dapet. Klo di mall2 rame kyk GM. wah matek ae ==
    Dulu yang part 1 aku nonton di Grand City dapet lo. Ga ngantri. haha. 2 jam sebelum film'e maen masih dapet seat B.

    ReplyDelete

Just do it.