RISE OF THE GUARDIANS (2012) : 3D REVIEW

11/30/2012 01:06:00 PM



Apakah Rise of the Guardians layak disaksikan di layar bioskop dalam format 3D? 
Post ini akan membantu anda untuk mengambil keputusan!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cinema : Sutos XXI, Studio 3 (November 29, 2012)
3D Technology : Dolby Digital 3D.

Shot in 3D : yes.
Seluruh film animasi (high profile) terbaru sudah direncanakan untuk dirilis dalam format 3D sejak tahap awal produksinya.

Brightness : 4.5/5
Menggunakan kacamata 3D itu ibaratnya memakai kacamata hitam ketika menonton film di bioskop, sehingga gambar di layar akan menjadi lebih gelap. 
Level brightness film Rise of the Guardians nyaris sempurna meski setting-nya kebanyakan di tempat yang minim pencahayaan. 

Depth : 5/5
Depth adalah ilusi kedalaman gambar di layar yang membuat para penonton merasa tengah menyaksikan adegan - adegan film tersebut dari balik jendela raksasa atau bahkan merasa ikut terlibat dalam adegan tersebut.
Rise of the Guardians dapat dikatakan sebagai salah satu film animasi DreamWorks yang paling epic. Banyak pertarungan spektakuler dari awal sampai akhir, dan semuanya itu benar-benar memanfaatkan performa efek depth dengan amat baik. 

Pop Out : 5/5
Pop Out adalah ilusi gambar yang keluar dari layar. Dan biasanya efek pop - out-lah yang dinanti - nantikan para penonton awam karena unsur hiburannya ataupun karena persepsi mereka terhadap efek 3D adalah gambar keluar layar. Namun, perlu dicatat bahwa pembuatan efek pop out dalam sebuah film bisa dibilang gampang - gampang susah. Dibuat berlebihan, akan menimbulkan gimmick dan membuat film tersebut tampak murahan. Oleh karena itu, dibutuhkan kreatifitas dan perencanaan yang matang agar efek pop out yang dihasilkan tidak terkesan dipaksakan.
DreamWorks adalah ahlinya di efek pop out. Semenjak adegan awal film, anda akan dibuat terkejut dengan efek pop-outnya yang benar-benar POP OUT. Dan kualitas ini terus dipertahankan sampai akhir film tanpa menimbulkan efek gimmick dan murahan. 

Health : 5/5
Tidak semua orang tahan ketika menyaksikan film 3D. Ada yang mengalami rasa pusing dan mual seusai menonton film 3D. Sebagai pecinta film dan 3D enthusiast, saya sangat bersyukur tidak dianugrahi "bakat" tersebut. 
I'm fine. Thanks for asking.

Worth It? Yes.
Hello! Ini adalah film animasi keluaran DreamWorks. 3D effects yang mereka hasilkan selalu exceptional, tidak terkecuali film ini. Jadi usahakan anda menyaksikan film ini dalam format 3D atau bahkan IMAX 3D!!




You Might Also Like

6 comments

  1. Seriusan pantes ditonton IMAX 3D ?
    Kayanya orang-orang pada kecewa yang di IMAX bukannya Life of Pi, tapi malah film kartun.

    ReplyDelete
  2. keren kayaknya nih film, mau nonton deh

    ReplyDelete
  3. @CK : menurut gw sih bagus bro 3Dnya. Apalagi ini aspect ratio-nya 1.85:1, jadi bisa tampil full di IMAX.

    Life of Pi cuman negara tertentu aja yang nayangin di IMAX 3D, yaitu di china dan Singapore.
    http://www.imax.com/movies/m/life-of-pi-an-imax-3d-experience/tickets/

    Klo di indo ga ada harapan bisa rame. hahaha

    ReplyDelete
  4. abis nonton RotG nih. nonton 2D doank sih, tapi begitu aja berasa kalo 3Dnya bakal lebih keren. efek-efeknya juga keren. kalo menurut gw sih kalo sampe nonton di IMAX agak lebay ya, abisnya menurut gw IMAX biasa aja, gak sampe spesial banget :p

    ReplyDelete
  5. waktu aq ntn film ini di Grand City entah kenapa kok gak kerasa efek pop outnya ya demikian pula waktu ntn "The Adventure of TinTin" di grand City juga. apa krn gedungnya ya? dan sejak saat itu klo ntn film 3D gak pernah disana lagi.

    ReplyDelete

Just do it.