THE 10 WORST FILMS OF 2012

12/27/2012 03:55:00 PM



Adalah sebuah keajaiban karena di tahun 2012 ini saya tidak perlu menemui film semacam Alvin and the Chipmunks 3 dan dapat menghindari beragam film mandarin yang kualitasnya semacam Sorcerer and the White Snake ataupun Flying Swords of Dragon Gate. Akan tetapi, sepandai-pandainya chipmunks tupai melompat pasti akan jatuh juga. Berikut daftar 10 film terburuk yang tidak sengaja saya tonton tahun ini.



10. THE DARK KNIGHT RISES
Christopher Nolan / 165 Minutes / US / 1.44:1 - 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13

Kaget? Shock? The Dark Knight Rises adalah film superhero terburuk tahun ini. Sangat membosankan, bertele-tele dan minim adegan aksi di durasinya yang nyaris tiga jam. Saya sangat menderita menyaksikannya. Apa yang terjadi padamu, Nolan? Well, untungnya, ini adalah sebuah trik bercanda yang sama sekali tidak lucu. I’m just kidding for Batman’s sake. 



10. SILENT HOUSE
Chris Kentis & Laura Lau / 86 Minutes / US / 1.85:1 Aspect Ratio / R

Teknik editing one take-nya (tidak ada cut sama sekali di dalam film) memang sangat menarik. Tetapi bagaimana film ini menebar misteri ataupun menakut-nakuti penontonnya di sepanjang durasi 90 menit sungguh di bawah standar film horror. Twist di akhir film membuat film ini semakin gaje. One take atau banyak take, anda tetap akan banyak menguap dan ingin agar film ini cepat selesai.



9. SOAR INTO THE SUN
Al-too-bi: Riteon Too Beiseu (original title) / Dong-Won Kim / 113 minutes / Korea / 2.39 Aspect Ratio / PG-13

Reputasi perfilman Korea terus meningkat dari tahun ke tahun, baik di mata para perempuan (drama serian koko-koko ganteng) maupun pecinta film (film-film Thrillernya yang cool). Lucunya, bukan film Thriller berkelas yang diimport, pihak importir justru memilih Soar Into the Sun untuk diputar di bioskop Indonesia. Film debut Rain setelah ia masuk latihan militer ini dapat dikatakan sebagai tiruannya Transformers. Mulai dari cerita gak jelas, kisah romance yang membuat penonton ingin tutup telinga tutup mata, dialog-dialog cheesy, akting tebar pesona yang khas sampai adegan aksi penuh ledakan di bagian akhir. La, Transformers saja udah boring setengah mati, apalagi versi KWnya?


8. WRATH OF THE TITANS
Jonathan Liebesman / 99 Minutes / US / 1.85:1 Aspect Ratio / PG-13

Sequel dari Clash of the Titans dan ditangani oleh sutradara yang, yah, tarafnya tidak jauh berbeda dibanding film pertamanya, Wrath of the Titans hanyalah sekedar ajang pamer Visual Effects dengan alur cerita satu kalimat, akting kaku, dan sebuah obat tidur yang ampuh. Film ini lebih cocok diberi judul Wrath of the Audiences daripada Wrath of the Titans (toh Titans-nya cuman cameo aja). So, what’s next? Rise of the Titans?



7. UNDERWORLD : AWAKENING
Mans Marlind & Bjorn Stein / 88 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / R

Ada dua macam film yang dirilis di bulan Januari : wide-release film kelas Oscar dan juga film yang dianggap kurang berkompeten (halus ya) oleh pihak studio. Underworld termasuk yang terakhir. 


6. THE COLD LIGHT OF DAY
Mabrouk El Mechri / 93 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13

Lucu juga karena formula film ini mirip sekali dengan Abduction, salah satu film buruk di tahun 2011 lalu. Mulai dari tokoh utama bertubuh atletis yang tidak mengerti apa-apa, seorang ayah agen rahasia, hingga cerita yang doesn’t make any sense. Bahkan Sigourney Weaver juga memerankan tokoh antagonis yang sama di film ini!



5. PROJECT X
Nima Nourizadeh / 88 Minutes / US / 1.85:1 Aspect Ratio / R

Sebuah film mockumentary persembahan the creator of The Hangover, Todd Philips, ini sama sekali tidak sekeren judulnya yang lebih cocok untuk film alien / sci-fi. Dari awal hingga film berakhir, Project X hanya berisi pesta yang tak bermoral, membosankan, dan benar-benar memperburuk citra remaja. Worst party ever!


4. ALEX CROSS
Rob Cohen / 101 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13

Alex Cross adalah film aksi kelas B yang lebih cocok menjadi film direct-to-video. Film reboot berbudget $40 juta ini sama sekali tidak dapat menyuguhkan cerita detektif yang menarik ataupun adegan aksi yang menghibur. Alex Cross justru tampil sebaliknya. Untung saja cameo orang-orang Indonesia di akhir film sedikit dapat mengobati kekecewaan penonton.



3. JOURNEY 2 THE MYSTERIOUS ISLAND
Brad Peyton / 94 Minutes / US / 1.85:1 Aspect Ratio / PG

Sebuah film bodoh lugu di bulan Februari yang dibuat khusus untuk memperindah kehidupan anak-anak SD, tetapi membuat orang tua yang menemaninya harus melalui cobaan hidup yang keras (tapi masih mendingan daripada Alvin and the Chipmunks dan Hop tahun 2011 lalu). Heran, aktor sekelas Michael Caine bisa mau tampil di film ini. Untuk menghibur cucu-cucunya mungkin?



2. RESIDENT EVIL : RETRIBUTION
Paul W.S Anderson / 96 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / R

Serial Resident Evil ini dapat dikatakan sebagai franchise film adaptasi game tersukses sepanjang masa. Akan tetapi, kualitasnya terus menurun drastis di tiap serinya hingga puncaknya di seri kelima ini yang sangat buruk, tidak penting, dan membosankan. Menilik ending dan kesuksesannya di tangga box office, bersiaplah untuk seri ke enam. 



1. GHOST RIDER : SPIRIT OF VENGEANCE
Mark Neveldine & Brian Taylor / 95 Minutes / US / 2.39:1 Aspect Ratio / PG-13

Semenjak selesai menyaksikan film ini di bulan Februari lalu, Ghost Rider 2 sudah terkunci di posisi nomor satu film terburuk tahun 2012 ini dan ternyata hal ini tidak berubah sampai akhir tahun. Hanya ada dua kelebihan dari Ghost Rider ini : credit title-nya dan desain posternya yang indah.


HONORABLE MENTIONS

ACT OF VALOR 
Mengkasting tentara sungguhan untuk berakting adalah kesalahan terbesar. Ya, mereka adalah pahlawan, tetapi bukan aktor. 

TOTAL RECALL
Sebuah film remake yang seharusnya tidak perlu berjudul Total Recall. Memilih Len Wiseman untuk menjadi komandan film ini adalah keputusan yang sama sekali tidak wise.

THE DOUBLE
Film kecil yang dibintangi oleh pemegang nominasi Golden Globe 2013 dan pemeran Venom. dengan kualitas yang jauh dari kata lumayan.

STOLEN
Nicholas Cage gila uang. Ya, kita semua juga begitu. Tapi tolong cari pekerjaan yang tidak merusak reputasi dong, apalagi anda adalah pemenang piala Oscar. Jangan bertingkah seperti seorang sarjana S3 dengan IP tertinggi yang berakhir menjadi cleaning service.

STEP UP REVOLUTION
Apapun subtitlenya, mau revolution, evolution, ressurection, miami heat, disco time, new style, extreme step, white swan, dsb., kualitas film ini sama menyedihkannya dengan installment-installment sebelumnya.


Sekian list film terburuk saya di tahun 2012. Apa film terburuk yang pernah anda saksikan tahun ini?



P.S : Tidak semua film buruk sudah saya tonton, jadi harap maklum apabila beberapa film yang anda benci tidak masuk ke dalam list ini.






You Might Also Like

11 comments

  1. Kalo boleh nambahin selain yang udah disebutin:Safe,Expendables 2,Taken 2 :)

    ReplyDelete
  2. Saya nambahin juga The Man With The Iron Fists

    ReplyDelete
  3. Iron Fists menurut gw jelek sih, tapi nggak sampai jelek banget. haha :P

    ReplyDelete
  4. @Basoss : tiga film itu malah guilty pleasure gw. hehehe.

    ReplyDelete
  5. hahaha. emang sih Ghost Rider emang stock keluaran hollywood paling parah jeleknya tahun ini,

    ReplyDelete
  6. ah gila, no.10 nya itu bikin saya kaget, kena banget jokenya mas Elbert

    ReplyDelete
  7. Iya. Sengaja buat joke bro. Ahahaha.
    Senang juga ada yang kena :P

    ReplyDelete
  8. Huh... TDKR? Really? Uhhmm, aneh aja ngeliatnya. Bahkan walaupun ada yg gasuka dan nganggep TDKR itu jelek (in fact hampir gaada), kayaknya gak pantes dimasukkin ke dafter worst. Dan kyknya film2 lain yg di list ada beberapa yg gak "worst" bgt. Just my opinion. Well, basically, people's opinion.

    ReplyDelete
  9. @Daniel Putra : nah, pasti ga dibaca tuh post-nya atau comment-comment di atas. Gw kan cuman bercanda mengenai TDKR. Hahaha :P

    Ini review gw mengenai TDKR :
    http://www.cinephilesdiary.blogspot.com/2012/07/the-dark-knight-rises-2012-review.html

    ReplyDelete
  10. OH SH*T! Totally shocked with the TDKR joke! HAHA

    ReplyDelete
  11. Boleh di tambahkan dengan Battleship (peter berg) keluaran Universal Picture yg very cheesy, plus rihanna sebagai worst supporting actress all decade, kedua tentua saja John Carter (walt disney) yang berupaya meniru starwars nya george lucas, ke dua film ini deperankan oleh Taylor Kitsch, ke tiga kok gak ada That's My boy nya adam sandler, yg jelas jelas buruk....

    ReplyDelete

Just do it.